Penentuan Area Pick Up Point Ojek Online untuk Mengurangi Kemacetan Lalu Lintas di Sekitar Stasiun Kereta Api Jabodetabek

Autor(s): Siti Nur Fadlilah Almunawaroh
DOI: 10.25104/jptd.v21i2.1566

Abstract

akan tetapi dengan adanya ojol telah menimbulkan banyak permaslahan salah satunya adalah kemacetan disekitar stasiun khususnya di wilayah Jabodetabek. Tujuan dari penelitian ini adalah mengusulkan lokasi penjemputan atau pengantaran penumpang (pick up point) angkuan ojol distasiun yang aman, nyaman dan dapat meningkatkan keselamatan angkutan OJOL di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah permasalahan pembangunan  pick up point di stasiun kereta api di Jabodetabek antara lain adalah keterbatasan lahan dan harga tanah disekitar statiun yang sangat mahal, dan kurang intensifnya koordinasi yang kontinyu dari stake holder yang terkait. Pick up point yang ada saat ini di tiga stasiun lokasi survei kebanyakan dilakukan di pinggir jalan seperti di Stasiun Manggarai dan Stasiun Bekasi, sehingga menimbulkan permasalahan keruwetan dan permalasahan kemacetan lalu lintas di depan stasiun tersebut, sedangkan di stasiun depok baru, pick up point sudah tertata dengan baik, yang merupakan inisiatif dari perusahaan angkutan ojol bekerjasama dengan masyarakat dengan menggunakan lahan yang dimiliki oleh masyarakat di dekat stasiun depok baru. Untuk mengatasi permasalahan pick up point di Stasiun Manggarai dan Stasiun Bekasi masih terdapat ketersediaan lahan yang dapat digunakan sebagai pick up point berupa shelter, dengan melakukan kerja sama dengan memanfaatkan tanah milik PT. Kereta Api Indonesia.

Keywords

ojek onlione; kemacetan lalu lintas; lokasi pick up point; shelter.

Full Text:

PDF

References

Bangun, Filliyanti T.A. 2005. Strategi, Metode dan Teknik Penerapan Transport Demand Management Serta Pengaruhnya di Indonesia dan di Beberapa Kota Besar di Dunia. e-USU Repository ©2005 Universitas Sumatera Utara.

Bos, D. M. 2004. Changing Seats: A Behavoiural Analysis of P & R Use. Delft.

Damanik, R. 2006. Analisis Manfaat bagi Pengguna Sistem Park and ride Sepeda Motor di Jabodetabek. Tesis Program Magister Bidang Ilmu Teknik. Universitas Indonesia.

Ediyani Palupiningtyas, Selenia. 2015. Kriteria Fasilitas Park and Ride Sebagai Pendukung Angkutan Umum Massal Berbasis Jalan. Warta Penelitian Perhubungan, Volume 27, Nomor 2, Maret-April 2015.

Ginn, S. 2009. Master Thesis: The Application of The Park and Ride and TOD Concepts to Develop a New Framework That Can Maximase Public Transport Patronage. Australia: School of Civil Engineering, Queensland University of Technology.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup. 2009. Kota di Persimpangan Jalan: Pedoman Perancangan Strategi Pengendalian Emisi dari Sektor Transportasi Jalan di Kawasan Perkotaan. Jakarta: Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Konstantinos, K., Matthew, K., Zongzhi, L. 2010. Optimizing Pricing Policies in Park and Ride Facilities: A Model and Decision Support System with Application. Journal of Transportation Systems Engineering and Information Technology, Volume 10, Issue 5.

Luk, James. 1992. Model for Travel Demand Management - A Review. Road and Transport Research. Voll, NO. 3, September 1992.

Machsus., Rico, Robben., dan Chabib, Achmad. 2015. Kajian Kelayakan Park and Ride di Jl. Achmad Yani Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW), Surabaya, 11 Juni 2015.

Nanang Prayudyanto, Muhammad dan Tamin, Ofyar Z. 2007. Kajian Park and Ride Untuk Busway Jakarta. Jurnal Transportasi Vol. 7 No. 2 Desember 2007: 169-178.

Nazalaputra, M Faridz dan Handayeni, Ketut Dewi Martha Erli. 2017. Penentuan Faktor-Faktor Pemilihan Park & Ride Sebagai Fasilitas Pergerakan Komuter Pada Koridor Bekasi-Jakarta. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 6, No. 1, (2017).

Noel, E. 1988. Park-and-Ride: Alive, Well, and Expanding in the United States. Urban Planing and Devel., ASCE, 114 (1), 2-13.

O’ Flaherty, 1997. Transport Planning and Traffic Engineering. New York: John Wiley and Sons, Inc.

Parkhurst, G. 2000. Influence of bus-based Park and Ride facilities on users’ car traffic. Transport Policy, 7(2), 159-324.

Rodriguez, J., Murtha, T. 2009. Strategy Paper: Travel Demand Management. Illinois: Chicago Metropolitan Agency Planning, Chicago.

Seik, F. T. 1997. Experiences from Singapore's park-and-ride scheme 1975-1996. Habitat International, 21(4), 427-443.

Spillar, Robert J. 1997. Park-and-ride planning and design guidelines. New York: Parsons Brinkerhoff Quade & Douglas, Inc.

Guntur Asapa, Andi .2014. dalam tulisannya Park and Ride Sebagai Bagian dari Pelayanan Kereta Api Perkotaan Bandung. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota vol. 25, no. 2, hlm. 157-173, Agustus 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.