Desain Kapal Tradisional Pinisi untuk Jaringan Tujuan Wisata Berkelanjutan: Studi Kasus Gugus Kepulauan Selayar

Autor(s): Alwi Sina Khaqiqi, Adam Hilal Dwianto
DOI: 10.25104/transla.v22i1.1559

Abstract

Kapal Pinisi merupakan salah satu alternatif moda trnasportasi yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi potensi pariwisata di Takabonerate Kepulauan Selayar dan kemudian pendapatan pariwisata dapat menyumbang pendapatan negara. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rute dan dimensi kapal berdasarkan survei kebutuhan pengguna dan karakteristik lokasi yang optimum menggunakan metode optimasi. Hasil analisis didapatkan bahwa Kapal Pinisi yang dirancang ditargetkan untuk segmen pasar dengan pendapatan sedang untuk wisatawan yang berusia kurang dari 30 tahun. Ukuran Kapal Pinisi yang optimum memiliki kapasitas 15 penumpang dengan dimensi LOA 37.14 meter, LPP 26.63 meter, LWL 26,96 meter, B 8.05 meter, T 2.65 meter, dan H 4.55 meter. Rute kapal dengan paket 5 hari 4 malam melewati rute Pelabuhan Rauf Rahman, Jinato, Lantigiang, Tinabo, Tinanja, Taka Lamungan, Tarupa Kecil, Latondu Kecil, dan kembali ke Pelabuhan Rauf Rahman. Dalam sekali roundtrip kapal memiliki waktu berlayar selama 98 jam dan waktu di pelabuhan pangkal selama 24.03 jam dengan jumlah 1 kapal. Harga jasa kapal wisata untuk penumpang penyelam sebesar 208 USD/malam-pax untuk lower deck dan 221 USD/malam-pax untuk main deck. Sedangkan harga jasa untuk penumpang non-penyelam sebesar 193 USD/malam-pax untuk lower deck dan 206 USD/malam-pax untuk main deck.  

Keywords

Kapal Pinisi, Perancangan, Optimasi, Takabonerate Kepulauan Selayar.

Full Text:

PDF

References

Habibi, M., Fadillah, A., & Manullang, S. (2019). Desain Pelabuhan Wisata Modern Di Kepulauan Raja Ampat: Studi Kasus Di Kota Waisai. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 61-70.

Agus, & Ridwan, M. (2019). Pemetaan Objek Wisata Alam Kabupaten Kepulauan Selayar Berbasis Sistem Informasi Geografis Arcgis 10.5. PUSAKA: Journal Of Tourism, Hospitality, Travel And Business Event, 45-50.

Akhmad, Z., Tuwo, A., & Wikantari, R. (2016). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Takabonerate Di Kabupaten Kepulauan Selayar. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 97-104.

Artaya, I., Kamisutara, M., & Baktiono, R. (2018). Pengaruh Citra Produk Berdasarkan Analisis Persepsi Konsumen Pada Kelompok Usaha Aneka Pangan Kota Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 39-50.

Darmawan, D., & Yunanto, A. (2016). Peluang Pariwisata Dalam Menurunkan Kemiskinan Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). Journal Of Research In Economics And Management, 199-213.

F. Mahmudin, A. Fitriadhy, & S. Dewa. (2015). Motions Analysis Of A Phinisi Ship Hull With New Strip Method. International Journal Of Engineering And Science Applications, 91-97.

Lukman, A., Rubinah AR, & Nurhayati. (2011). Penyelesaian Travelling Salesman Problem Dengan Algoritma Greedy. Konfrensi Nasional Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (FORTEI). Makassar.

Nadjmi, N., Nuryanti, W., Prayitno, B., & Soewarno, N. (2014). Pengembangan Destinasi Pariwisata Di Kepulauanselayar Sulawesi Selatan. Konferensi Nasional I Forum Wahana Teknologi (Hal. 1-8). Yogyakarta: Forum Wahana Teknologi.

Nurhakim, M., & Pandamdari, E. (2018). Pemenuhan Atas Sarana Dan Utilitas Pada Perumahan Subsidi Mutiara Puri Harmoni Rajeg Tangerang Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan Dan Permukima. Jurnal Hukum Adigama, 437-461.

Putra, T. (2016). Implementasi Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Wilayah Laut Dan Pesisir Dalam Wilayah Kabupaten Selayar Di Kepulauan Taka Bonerate. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.