Optimisasi Kinerja Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Balikpapan

Autor(s): Ni Luh Wayan Rita Kurniati
DOI: 10.25104/jptd.v21i2.1567

Abstract

Kota besar di Indonesia sering menghadapi masalah transportasi, hal ini juga terjadi di Kota Balikpapan Kalimantan Timur. Simpang Tugu KB adalah salah simpang di Kota Balikpapan yang arus lalu lintasnya cukup padat pada saat jam-jam sibuk. Salah satu faktor penting dalam usaha menuju sistem prasarana transportasi yang baik adalah kemampuan kinerja jalan, khususnya kinerja simpang sebagai salah satu bagian dari kinerja jalan secara keseluruhan. Untuk mengukur kinerja Simpang Tugu KB dalam penelitian ini menggunakan metode manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI,1997). Dari hasil Analisis yang dilakukan diketahui bahwa Derajat kejenuhan untuk Jalan Syarifudi Yoes adalah 0,69, Jl. Marsma Iswahyudi Timur 0,60 dan Jl. Marsma Iswahyudi Barat 0,65. Tingkat pelayanan pada simpang ini belum memenuhi dengan standar, karena Tundaan Simpang Tugu KB rata-rata selama 21,88 detik/smp, termasuk dalam kategori tingkat pelayanannya C. Kendaraan rata-rata stop/smp sebesar 0,71/smp, oleh karena itu, perlu dilakukan pengaturan siklus pergantian lampu lalu lintas (cycle time) pada jam puncak eksisting. Penerapan yellow box junction (YBJ) untuk mencegah agar arus lalu lintas di persimpangan tidak terkunci saat kepadatan terjadi. Melakukan pelebaran jalan khususnya untuk Jl. Syarifuddin Yoes agar kapasitasnya mampu menampung volume kendaraan yang melintas sehingga memenuhi persyaratan tundaan di jalan arteri primer, yaitu antara 5-15 detik per kendaraan dengan tingkat pelayanan minimum B.

Keywords

optimalisasi; kinerja simpang; Tugu KB; Balikpapan.

Full Text:

PDF

References

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Hobbs. F. D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Edisi ke-2 (Terjemahan). Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Jauwahir (2000). Analisis panjang antrian Jalan Kolonel Sugiono dan Jalan Sisingamangaraja, Yogyakarta. Tugas Sarjana Teknik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jaya Wikrama, A.A.N.A. 2011. Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jalan Teuku Umar Barat-Jalan Gunung Salak). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15, No. 1, Januari 2011: 58-71. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article.

Morlok, Edward K. 1988. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Pemerintah Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Tamin, OZ. 2008. Perencanaan, Pemodelan, & Rekayasa Transportasi: Teori, Contoh Soal, dan Aplikasi. Bandung: Penerbit ITB.

Wishnukoro. 2008. Analisis Simpang Empat Bersinyal Dengan Menggunakan Manajemen Lalu Lintas. Tugas Akhir. JTS, FTSPUII, Yogyakarta.

Aryadi Jaya, I Putu., Alit Suthanaya, Putu, Priyantha W, Dewa. 2013. Analisis Kinerja Simpang Dan Pembebanan Ruas Jalan Pada Pengelolaan Lalu Lintas Dengan Sistem Satu Arah (Studi kasus Jalan Tukad Pakerisan, - Jalan Tukad Yeh Aya, - Jalan Tukad Batanghari, - Jalan Tukad Barito). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, Volume 2, No. 1, Pebruari 2013: V1-V8. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jieits/article.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.