Pengembangan Model Terminal Curah Cair Dengan Metode Simulasi Diskrit

Autor(s): Della Pratama Susetyo, Armand Omar Moeis, Dimas Kunto Wibisono
DOI: 10.25104/transla.v21i2.1329

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, konsumsi BBM dan BBG semakin meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut menyebabkan bertambahnya kuantitas kapal tanker untuk mendistribusikan BBM dan BBG ke lokasi tujuan. Kapasitas pelabuhan tidak dapat mengimbangi kuantitas kapal tanker yang meningkat pesat sehingga terbentuk antrian kapal di pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model simulasi untuk mengevaluasi aspek-aspek operasional pada proses bongkar muat BBM dan BBG di sebuah terminal transit di Indonesia agar didapat keputusan investasi yang tepat. Metode sistem diskrit yang digunakan dalam penelitian ini mampu menggambarkan dan mengevaluasi proses dan kegiatan kapal di pelabuhan berdasarkan sistem nyata. Penelitian menunjukkan bahwa perbaikan waktu pada kegiatan bongkar muat kapal menggunakan skenario yang diuji dapat mengurangi antrian kapal dan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Tiga skenario yang diuji untuk mengurangi waktu antrian kapal adalah penambahan kuantitas jetty, pembuatan prioritas pelayanan kapal Medium Range dan Small 2, dan implementasi simultaneous pumping pada kegiatan bongkar kapal.

Keywords

Antrian Kapal, BBM dan BBG, Bongkar Muat Kapal, Simulasi Sistem Diskrit

Full Text:

PDF

References

Banks, J., Carson, J. S., Nelson, B. L., & Nicol, D. M. (2014). Discrete-Event System Simulation. Harlow: Pearson. Retrieved from https://books.google.com.tr/books?id=JiWpBwAAQBAJ

Budya, H., & Arofat, M. Y. (2011). Providing cleaner energy access in Indonesia through the megaproject of kerosene conversion to LPG. Energy Policy, 39(12), 7575–7586. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2011.02.061

Dwarakish, G. S., & Salim, A. M. (2015). Review on the Role of Ports in the Development of a Nation. In Aquatic Procedia (Vol. 4, pp. 295–301). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.aqpro.2015.02.040

Ernita, D., Amar, S., & Syofyan, E. (2013). Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, dan Konsumsi di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi, 1(2).

Kazemi, Y., & Szmerekovsky, J. (2015). Modeling downstream petroleum supply chain: The importance of multi-mode transportation to strategic planning. Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review, 83, 111–125. https://doi.org/10.1016/j.tre.2015.09.004

Ligteringen, H., & Velsink, H. (2014). Ports and Terminals. Delft: Delft Academic Press.

Minitab. (2010). Minitab 17 Statistical Software. State College, PA: Minitab, Inc. Retrieved from www.minitab.com

ProModel. (2009). ProModel. Trexlertown, Pennsylvania: ProModel Corporation. Retrieved from www.promodel.com

Setiawan, A., Tua, D. P., & Husin, M. K. E. (2019). Pengaruh Konsumsi Bahan Bakar Fosil Terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia Dan Hubungan Timbal Balik Di Antara Keduanya. Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara, 15(3).

Stahlbock, R., & Voß, S. (2008). Operations research at container terminals: A literature update. OR Spectrum, 30(1), 1–52. https://doi.org/10.1007/s00291-007-0100-9

Stopford, M. (2009). Maritime Economics (3rd ed.). London: Routledge.

Thissen, W. A. H., & Walker, W. E. (Eds.). (2013). Public Policy Analysis: New Development. International Series in Operations Research and Management Science (Vol. 179). Dordrecht: Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-4602-6

Wijnolst, N., & Wergeland, T. (2009). Shipping innovation. Amsterdam: IOS Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.