Optimalisasi Program Tol Laut Terhadap Penurunan Disparitas Harga: Suatu Tinjauan Analisis

Autor(s): Hasan Iqbal Nur, Tri Achmadi, Aditya Verdifauzi
DOI: 10.25104/transla.v22i1.1315

Abstract

Program Tol Laut merupakan upaya mengurangi perbedaan harga Kawasan Barat dengan Kawasan Timur Indonesia dengan penjaminan ketersediaan bahan penting dengan pengoperasian kapal secara rutin dan terjadwal untuk mendistribusikan logistik ke daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan. Seiring berjalan, perlu dilakukan evaluasi dampak tol laut terhadap disparitas harga dengan menganalisis fungsi dari variabel transportasi laut. Disparitas Harga adalah pengaruh dari jarak, sehingga penambahan jarak menyebabkan perbedaan harga di tiap tiap daerah. Perbedaan harga antara Kota Surabaya dan Kota Kalabahi yang berjarak 733 Nm, dimana harga komoditas beras di kota Surabaya Rp. 9.442/Kg, sementara faktor jarak ditambah margin keuntungan, harga Beras di Kota Kalabahi Rp. 10.662/Kg, sementara di kota Rote sebesar Rp. 10.679, dan di kota Moa sebesar Rp. 10.689/Kg. Pelaksanaannya dilakukan dengan membandingkan harga kebutuhan pokok sebelum tol laut dan saat berjalannya Program, serta mengevaluasi rute. Dampak positif dalam penurunan harga kebutuhan pokok di daerah tujuan tol laut, dari hasil penelitian terjadi penurunan harga 11% sampai 20%. Rekomendasi kebijakan perubahan pola operasi menjadi multiport dengan memperhitungkan muatan naik dan turun dengan rute Surabaya-Kalabahi-Moa-Rote-Sabu-Surabaya dengan jarak 2.050 NM dan kecepatan 1,62 Knot sehingga biaya tiap voyage menjadi 1.344,80 Juta rupiah/Round Trip dan berdampak terhadap jumlah frekuensi dalam satu tahun menjadi 23 frekuensi/Tahun.

Keywords

Disparitas Harga, Komoditas Kebutuhan Pokok, Tol Laut, multiport

Full Text:

PDF

References

Bhinadi , A. (2012). Struktur Pasar, Distribusi, Dan Pembentukan Harga Beras. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 24-32.

Google Inc. (2020, 01 21). google maps. Diambil kembali dari google web site: https://www.google.com/maps

Johannes, S., Anwar, M., & Kurniawan, E. (2012). Proyeksi Jumlah Pergerakan Dalam Menentukan Kapasitas Dan Jumlah Armada Perintis Kabupaten Maluku Barat Daya. Jurnal Tata Kota dan Daerah, 119-128.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2018, 12 27). Peta Lalulintas Rumput Laut Nasional. Diambil kembali dari Kementerian Kelautan dan Perikanan: https://kkp.go.id/bkipm/artikel/8104-peta-lalulintas-rumput-laut-nasional-2018

Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2018, 12 21). Produksi Ikan. Diambil kembali dari Kementerian Kelautan dan Perikanan: http://pipp.djpt.kkp.go.id/produksi_harga

Kementerian Perdagangan. (2016, 01 12). Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP). Diambil kembali dari Kementerian Perdagangan : https://ews.kemendag.go.id/

Kementerian Perhubungan. (2017). Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 117 Tahun 2017 tetang Tarif Angkutan Barang di Laut dalam Rangka Pelaksanaan Kewajiban Pelayanan Publik. Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Laksono, J., Kristiantoro, H., Tjahjadi, B., & Soewarno, N. (2018). Penentuan Lokasi Pembangunan Pusat Logistik Berikat Diprovinsi Jawa Timur berdasar Aspek sustainability dengan menggunakan Metode analytic Hierarchy Process. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 342-360.

Muawanah, U., Triyanti, R., & Ari Soejarwo, P. (2020). Dampak Ekonomi Wisata Bahari Di Kabupaten Alor. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 33-46.

Nuryanti, S. (2016). Analisa keseimbangan sistem penawaran dan permintaan beras di Indonesia. Jurnal Agro Ekonomi, 71-81.

Puslitbang Laut SDP. (2017). Studi Optimalisasi Program Tol Laut. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan.

Saragih, F. K., Mamahit, D. A., & Budi Prasetyo, T. Y. (2018). Implementasi Pembangunan Tol Laut Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. Jurnal Keamanan Maritim, 69-92.

Setiawan, A., & Hadianto, A. (2014). Fluktuasi harga komoditas pangan dan dampaknya terhadap inflasi di Provinsi Banten. Journal of Agriculture, Resource and Environmental Economics, 81-97.

Setiawan, S. (2018). Indonesian Logistics Infrastructure: The Performance and Fiscal Support . Journal of Finance& Banking Studies, 9-18.

Valderrama, D. (2012). Social And Economic Dimensions Of Seaweed Farming: A Global Review. IIFET 2012 Tanzania Proceedings, (hal. 1-11). Tanzania.

Yunianto, I., Iqbal Nur, H., Wahyu Ardhi, E., & Prima Adhitya, B. (2019). Optimalisasi Model Jaringan Rute MultiportTol Laut di Negara Kepulauan: Studi Kasus Evaluasi Rute di Maluku dan Papua Bagian Selatan. Jurnal Penelitian Transportasi Laut 21 (2019) 83–95Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 83-95.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.