Disain dan Konstruksi Aling Optik Untuk Sistem Rambu Lalu Lintas Jarak Aman Antar Kendaraan

Autor(s): sugiono sugiono
DOI: 10.25104/jptd.v20i2.919

Abstract

Sistem rambu lalu lintas yang fungsinya sebagai sarana pemberi informasi kepada pengemudipenanda jarak aman telah didisain dan dikonstruksikan untuk ditempatkan di tepi dan/atau di atas jalan untuk memfasilitasi pengukuran jarak aman antar kendaraan dalam rangka mencegah kecelakaan tabrakan beruntun. Karena rambu ini berfungsi sangat terbatas yaitu hanya pada suatu titik dalam perjalanan kendaraan, maka dilengkapi dengan pembatas visual yang berupa aling optik (optical baffles). Dengan aling optik tersebut, sistem rambu jarak aman ini dimaksudkan agar tidak terlihat atau terhalang sebagian ketika pengemudi kendaraan tidak berada pada posisi yang ditetapkan, yaitu titik nol. Sistem rambu ini tidak memanfaatkan sumber daya apapun sebagaimana rambu konvensional. Adapun jarak yang ditunjukkan pada sistem rambu ini adalah 60 m, 80 m, dan 100 m yang merupakan jarak aman untuk kendaraan yang melaju pada 60 km/h, 80 km/h, dan 100 km/h, dan dilengkapi dengan rambu 0 m pada titik nol, di mana pada posisi itulah pengemudi kendaraan difasilitasi untuk melihat rambu jarak, kemudianmensinkronkan jarak aman dengan kendaraan yang dibuntutinya.

Keywords

rambu lalu lintas, penanda jarak, jarak aman, antar kendaraan

Full Text:

PDF

References

C., T. (2017, August 16). Apple Has a Patent for Restricted Device Viewing Angles for Greater Privacy. Retrieved from 1reddrop.com: https://1reddrop.com/2017/08/16/apple-has-a-patent-for-restricted-device-viewing-angles-for-greater-privacy/

Doi, S. (2006). Technological Development of Driving Support Systems based on Human Behavioral Characteristics. IATSS RESEARCH, 30(2), 19-28.

King, E. L. (2017, December 6). Top 15 Causes Of Car Accidents And How You Can Prevent Them. Huffington Post. Retrieved August 16, 2018, from https://www.huffingtonpost.com/laiza-king-/top-15-causes-of-car-accidents_b_11722196.html

PT Jasamarga. (1992). Kiat Mengemudi di Jalan Tol. Leaflet. PT Jasamarga.

Republik Indonesia. (2009, June 22). Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Undang-undang Nomor 22, Pasal 1 ayat 31. Jakarta, Indonesia.

Sugiono. (1997, March 10). Indonesia Patent No. ID 0,001,402. Retrieved from http://ip-port.inovasi.lipi.go.id/paten/detailpatent?id=P000133

Sugiono. (1998, April 13). Indonesia Patent No. P00-1998-00-548. Retrieved from http://ip-port.inovasi.lipi.go.id/paten/detailpatent?id=P00199800548

Sugiono. (2013). Disain, Konstruksi, Instalasi dan Uji Coba Pola Visual Penduga Jarak antar Kendaraan bagi Pengemudi. 2013 Annual Meeting on Testing and Quality (pp. 346-356). Surabaya: Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI.

Sugiono. (2014). Modifikasi Disain Marka Optik Penduga Jarak Antar Kendaraan untuk Tiga Kelompok Ketajaman Mata Pengemudi. Annual Meeting on Testing and Quality (pp. 415-426). Surabaya: Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI.

Sugiono. (2015, December 16). Indonesia Patent No. P00-2015-08-521. Retrieved from http://ip-port.inovasi.lipi.go.id/paten/detailpatent?id=P00201508521

Sugiono. (2017, Januari 27). Indonesia Patent No. IDS 000,001,554. Retrieved from http://ip-port.inovasi.lipi.go.id/paten/detailpatent?

Sugiono. (2017, September 28). Indonesia Patent No. P00-2017-06-605. Retrieved from http://ip-port.inovasi.lipi.go.id/paten/detailpatent?id=P00201706605

Sugiono. (2018, August 28). Indonesia Patent No. P00-2018-06-619. Retrieved from http://ip-port.inovasi.lipi.go.id/paten/detailpatent?id=P00201508521

Sugiono, Muchlis, I., & Agustono, D. (2017, February 27). Indonesia Patent No. P00-2017-01-281. Retrieved from http://ip-port.inovasi.lipi.go.id/paten/detailpatent?id=P00201701281

Takatori, Y. (2006). Stand-alone Collision Warning Systems based on Information from On-Board Sensors – Evaluating Performance Relative to System Penetration Rate. IATSS RESEARCH, 30(2), 39-47.

Tsugawa, S. (2006). Trends and Issues in Safe Driver Assistance Systems – Driver Acceptance and Assistance for Elderly Drivers. IATSS RESEARCH, 30(2), 6-18.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.