Aksesibilitas Angkutan Wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara

Autor(s): Siti Maimunah, Lidya Chotimah, Nelly Siringoringo
DOI: 10.25104/jptd.v21i2.1571

Abstract

Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki potensi sebagai kota wisata, dengan lokasi wisata yang terdiri dari wisata sejarah, wisata alam, wisata pendidikan, dan wisata buatan. Dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana transportasi yang ada saat ini, masih banyak pengunjung wisata yang menggunakan fasilitas transportasi dengan kendaraan pribadi atau angkutan sewa. Oleh karena itu, sangatlah diperlukan untuk menemukenali peningkatan penyediaan fasilitas transportasi angkutan jalan bagi penumpang angkutan wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kajian ini bertujuan untuk mengkajian akses dan pelayanan sarana dan prasarana transportasi dari dan menuju kawasan wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara sehingga dapat dijadikan bahan rekomendasi dalam pengembangan angkutan wisata transportasi jalan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan sarana dan prasarana transportasi terdapat 2 (dua) kriteria yang dapat diperhatikan sebagai permintaan dalam kajian, yaitu angkutan umum yang melayani sampai dengan lokasi wisata, dan angkutan wisata yang khusus menghubungkan antar lokasi wisata. Dari hasil analisis SWOT yang didapatkan dalam kajian dilihat dari faktor internal dengan indikator kekuatan (strengths) lebih memperhatikan potensi lahan di kawasan wisata yang dapat dikembangkan untuk lahan parkir dan jalur pedestrian dengan jumlah bobot x rating 0.4443. Sedangkan dari indikator kelemahan (weakness) tidak tersedianya angkutan wisata dengan jumlah bobot x rating 0.4443. Faktor Eksternal dari indikator peluang (opportunity) terdapat program perencanaan pengembangan angkutan wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan jumlah bobot x rating 0.4276 dan indikator ancaman (threat) kerusakan lingkungan dengan jumlah bobot x rating 0.4046.

Keywords

aksesibilitas; analisis SWOT; pengembangan angkutan wisata.

Full Text:

PDF

References

Çakici, A Celil., Harman, Serhat. 2007. Pentingnya Atribut Tujuan yang Mempengaruhi Pilihan Destinasi Pengamat Burung Turki, Jurnal Perdagangan & Pariwisata Fakultas Pendidikan, Tahun: 2007 No: 1.

Dickinson, J.E., Robbins, D. 2008. Representations of tourism transport problems in a rural destination. Tourism Manage. 29 (6), 1110–1121.

Halden, Derek., Jones, Peter., Dan Wixey, Sarah. 2005. Mengukur Aksesibilitas yang Dialami oleh Berbagai Kelompok Yang Tertinggal Secara Sosial, Didanai oleh Program FIT EPSRC, Kertas Kerja 3, Kajian Pustaka Analisis Aksesibilitas, Kelompok Studi Transportasi - Universitas Westminster. Konsultasi DHC, Edinburgh.

Kumar, Prasanna. 2010. Pemasaran Layanan Perhotelan dan Pariwisata, New Delhi: Tata McGraw Hill Education Private Limited.

March, Roger. 2004. Alat Berorientasi Pemasaran Untuk menilai Daya Saing Tujuan, Perpustakaan Nasional Australia Mengatalogkan dalam Data Publikasi, CRC for Sustainable Tourism Pty Ltd, ISBN 1 920704 12 4.

Stanković, Ljiljana., Đukić, Suzana., 2009, Tantangan Strategis Pemasaran Tujuan Wisata di Bawah Kondisi Krisis. Facta Universitatis. Seri: Ekonomi dan Organisasi Vol. 6, No 1, 2009.

Wahdiniwaty, Rahma. 2010. Aksesibilitas Wisata Pada Kota Metropolitan di Negara Berkembang (Suatu Survey di Wilayah Bandung Raya), Majalah Ilmiah UNIKON.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.