Editorial Policies

Focus and Scope

Warta Penelitian Perhubungan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekretariat Badan Litbang Perhubungan. Kontributor Warta Penelitian Perhubungan berasal dari kalangan Peneliti dan Akademisi di bidang transportasi. Warta Penelitian Perhubungan memuat hasil penelitian, ide, dan gagasan dengan cakupan nasional dan global dengan lingkup sebagai berikut:

  1. Transportasi Antarmoda; konektivitas, logistik, dan integrasi transportasi.
  2. Transportasi Jalan dan Perkeretaapian; jaringan jalan dan perkeretaapian, kebijakan.
  3. Transportasi Laut, Sungai, Danau dan Penyeberangan; rute, trayek, sarana, prasarana angkutan laut.
  4. Transportasi Udara; sarana, prasarana, rute, tarif.

Warta Penelitian terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan Januari - Juni dan Juli - Desember dan telah terakreditasi oleh Kementerian Ristekdikti dengan SINTA peringkat 2  Nomor 10/E/KPT/2019.

Tujuan Warta Penelitian Perhubungan adalah mempublikasikan naskah luaran kegiatan penelitian dengan tema kajian di bidang transportasi. Naskah yang dipublikasikan merupakan temuan atau refleksi kegiatan penelitian yang disebarluaskan untuk pemanfaatan dan praktik secara nyata oleh stakeholder terkait. Penyebarluasan dalam naskah yang dipublikasikan oleh Warta Penelitian Perhubungan tidak terbatas pada gagasan, metode, dan objek material, namun juga meliputi unsur peningkatan kapasitas stakeholder dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan untuk tujuan pengembangan di bidang transportasi.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Reviewer Warta Penelitian Perhubungan terdiri dari pakar dan atau peneliti khusus dalam bidang transportasi dari berbagai bidang ilmu, yakni ilmu transportasi jalan dan perkeretaapian, ilmu transportasi laut sungai danau dan penyebrangan, ilmu transportasi udara, yang bekerja secara profesional dengan menjunjung tinggi kode etik publikasi ilmiah.

Setelah naskah masuk, pada tahap awal naskah akan diseleksi apakah substansi naskah sesuai dengan fokus dan ruang lingkup dari jurnal serta orisinalitas dari naskah. Jika memenuhi, maka naskah akan melalui proses review internal dan mitra bestari. Keputusan evaluasi awal naskah maksimal empat minggu setelah naskah diterima Redaksi.

Selanjutnya proses peer-review naskah Warta Penelitian Perhubungan oleh Mitra bestari ialah sebagai berikut:

  1. Reviewer menelaah naskah sesuai dengan bidang keilmuannya dan berhak mengalihkan naskah kepada reviewer lain yang lebih kompeten atas persetujuan Redaksi.
  2. Proses review menggunakan double blind review, yaitu reviewer tidak mengetahui identitas penulis, begitu juga sebaliknya.
  3. Proses review satu naskah dilakukan setidaknya oleh satu reviewer dan proses tahapannya dilakukan dengan sistem E-Journal dan atau korespondensi.
  4. Reviewer melakukan penilaian naskah dalam jangka waktu maksimal 4 (empat) minggu sejak naskah diterima. Penilaian didasarkan pada mutu substansi naskah, antara lain:
  • Kesesuaian masalah, tujuan, teori, metode, dan pembahasan;
  • Kejelasan penyajian gambar, tabel dan diagram;
  • Kemutakhiran pustaka yang dirujuk;
  • Kesalahan data dan orisinalitas informasi;
  • Evaluasi keutuhan isi naskah;
  • Pernah-tidaknya naskah dimuat di media lain;
  • Keluasan pengetahuan dan critical thinking penulis;
  • Ketepatan judul dengan keseluruhan isi tulisan.
  1. Jika dalam jangka waktu tersebut review naskah belum selesai, reviewer harus mengkonfirmasi ke Pemimpin Redaksi Warta Penelitian Perhubungan.
  2. Selama proses review naskah, reviewer memberikan penilaian naskah melalui form/daftar checklist review yang tersedia pada aplikasi jurnal elektronik. Jika ada hambatan, reviewer dapat menilai naskah secara manual pada form checklist review (format Ms.Word) yang dikirim oleh Section Editor atau Sekretariat Redaksi.
  3. Reviewer memberikan keputusan naskah hasil review:
  • Accept Submission (naskah diterima).
  • Revisions Required (naskah perlu direvisi oleh penulis dan dikembalikan lagi ke reviewer).
  • Resubmit for Review (naskah sebaiknya direview oleh reviewer lain).
  • Resubmit Elsewhere (naskah sebaiknya dikirim ke penerbit jurnal lain, reviewer menolak secara halus).
  • Decline Submission (naskah ditolak).
  • See Comments (lihat komentar, reviewer menolak secara halus).
  1. Reviewer mengirimkan naskah hasil review dan form checklistreview ke Pengelola Warta Penelitian Perhubungan.

