Pendekatan QFD Menggunakan Respon Teknis Untuk Peningkatan Pelayanan Terminal : Studi Kasus Terminal Tlogomas Kota Malang

Autor(s): Agung Sedayu
DOI: 10.25104/jptd.v20i2.631

Abstract

Terminal Tlogomas sebagai terminal Tipe B memiliki peranan yang sangat penting sebagai simpul transportrasi umum di Kota Malang yang menghubungkan Kota Malang dengan kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Kediri dalam wilayah propinsi Jawa Timur. Terminal Tlogomas telah beroperasi lebih dari 25 tahun sejak 1991 hingga kini mengalami penurunan pelayanan. Hal ini dapat dilihat pada turunnya jumlah penumpang dan angkutan umumnya dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan target peningkatan pelayanan terminal Tlogomas kota Malang. Sebelum menentukan target terlebih dahulu dilakukan penentuan atribut pelayanan terminal dengan mempertimbangkan persepsi dari pengguna yang disebut dengan suara pengguna (voice of user). Pengguna berasal dari penumpang yang secara rutin atau sering menggunakan pelayanan terminal. Metode yang digunakan adalah Quality Function Deployment (QFD). Hasil penelitian memperoleh 19 respon teknis pengelola dengamn tiga respon teknis tertinggi yaitu Menunjang kebersihan terminal, Meningkatkan kualitas pelayanan angkutan, dan Menyediakan tiket, retribusi, dan barang yang terjangkau. Tiga respon teknis terendah adalah Menghilangkan pungutan liar, Menyediakan fasilitas telekomunikasi (wartel), warnet, atau TV, dan Menyediakan fasilitas bank, ATM, dan penukaran uang. Klasifikasi respon teknis tersebut terbagi atas empat bagian yaitu Fasilitas, Kenyamanan, Biaya, Pegawai atau petugas. Pihak pengelola terminal Tlogomas dapat meningkatkan pelayanan terminal sesuai dengan target respon teknis yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan eksisting terminal.

Keywords

Target, Peningkatan, Pelayanan, Terminal

Full Text:

PDF

References

Anonim. 1995. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 1995 Tentang Terminal Transportasi Jalan. Jakarta : Kementerian Perhubungan RI.

Al-Geneidy, Ahmed. 2013. New evidence on walking distances to transit stops: Identifying redundancies and gaps using variable service areas. Journal of Transportation Research. Transportation Research at McGill: McGill University

Hermawan, 2013. Peran Life Cycle Analysis (LCA) Pada Material Konstruksi Dalam Upaya Menurunkan Dampak Emisi Karbon Dioksida Pada Efek Gas Rumah Kaca. Prosiding Konferensi Nasional Teknik Sipil 7. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Komalasari, Rahayu Indah. 2014. Green Building Assessment Based on Energy Efficiency and Conservation (EEC) Category at Pascasarjana B Building Diponegoro University-Semarang. American Journal of Energy Research, 2014, Vol. 2, No. 2, 42-46

Lindstrom, Cajsa. 2013. Energy Efficient Design of Bus Terminals. Journal of Civil and Environmental Engineering, Chalmers University of Technology: Gothenburg, Sweden

Sedayu, Agung. 2013. Pemodelan Pelayanan Terminal Penumpang Transportasi Jalan Berbasis Kepuasan Pengguna. Program Doktor Teknik Sipil Program Magister dan Doktor Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang.

Sedayu, Agung. 2014. Service Improvement Target of Purwoasri Terminal Kediri using IPA Method and QFD. Eco Rekayasa/Vol. 10/No.1/Maret 2014/ Hal.7-16

Sedayu, Agung. 2015. Performance Attributes Determination of Tawang Alun Terminal In Jember. Proceeding of The 6th Green Technology Faculty of Science and Technology Islamic of University State Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sedayu, Agung. 2017. Prioritas Peningkatan Pelayanan Terminal Tlogomas Kota Malang. Warta Penelitian Perhubungan Volume 29 Nomor 2 Juli-Desember 2017. Hal.191-200

Sugiama, A Gima. 2015. The Synergistic Model of Quality Service Design of Green Open Space Asset Through QFD. Laporan Hasil Penelitian Politeknik Negeri Bandung

Sugiyono, 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: penerbit Alfabeta.

Wayne, B. 2013. Integrating LCA Tools in Green Building Rating Systems. Journal of Sustainable Materials. The ATHENA Sustainable Materials Institute. Ontario, Canada.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa : Desain Servqual, QFD, dan Kano disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. Jakarta : Penerbit Indeks.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.