Kajian Penerapan Teknologi Pintu dengan Pagar Otomatis dan Yellow Box di Perlintasan Sebidang

Autor(s): Arbie Sianipar
DOI: 10.25104/jptd.v22i1.1603

Abstract

Data kecelakaan sejak tahun 2015 sampai dengan 7 Juni 2019 kecelakaan di perlintasan sebidang sebanyak 1.470 kejadian dengan rincian 179 kejadian di perlintasan sebidang dijaga dan 1.291 di perlintasan tidak dijaga, ini menunjukan masih kurangnya kesadaran pemakai jalan untuk mendahulukan perjalanan kereta api selain itu peran teknologi pengaman perlintasan sebidang sangat dibutuhkan guna mengurangi tingkat kecelakaan di perlintasan sebidang. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana disain sistem perlintasan sebidang yang menjamin keselamatan di perlintasan sebidang?. Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah tersusunnya desain sistem pintu perlintasan sebidang yang menjamin keselamatan di perlintasan sebidang. Metode analisis yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggambarkan kondisi fasilitas keselamatan perlintasan sebidang sesuai kelas jalannya. Ada 9 titik perlintasan yang diamati di wilayah Kotamadya dan Kabupaten Bekasi, pemilihan lokasi berdasarkan tingkat risiko keselamatan serta tingginya lalu lintas kendaraan maupun kereta api yang melintas di perlintasan sebidang. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan ditemukan bahwa tingkat pelanggaran lalu lintas di titik perlintasan tersebut memang sangat padat pada jam sibuk sehingga tingkat pelanggaran tinggi serta risiko terjadinya insiden di perlintasan sebidang tersebut juga tinggi, dengan konsep teknologi sistem peringatan dini berupa Yellow Box Detection System permasalahan ini dapat diatasi karena informasi kondisi perlintasan sebidang dapat diketahui baik oleh masinis maupun pengguna jalan sehingga meminimalkan potensi kecelakaan dan fatalitas di perlintasan sebidang serta dapat berfungsi sebagai alat kontrol pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang (sistem E-Enforcement).

Keywords

perlintasan sebidang; yellow box detection system; Sistem E-Enforcement

Full Text:

PDF

References

Beni Widiawan, Fendik Eko Purnomo, Syamsiar Kautsar. 2017. Sistem Peringatan Pada Perlintasan Sebidang Tidak Berpintu Menggunakan Kontroler Arduino. Politeknik Negeri Jember. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2018, 39, 247-254. Jember.

Idhar Resmadi, Institut Teknologi Bandung. 2014. Kajian Moralitas Teknologi Pintu Perlintasan Kereta Api (Studi Kasus: Pintu Perlintasan Kereta Api Cikudapateuh Bandung). Jurnal Sosioteknologi Institut Teknologi Bandung Volume 13, No 2 (2014). Bandung.

Irfan Rusidy Triyanto, Endang Djuana, Ferrianto Gozali, Kuat Rahardjo T S, Sunarto. 2017. Model Sistem Monitoring Perlintasan Kereta Api Menggunakan Arduino Mega. Jurnal Telematika Volume 12 No 2 (2017). Bandung: Intitut Teknologi Bandung.

M. Azzam Firdaus. 2016. Miniatur Palang Pintu Kereta Api Otomatis dengan Menampilkan Kecepatan Kereta Serta Waktu Tunggu Menggunakan Arduino. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

M. Muhsin Yusuf Hendrawan, Rizal Ghifary, Widodo Dwi Wicaksosno. 2016. Desain Palang Pintu Hidrolik Pada Perlintasan Sebidang Untuk Mengurangi Pelanggaran Penerobosan Palang Pintu Kereta. Proceedings of the 19th International Symposium of FSTPT. Yogyakarta: Islamic University of Indonesia.

Musaad, Khaidar. 2017. Pengaruh Lama Penutupan Pintu Perlintasan Kereta Api Terhadap Tundaan dan Panjang Antrian Kendaraan. Tesis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Nanda Ahda Imron, Natriya Faisal Rachman, Willy Artha Wirawan Adya Aghastya. 2018. Penerapan Teknologi Automatic Level Crossing di Indonesia. Jurnal Perkeretaapian Indonesia Volume 2 No 2 (2018). Madiun: Akademi Perkeretaapian.

Pemerintah Republik Indonesia. 2007. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. 2011. Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2011 tentang Perpotongan dan/atau Persinggungan Antara Jalur Kereta Api dengan Bangunan Lain. Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. 2018. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 94 Tahun 2018 tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Antara Jalur Kereta Api dengan Jalan. Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. 2014. Perdirjen Darat No SK.407/AJ.401/DRJD/2018 tentang Pedoman Teknis Pengendalian Lalu Lintas di Ruas Jalan Pada Lokasi Potensi Kecelakaan di Perlintasan Sebidang dengan Kereta Api. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.