 

Open Access Policy

Warta Penelitian Perhubungan memberikan akses terbuka terhadap artikel yang tersedia dengan berpegang pada prinsip untuk membuat hasil-hasil penelitian tersedia bagi umum dalam mendukung pertukaran pengetahuan secara global.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Publication Frequency

Warta Penelitian Perhubungan (Warlit) pertama kali terbit pada tahun 1989 yang dalam setahun terbit 6 (Enam) kali. Mulai tahun 2017, Warta Penelitian Perhubungan terbit dua kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan More...

 

References Management

Semua naskah yang masuk diharapkan dapat menggunakan aplikasi referensi manager seperti MendeleyGaya sitasi atau penulisan yang digunakan adalah Institute of Electrical Engineers  (IEEE). 

 

Accreditation Certificate

Warta Penelitian Perhubungan terakreditasi kembali berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan nomor sertifikat 10/E/KPT/2019 Tanggal 04 April 2019.

 

Screening Plagiarism

Naskah artikel wajib bebas dari plagiarisme dan penyimpangan yang tidak sesuai dengan kaidah akademis. Pengecekan plagiarisme dilakukan oleh Dewan Redaksi melalui penelaahan naskah atas kejelasan sumber referensi dan sitasi serta pengecekan terhadap artikel-artikel terkait yang pernah dipublikasikan. Dewan Redaksi menggunakan aplikasi Ithenticate sebagai alat bantu dalam pemeriksaan plagiarism dengan batas toleransi dibawah 30%.

 

Review Guideline

Ketentuan Reviewer

  1. Objektivitas dan netralitas: reviewer harus jujur, objektif, tidak bias, independen, dan hanya berpihak pada kebenaran ilmiah. Proses penelaahan naskah dilakukan secara profesional tanpa membedakan jenis kelamin, sisi bisnis, suku, agama, ras, antar-golongan, dan kewarganegaraan penulis.
  2. Kejelasan sumber referensi: reviewer harus memastikan bahwa sumber referensi/kutipan naskah telah sesuai dan kredibel (dapat dipertanggungjawabkan). Jika ditemukan kesalahan atau penyimpangan dalam penulisan sumber referensi/kutipan, reviewer harus segera menginformasikan ke redaksi untuk dilakukan perbaikan oleh penulis sesuai catatan dari reviewer.
  3. Efektivitas peer-review: reviewer harus merespon naskah yang telah dikirim oleh redaksi dan bekerja sesuai dengan waktu penelaahan naskah (peer-review) yang telah ditetapkan (maksimal 4 minggu). Apabila membutuhkan waktu tambahan dalam review naskah harus segera melaporkan (konfirmasi) ke sekretariat redaksi.
  4. Pengungkapan konflik kepentingan: reviewer harus memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga proses penerbitan naskah berjalan lancar dan aman.

 

Publication Ethics

Warta Penelitian Perhubungan adalah jurnal yang bertujuan untuk menjadi platform peer-review terkemuka dan sumber informasi yang terpercaya. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel ulasan, dan studi kasus yang berfokus pada permalasahan transportasi baik itu transportasi jalan dan perkeretaapian, transportasi LSDP (laut,sungai, danau dan penyebrangan) transportasi udara serta multimoda yang dimana untuk topiknya tersebut belum pernah dipublikasikan (diterbitkan) ditempat lain dalam bahasa apapun, juga tidak sedang ditinjau untuk publikasi dimanapun.

