Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Penelitian Transportasi Darat?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

1. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
2. Format tulisan: 15 - 20 halaman yang diketik dengan menggunakan MS Word (sudah termasuk gambar, tabel dan daftar pustaka), pada kertas A4, dengan font Times New Roman 11, spasi single. Batas atas dan bawah 2 cm, tepi kiri 3 cm dan tepi kanan 2 cm.

3.   Tabel, grafik, dan kelengkapan lain dibuat dalam format yang dapat diedit. Tabel dan grafik berwarna hitam putih.

4. Sistematika penulisan dibuat urut, untuk hasil penelitian mulai dari judul, identitas penulis, abstrak, pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, ucapan terima kasih, dan daftar pustaka. Sistematika akan lebih dijelaskan sebagai berikut :

a)  Judul dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris diketik          dengan huruf kapital tebal (bold) pada halaman pertama maksimal 15 kata. Judul mencerminkan inti tulisan.

b) Identitas penulis : ditulis lengkap diketik di bawah judul nama penulis tanpa gelar, nama lembaga asal, alamat lembaga asal, dan alamat email penulis.

c) Abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Inggris diketik dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran huruf 10, huruf miring (italic) berjarak 1 spasi, memuat ringkasan lengkap isi tulisan yang berisi permasalahan yang akan dikemukakan, tujuan penelitian, metodologi, keterbaruan, hasil temuan penelitian dan kesimpulan. Abstrak maksimum 250 kata, dilengkapi dengan kata kunci 3 - 5 kata.

d) Pendahuluan, berisi permasalahan penelitian, tujuan penelitian, dan keterbaruan dari penelitian, jumlah halaman pendahuluan maksimal  2 halaman.

e) Tinjauan Pustaka berisi kajian teoritik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

f)  Metode Penelitian, menggambarkan prosedur penelitian secara jelas, bab ini juga dijelaskan mengenai waktu penelitian, lokasi penelitian, teknik pengumpulan data, pengoahan data dan teknik analisis.

g) Hasil dan pembahasan, memuat bagian rinci dalam bentuk sub topik-sub topik yang berkaitan langsung dengan fokus penelitian. Dalam bab ini menjelaskan apa yang menjadi hasil penelitian, dalam bab ini juga berisi jawaban rumusan penelitian dan pertanyaan-pertanyaan penelitian, menunjukkan bagaimana temuan-temuan diperoleh, menginterpretasikan atau menafsirkan hasil temuan-temuan, mengaitkan hasil temuan penelitian dengan struktur teori yang ada.

h)  Kesimpulan dan saran, kesimpulan dibuat dalam satu paragraf, yang berisi hasil temuan penelitian dan menjawab tujuan penelitian.

i)  Ucapan Terimakasih, dibuat dalam 1 paragraf, dan berisi ucapan terima kasih kepada pihak yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan.

j)  Daftar pusaka, dibuat minimal 10 rujukan dan 10 tahun terakhir, diutamakan berasal dari jurnal ilmiah. Penulisan daftar pustaka disusun berdasarkan Alpabet. Unsur yang ditulis dalam daftar pustaka meliputi: (1) nama akhir pengarang, nama awal, nama tengah, tanpa gelar akademis. (2) tahun terbitan. (3) judul termasuk sub judul. (4) tempat penerbitan: (5) nama penerbit.

k)   Pengutipan :

       a. Bila seorang (Edward, 2005)

       b. Bila 2 orang (Edward & Suhardjono, 2005)

       c. Bila 3 orang atau lebih (Edward, ct al, 2005)

l)  Bila pustaka yang dirujuk terdapat dalam jurnal, seperti contoh: Edward, J. D. Transportation Planning Models. Jurnal Transportasi Darat 3 (2) : 60-75.

m)  Bila pustaka yang dirujuk berupa buku, seperti contoh: Florian, Michael. 1984. Transportation Planning Models. New York: Elsevier Science Publishing Company, Inc.

n) Bila pustaka yang dirujuk berupa bunga rampai, seperti contoh: Teknik Sampling Untuk Survei dan Eksperimen (Supranto, J , MA). Jakarta: Rineka Cipta, Hal. 56-57.

o) Bila pustaka yang dirujuk terdapat dalam proceeding, seperti contoh : Proceeding Seminar Nasional Peningkatan Perkeretaapian di Sumatera Bagian Selatan. Palembang, 12 April 2006. Masyarakat Kereta Api Indonesia.

p) Bila pustaka yang dirujuk berupa media massa, seperti contoh: Tresna P. Soemardi, MS. 1997. Kendala Pengembangan Operasional dan Keuangan Penerbangan Nasional. Trans Media. Volume II No. 4, Hal. 18-20.

q) Bila pustaka yang dirujuk berupa website, seperti contoh: Jhon A. Cracknell. 2000. Traffic and Transport Consultant: Experience in Urban Traffic Management and Demand Management in Developing Countries. http://www.worldbank.org. Diakses 27 Oktober 2000.

r) Bila pustaka yang dirujuk berupa lembaga instansi, seperti contoh: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 2005. Pedoman Akademik Pascasarjana Dalam Negeri. Jakarta: Biro Organisasi dan Kepegawaian. h. Bila pustaka yang dirujuk berupa makalah dalam pertemuan ilmiah yang belum diterbitkan, seperti contoh: Martono, S. 1994. Perlindungan Hak-hak Konsumen Jasa Perhubungan Udara. Workshop. Jakarta. 22-24 April 2008. i. Bila pustaka yang dirujuk berupa skripsi tesis/disertasi, seperti contoh: Jasuli. 2004. Pengembangan Transportasi Kereta Api di Pulau Sumatera. Skripsi. Fakultas Teknik. Institut Teknologi Bandung. j. Bila pustaka yang dirujuk berupa dokumen paten, seperti contoh: Sukawati, T. R. 1995. Landasan Putar Bebas Hambatan. Paten Indonesia No. 10/0 000 114. k. Bila pustaka yang dirujuk berupa laporan penelitian, seperti contoh: Dananjaja, Imbang. A. Nanang & A. Deddy. 1995. Pengkajian Optimalisasi dan Pengembangan Terminal Petikemas Pelabuhan Panjang Menggunakan Model Dinamis Powersim. Laporan Penelitian. Puslitbang Perhubungan Laut, Badan Litbang Perhubungan.

5. Redaksi: editor/penyunting mempunyai kewenangan mengatur tulisan sesuai dengan format Jurnal Penelitian Transportasi Darat. 

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta


1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

 

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawahCreative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.

Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda

Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Penelitian Transportasi Darat oleh Sekretariat Jurnal Penelitian Transportasi Darat Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://balitbanghub.dephub.go.id/ojs/index.php/jurnaldarat/index.

 

Privacy Statement

Nama dan Alamat Email yang dimasukkan di Jurnal Penelitian Transportasi Darat hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau pihak lain.