Studi Penataan Parkir di Wilayah Central Bussines District Kabupaten Pati

Autor(s): Listifadah Listifadah, Hartono Hartono
DOI: 10.25104/jptd.v21i2.1568

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik parkir on-street sebagai bahan perumusan rekomendasi terkait penataan dan pengelolaan parkir on-street kawasan Central Business District (CBD) di Kabupaten Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pendekatan deskriptif digunakan untuk menggambarkan kondisi eksisting yang ada di lapangan, Selanjutnya pendekatan kuantitatif dilakukan dan untuk mengukur karakteristik parkir sedangkan Dari hasil analisis diperoleh volume parkir masing-masing ruas jalan dalam waktu rentang pengamatan. Volume parkir di Jalan Dr. Sutomo untuk sepeda motor yaitu sebanyak 47 kendaraan, mobil sebanyak 54 kendaraan dan truk sebanyak 31 kendaraan, Volume parkir di Jalan Penjawi untuk sepeda motor yaitu sebanyak 164 kendaraan, mobil sebanyak 43 kendaraan dan truk sebanyak 6 kendaraan. Volume parkir di Jalan Rogowongso untuk sepeda motor yaitu sebanyak 173 kendaraan, mobil sebanyak 51 kendaraan dan truk sebanyak 7 kendaraan dan Volume parkir di Jalan Jend. Sudirman untuk sepeda motor yaitu sebanyak 98 kendaraan, mobil sebanyak 90 kendaraan dan truk sebanyak 6 kendaraan. Jika dikaitkan dengan retribusi parkir Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir dapat dihitung perkiraan yang diperoleh untuk  (empat) ruas parkir tersebut adalah Rp. 24.376.000,- per bulan, dengan asumsi hasil tersebut hanya pada saat peak hours (6 jam pengamatan) pada saat weekday. Hasil dari penelitian ini tidak merepresentasikan pada saat weekend. Dari keempat ruas jalan yang diamati indeks parkir yang melebihi 100% adalah Jalan Dr. Sutomo.

Keywords

parkir di badan jalan; Central Bussines District (CBD); karakteristik parkir.

Full Text:

PDF

References

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1996. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta: Lampiran Keputusan Dirjen Perhubungan Darat Nomor 272/HK.105/DRJD/96.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta: Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota.

Hobbs, F. D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Edisi Kedua. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Indafa`a N. 2006. Perencanaan dan Perancangan CBD Simpang Lima Gumul di Kabupaten Kediri Dengan Penekanan pada Pemanfaatan dan Pengolahan 64 Tata Guna Lahan. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Mutakin, A. A. 2014. Pengaruh Keberadaan Central Business District (CBD) Simpang Lima Gumul Terhadap Konversi Lahan Pertanian, Kabupaten Kediri. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pemerintah Kabupaten Pati. 2017. Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 7 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Umum. Pati.

Puspitasari, Reni dan Mudana, I Ketut. 2017. Kajian Penataan Parkir di Badan Jalan Kota Cirebon. Warta Penelitian Perhubungan, Volume 29, Nomor 1, Januari-Juni 2017.

Rosdiyani, Telly 2016. Kajian Kebutuhan Ruang Parkir Sebagai Pengendali Lalu Lintas di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi. Surakarta: Program Studi Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Still, Ben and Simmonds, David. 2000. Parking Restraint Policy and Urban Vitality. Cambridge: Published in Transport Reviews 20 (2000): 291-316, Cambridge University.

Sudirahardjo, R. 2004. Analisis Kebutuhan Ruang Parkir di Pasar Bandarjo Ungaran. PILAR Volume 13, Nomor 1, April 2004: halaman 8-24.

Wadu, Amy., Sulistio, Harnen., dan Wicaksono, Achmad. 2017. Kajian Kapasitas, Kebutuhan, dan Efektivitas Parkir di Bandar Udara El Tari Kupang, REKAYASA SIPIL/Volume 11, No. 1-2017. ISSN 1978-5658.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.