Pernyataan berikut ini menjelaskan perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk penulis, redaksi, reviewer, dan penerbit (Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan). Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE (Committee on Publication Ethics) untuk Editor Jurnal.

 

Tugas Penulis (Author)

  1. Standar Pelaporan : Penulis harus menyajikan laporan akurat dari penelitian asli yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Peneliti harus menyajikan hasil mereka dengan jujur dan tanpa fabrikasi, pemalsuan atau manipulasi data yang tidak tepat. Sebuah manuskrip harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain meniru karya tersebut. Pernyataan yang menipu atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Naskah harus mengikuti pedoman pengiriman jurnal.
  2. Orisinalitas dan Plagiarisme : Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli. Naskah tidak boleh diserahkan secara bersamaan ke lebih dari satu publikasi kecuali editor setuju untuk publikasi bersama. Karya dan publikasi sebelumnya yang relevan, baik oleh peneliti lain maupun milik penulis, harus diakui dan dirujuk dengan benar. Literatur utama harus dikutip jika memungkinkan. Kata-kata asli yang diambil langsung dari publikasi oleh peneliti lain harus muncul dalam tanda kutip dengan kutipan yang sesuai.
  3. Publikasi Berganda, Berlebihan, atau Bersamaan: Penulis secara umum tidak boleh mengirimkan manuskrip yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Diharapkan juga bahwa penulis tidak akan menerbitkan manuskrip atau manuskrip deskripsi penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal. Mengirimkan manuskrip yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Berbagai publikasi yang muncul dari satu proyek penelitian harus diidentifikasi dengan jelas seperti itu dan publikasi utama harus dirujuk.
  4. Pengkuan Sumber : Penulis harus mengetahui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian dan mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan. Pengakuan yang tepat atas pekerjaan orang lain harus selalu diberikan.
  5. Kepenulisan Makalah : Penulisan publikasi penelitian harus secara akurat mencerminkan kontribusi individu untuk pekerjaan dan pelaporannya. Penulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan atau interpretasi dari studi yang dilaporkan. Orang lain yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis bersama. Dalam kasus di mana kontributor utama terdaftar sebagai penulis sementara mereka yang memberikan kontribusi kurang substansial, atau murni teknis, untuk penelitian atau publikasi dicantumkan di bagian pengakuan. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang dikirimkan dan pencantuman nama mereka sebagai rekan penulis.
  6. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan : Semua penulis harus secara jelas mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan keuangan atau substantif lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi dari naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.
  7. Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan:  Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam naskah yang dikirimkan, maka penulis harus segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki makalah.
  8. Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan:  Penulis harus mengidentifikasi dengan jelas dalam naskah jika pekerjaan tersebut melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya.

Tugas Editor

  1. Keputusan Publikasi:  Berdasarkan laporan review dewan editorial, editor dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi pada naskah. Validasi pekerjaan yang dimaksud dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait fitnah, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini. Editor harus bertanggung jawab atas semua yang mereka terbitkan dan harus memiliki prosedur dan kebijakan untuk memastikan kualitas materi yang mereka terbitkan dan menjaga integritas catatan yang diterbitkan.
  2. Review Naskah :  Editor harus memastikan bahwa setiap naskah pada awalnya dievaluasi oleh editor untuk keasliannya. Editor harus mengatur dan menggunakan peer review secara adil dan bijak. Editor harus menjelaskan proses peer review mereka dalam informasi untuk penulis dan juga menunjukkan bagian mana dari jurnal yang direview. Editor harus menggunakan peninjau sejawat yang sesuai untuk makalah yang dipertimbangkan untuk publikasi dengan memilih orang-orang dengan keahlian yang memadai dan menghindari mereka yang memiliki konflik kepentingan.
  3. Adil:  Editor harus memastikan bahwa setiap naskah yang diterima oleh jurnal ditinjau konten intelektualnya tanpa memandang jenis kelamin, jenis kelamin, ras, agama, kewarganegaraan, dll. Dari penulis. Bagian penting dari tanggung jawab untuk membuat keputusan yang adil dan tidak memihak adalah menegakkan prinsip independensi dan integritas editorial. Editor memiliki posisi yang kuat dengan membuat keputusan tentang publikasi, yang membuatnya sangat penting bahwa proses ini seadil dan mungkin tidak bias.
  4. Kerahasiaan:  Editor harus memastikan bahwa informasi mengenai manuskrip yang dikirimkan oleh penulis dirahasiakan. Editor harus menilai secara kritis setiap potensi pelanggaran perlindungan data dan kerahasiaan pasien. Ini termasuk membutuhkan persetujuan yang diinformasikan dengan benar untuk penelitian aktual yang disajikan, persetujuan untuk publikasi jika berlaku.
  5. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:  Editor Jurnal tidak akan menggunakan materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang diserahkan untuk penelitiannya sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Editor tidak boleh terlibat dalam pengambilan keputusan tentang makalah yang memiliki konflik kepentingan

