Vol 16, No 2 (2018)

Konsep transportasi wisata pusat kota tua Makassar dan sekitarnya

Syarifah Nuzul Ahmad, Yamin Jinca, Yashinta Kumala

Abstract


Pusat Kota Tua Makassar merupakan kawasan yang memiliki nilai sejarah dan daya tarik yang potensial dijadikan sebagai kawasan kunjungan wisata. Pusat kota sebagai tempat pertemuan dari jalur angkutan umum Kota Makassar dan angkutan transportasi lainnya hendaknya dapat menjangkau objek wisata. Masih terdapat objek wisata yang tidak dijangkau oleh angkutan transportasi umum yaitu, objek wisata sejarah, objek wisata religi,  objek wisata pantai, objek wisata kuliner. Kondisi tersebut, akan mempengaruhi tingkat pelayanan transportasi terhadap kegiatan wisata.Transportasi sangat penting dalam perjalanan wisata sehingga perlu terintegrasi dengan objek wisata. Studi ini bertujuan untuk mengetahui objek wisata yang berpotensi dan menarik, eksisting transportasi, sistem transportasi wisata yang efisien dan efektif. Metode analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), Analisis SWOT untuk merumuskan strategi konsep transportasi wisata. Hasil analisis menunjukkan bahwa objek wisata yang paling menarik dan potensial adalah objek wisata sejarah, belanja, kuliner, dan wisata alam dan pantai, dan wisata religi. Kondisi transportasi wisata belum efisien dan efektif menunjang wisatawan, terkendala dengan sistem dan jaringan pelayanan transportasi. Konsep Pengembangan transportasi berdasarkan pertimbangan aspek what to see, what to do, what to buy, what to arrived, dan what to stay. Konsep transportasi wisata Overland Tour  dan Sea Tour yang ditunjang oleh sarana dan prasarana transportasi.


Keywords


objek wisata, layanan transportasi, transportasi wisata

References


Undang-Undang RI No.5 Tahun 1992 dan PP RI No. 10 Tahun 1993.

Mulyadi, Angga Dedi (2015). Perencanaan Jalur Tur Wisata Kawasan Pusat Kota Tua Sebagai Salah Satu Paket Wisata di Kota Bandung .

Yoeti, Oka A. 1982. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Angkasa Bandung. Bandung.

Darsoprajitno, Soewarno H. 2013. Ekologi Pariwisata. Penerbit Angkasa Bandung. Bandung.

Tambunan, Nani, 2009, Peranan Transportasi Dalam Priwisata, Majalah Ilmiah Panorama Nusantara, Edisi VI, Januari - Juni 2009.

Warman Andri, Muljadi. 2014. Kepariwisataan dan Perjalanan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mardalis, Ahmad. 2016. Pengelolaan Daya Tarik Wisata Alam Berdasarkan Kepuasan dan Keinginan Wisatawan. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis & Call For Paper FEB UMSIDA 2016..

Sulistyowati, dkk. 2015. Modul Industri Hospotality dan Pariwisata. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid. Jakarta.


Full Text: XML

DOI: 10.25104/mtm.v16i2.965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Bookmark and Share