Kajian Formulasi Track Access Charge (TAC) atas Penggunaan Prasarana Perkeretaapian

Autor(s): Amirulloh Amirulloh, Ferdian Danu T, Arbie Sianipar
DOI: 10.25104/jptd.v21i2.1565

Abstract

dikenal dengan Track Access Charge (TAC) adalah biaya yang harus dibayar oleh Penyelenggara Sarana Perkeretaapian untuk penggunaan prasarana perkeretaapian yang dimiliki atau dioperasikan oleh Penyelenggara Prasarana Perkeretaapian. Rumus/formula yang tertuang dalam PP 5 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian Perhubungan setelah disimplifikasi diinterpertasikan menjadi TAC = 0,75 IMO. Oleh karena itu diperlukan formula yang sesuai dengan PP 61/2016 untuk menghitung beban rill penggunaan prasarana KA. Pertanyaan penelitian: Bagaimana formula dan satuan biaya penggunaan TAC yang ideal? Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah tersusunnya rekomendasi formula dan komponen biaya yang menjadi dasar perhitungan TAC. Analisis yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan menggambarkan kondisi frekuensi KA yang melintas serta tonase yang menjadi beban prasarana KA untuk dijadikan acuan penarikan TAC. Berdasarkan analisis dan pembahasan data primer maupun sekunder, rumus TAC eksisting tidak bisa mengukur satuan biaya yang objektif sehingga perlu dibuat rumus sesuai simulasi perhitungan Potensi per Daop di Jawa Timur dengan menggunakan rumus (TACKA = GTKA x KMKA x Satuan Biaya Penggunan Prasarana x FP). untuk KA Angkutan Perintis/ Kedinasan Fp = 0; KA Angkutan Penumpang Ekonomi Fp = 0,5; KA Angkutan Penumpang Komersial/ Non PSO Fp = 1; KA Angkutan Barang Fp = 0,75. Simulasi perhitungan potensi TAC di lokasi survei Tim Penelitian antara lain: Daop 7 Madiun = Rp. 75.218.667.659; Daop 8 Surabaya = Rp. 200.973.148.808; Daop 9 Jember = Rp. 31.030.663.462.

Keywords

formula TAC; frekuensi kereta api; tonase kereta api.

Full Text:

PDF

References

Badan Litbang Perhubungan. 2016. Studi Pembuatan Prototype Alat Pencatatan Penggunaan Jalur KA Dalam Perhitungan TAC. Jakarta.

Crozet, Y., & Chassagne, F. 2013. Rail Access Charge in France : Beyond The Opposition Between Competition and Financing. Reseacrh in Transportation Economics, 39, 247-254.

European Conference of Ministers of Transport (ECMT)``. 2005. Railway Reform & Charge for the Use of Infrastructure. Paris: ECMT.

Ikrimah. 2017. Analisis Biaya Penggunaan Prasarana Perkeretaapian/Track Access Charge (TAC) (Studi Kasus: Kereta Api Perkotaan Magelang-Yogyakarta-Bantul). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Jannah, Aisyah Nur. 2018. Analisis Komparasi Perhitungan Track Access Charges Antara Metode Full Costing dengan Metode Pricing pada Kereta Api Peti Kemas. Electronic Theses & Dissertations Universitas Gadjah Mada.

M. Abril et al. 2007. Aplikasi Kapasitas Lintas. Jakarta.

Mayang, Sekar dan Muthohar, Imam. 2016. Analysis on Railway Infrastructure Utilization Priority Factor Variation on Track Access Charges. Journal of the Civil Engineering Forum Vol. 2 No. 2 (May 2016).

Pamungkas, Dewi. 2017. The Issues of Track Maintenance Management in Indonesia (Based on Study of the British Railways). Journal of The Engineering UGM 2017.

Radiansyah, H., Berawi, M. A., & Sumabrata, J. 2014. Analisa Biaya Perhitungan Track Access Charge pada Perkeretaapian Indonesia dengan Metode Marginal Cost Plus Markup. Depok: Universitas Indonesia.

Republik Indonesia. 2007. UU No. 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian. Jakarta.

Republik Indonesia. 2009. PP No. 61 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas PP No. 72 Tahun 2009 Tentang lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api. Jakarta.

Republik Indonesia. 2013. PM No. 62 Tahun 2013 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Penggunaan Prasarana Perkeretaapian Milik Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2014. PP No. 27 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah. Jakarta.

Republik Indonesia. 2015. PM No. 122 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas PM No. 62 Tahun 2013 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Penggunaan Prasarana Perkeretaapian Milik Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2016. PM No. 15 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kementerian Perhubungan. Jakarta.

Supriadi 2008. Kapasitas Lintas, Modul Diklat Operasi Kereta Api. Bandung

Vidaud, M., & Tiliere, G. 2010. Railway Access Charge System in Europe. Swiss: Swiss Transport Researh Conference.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.