 

Tugas Reviewer (Mitra Bestari)

  1. Kerahasiaan:  Informasi mengenai manuskrip yang dikirimkan oleh penulis harus dirahasiakan dan diperlakukan sebagai informasi yang dilindungi. Mereka tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
  2. Pengakuan Sumber: Peninjau harus memastikan bahwa penulis telah mengetahui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian. Peninjau harus mengidentifikasi karya terbitan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Pernyataan apapun yang observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau harus segera memberi tahu jurnal jika mereka menemukan penyimpangan, memiliki kekhawatiran tentang aspek etika pekerjaan, mengetahui kesamaan substansial antara naskah dan pengiriman bersamaan ke jurnal lain atau artikel yang diterbitkan, atau curiga bahwa pelanggaran mungkin telah terjadi baik selama penelitian atau penulisan dan penyerahan naskah; pengulas harus, bagaimanapun,merahasiakan kekhawatiran mereka dan tidak menyelidiki lebih lanjut secara pribadi kecuali jurnal tersebut meminta informasi atau nasihat lebih lanjut.
  3. Standar Objektivitas:  Review naskah yang diserahkan harus dilakukan secara obyektif dan reviewer harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung. Peninjau harus mengikuti instruksi jurnal tentang umpan balik spesifik yang diperlukan dari mereka dan, kecuali ada alasan bagus untuk tidak melakukannya. Peninjau harus konstruktif dalam ulasan mereka dan memberikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki naskah mereka. Peninjau harus menjelaskan penyelidikan tambahan yang disarankan yang penting untuk mendukung klaim yang dibuat dalam naskah yang sedang dipertimbangkan dan yang hanya akan memperkuat atau memperpanjang pekerjaan.
  4. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan:  Informasi atau gagasan istimewa yang diperoleh melalui tinjauan sejawat harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan makalah tersebut. Dalam kasus ulasan double-blind, jika mereka mencurigai identitas penulis, beri tahu jurnal jika pengetahuan ini menimbulkan potensi konflik kepentingan.
  5. Ketepatan:  Peninjau harus menanggapi dalam kerangka waktu yang wajar. Peninjau hanya setuju untuk meninjau naskah jika mereka cukup yakin mereka dapat mengembalikan tinjauan dalam kerangka waktu yang diusulkan atau disepakati bersama, menginformasikan jurnal segera jika mereka memerlukan perpanjangan. Dalam hal seorang reviewer merasa tidak mungkin menyelesaikan review naskah dalam waktu yang ditentukan maka informasi tersebut harus dikomunikasikan kepada editor, agar naskah tersebut dapat dikirimkan kepada reviewer lain.

Setiap naskah yang diterima harus disertai dengan " Penjelasan Etika Publikasi ", " Perjanjian Pengalihan Hak Cipta " dan " Kepemilikan KTI " sebelum artikel dipublikasikan.

 

Biaya Penulisan

Setiap naskah yang dikirimkan ke Warta Penelitian Perhubuungan tidak akan memiliki 'biaya pengiriman', 'biaya pemrosesan artikel', 'biaya publikasi', dan 'biaya pengarsipan'. semua proses tidak dikenai biaya dan memungkinkan akses langsung ke versi teks lengkap artikel.

 

Copyediting dan Proofreading

Semua naskah yang masuk akan dilakukan pengecekan tata bahasa dan pembacaan bukti setelah melalui proses review oleh Mitra Bestari.

 

Warta Penelitian Perhubungan Terindeks Oleh