Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Yang Terjadi Pada Anak-Anak studi kasus : Daerah Istimewa Yogyakarta

Autor(s): suparmanta suparmanta
DOI: 10.25104/jptd.v20i2.957

Abstract

Penyebab kematian terbesar pada usia sekolah dan  remaja di Indonesia adalah akibat kecelakaan transportasi, disamping penyakit demam berdarah dan tuberkulosis. Berdasarkan data dari Kepolisian, angka kematian karena kecelakaan lalu lintas di Daerah Istimewa Yogyakarta selama empat tahun terakhir terus meningkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan angka kematian pada anak adalah dengan melakukan analisis kasus-kasus kecelakaan lalu lintas yang telah terjadi pada anak, sehingga kecelakaan yang sama tidak terulang kembali.

Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan angka kematian dan angka morbiditas anak korban kecelakaan lalu lintas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada anak, sedangkan Fault Tree Analysis digunakan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi fatalitas dan morbiditas anak-anak korban kecelakaan lalu lintas.

Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kematian pada kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada anak di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah kendaraan lain yang terlibat kecelakaan, hazard, lalu lintas yang bercampur, minimnya sarana prasarana keselamatan, melebihi kecepatan, perilaku tidak tertib dan penggunaan alat keselamatan. Upaya menurunkan angka kematian dan morbiditas pada kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada anak di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah dengan pendekatan Hazard Control Hierarchy, yaitu dengan Elimination berupa mencegah anak mengendarai motor dan menghilangkan hazard di pinggir jalan, Substitution berupa pemanfaatkan jasa transportasi daring, Engineering Control berupa traffic calming, pemasangan median jalan, dan pembuatan lajur khusus sepeda motor,  Administrative Control antara lain dengan mengoptimalkan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan Personal Protective Equipment dengan meningkatkan pemakaian alat keselamatan

Keywords

Angka Kematian, kecelakaan, anak

Full Text:

PDF

References

______. 2009. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sekretariat Negara: Jakarta.

Badan Pusat Statistik Provinsi DIY. 2017. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka. Diambil pada 04 Oktober 2017, dari https://yogyakarta.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Daerah-Istimewa-Yogyakarta-Dalam-Angka-2017.pdf

Direktorat Lalu Lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. 2017. Data Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2014-2017. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta : Ditlantas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Elvik, Rune. 2007. Factors Influencing The Number and Severity of Accidents. Institut of Transport Economics (re@toi.no), Lectures.

Fachrurrozy. 2006. Keselamatan Lalulintas (Traffic Safety). Magister Sistem dan Teknik Transpostasi. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Hapsari, Astrida. 2012. Analisa Nilai Resiko Kecelakaan Terhadap Faktor Jalan dan Lingkungan pada Jalan Nasional (Studi Kasus Jalan Brebes-Pemalang). Tesis. Pascasarjana. Fakultas Teknik. Universitas Indonesia. Depok.

Jasa Raharja. 2017. Rekapitulasi Pembayaran Klaim. Tidak dipublikasikan. PT. Jasa Rasarja Persero Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta.

Rahman, Taufiqur 2015. Fault Tree Analysis. Materi Kuliah Pemeliharaan dan Rekayasa Keandalan Genap 2015/2016. Jurusan Teknik Sipil Universitas Esa Unggul. Jakarta.

United Stated Departemenr of Labor, 2018. Hazard Prevention and Control: Hierarchy of Control. Diambil pada tanggal 13 Juli 2018 dari https://www.osha.gov/shpguidelines/hazard-prevention.html

World Health Organization. 2004. World Report on Road Traffic Injury Prevention. Genewa : WHO Press.

Zuhriyah, Fitri. 2014. Analisis Keselamatan Lalu Lintas dan Pengembangan Program Keselamatan Bagi Orang Tua. Tesis. Magister Sistem dan Teknik Transpostasi. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.