Submissions

 

Author Guidelines

Editor Warta Penelitian Perhubungan menyambut kiriman artikel sesuai dengan pedoman berikut:

  1. Artikel belum diterbitkan/diterima untuk publikasi atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di media lain. Selain naskah, harus ada pernyataan tertulis yang menjelaskan bahwa artikel tersebut asli dan tidak mengandung unsur plagiarisme. Naskah berbentuk file dokumen dengan tipe (doc, docx).
  2. Nama harus disertakan tanpa gelar akademis sedangkan posisi dan alamat afiliasi harus jelas disertakan setelah Judul Naskah (Times News Roman, ukuran 12pt).
  3. Artikel ditulis dalam bahasa akademis Indonesia atau Inggris sesuai dengan standar struktur penulisan akademik. Naskah diketik 1.5 spasi dalam ukuran kertas kuarto (A4) (21cm x 29.7cm) dengan margin dalam 2.5cm dan 2cm di atas bawah serta bagian luar margin, panjangnya antara 2.000-8.000 kata termasuk referensi, gambar, dan tabel. Panduan Manual Penulisan Author Guideline.
  4. Header dan Footer termasuk nomor halaman tidak boleh digunakan. Semua tautan hypertext dan bookmark bagian akan dihapus dari kertas. Jika Anda perlu merujuk ke alamat email atau URL Internet, anda harus mengetikkan alamat atau URL sepenuhnya dalam font biasa.
  5. Jenis artikel yang diutamakan adalah hasil laporan penelitian (laboratorium, lapangan, arsip), ide-ide konseptual, aplikasi teori.
  6. Artikel lain adalah resensi atau ulasan buku dengan syarat sebagai berikut:
  • Buku yang ditinjau harus baru terbit (satu tahun terakhir untuk buku Bahasa indonesia dan dua tahun terakhir untuk buku berbahasa asing lainnya).
  • Judul buku terkait dengan isu transportasi;
  • Panjang ulasan buku antara 1.000-1.200 kata;
  • Fotokopi/scan sampul buku harus dilampirkan.  

1. Pendahuluan 

Pendahuluan berisi latar belakang dari penelitian yang dilakukan. Perhatikan hal-hal yang menyebabkan mengapa suatu penelitian tersebut menarik untuk dilakukan dengan merumuskan suatu permasalahan. Tujuan penelitian diuraikan dengan dalam bentuk paragraf yang runtut dan sistematis juga mencakup tinjauan terhadap teori yang mendasari atau penelitian yang telah dilakukan sebelumnya (state of the art). Nomor referensi harus ditunjukkan dalam teks dengan tanda kurung, misalnya [1], atau [1,3], atau [1-3]. (font 12).

2. Metodologi

Tuliskan dalam bagian ini beberapa hal pokok sebagai berikut: metode pengumpulan, pengolahan, dan analisis.

  • 2.1. Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data menjelaskan tata cara data dikumpulkan.

  • 2.2. Pengolahan Data

Pengolahan data menjelaskan tentang tata cara data diolah menggunakan pendekatan tertentu (kualitatif/ kuantitatif).

  • 2.3. Analisis Data

Analisis data memberikan penjelasan mengenai alat yang digunakan.

  • 2.4. Formula Matematika

Jika Anda menggunakan Word, gunakan Microsoft Equation Editor untuk menulis setiap rumus atau persamaan yang muncul (Insert | Object | Create New | Microsoft Equation). Jangan pilih opsi “Float over text”.

  • 2.5. Formula Matematika

Penomoran persamaan harus bersesuaian dengan urutan kemunculan rumus atau persamaan tersebut dalam teks. Penomoran ditulis dalam tanda kurung dengan menggunakan marjin kanan, seperti dalam (1). Anda direkomendasikan untuk menggunakan equation editor untuk membuat sebuah persamaan. Beri tanda titik pada akhir sebuah persamaan yang merupakan bagian dari sebuah kalimat, seperti yang terdapat pada dengan semua besaran disajikan penjelasannya setelah persamaan, misal J adalah besaran utama, i dan k menyatakan indeks pada jumlahan; simbol besaran ditulis dengan bentuk huruf italics.

3. Hasil dan Pembahasan

Berisi hasil analisis dan evaluasi terhadap data interpretasi hasil analisis dan bahasan untuk memperoleh jawaban, nilai tambah dan kemanfaatan terkait dengan permasalahan dan tujuan penelitian. Hasil analisis harus menjawab permasalahan dan tujuan penelitian.

4. Kesimpulan 

Tuliskan kesimpulan dari penelitian yang artikelnya Anda tulis ini tanpa mengulang hal-hal yang telah disampaikan di Abstrak. Kesimpulan dapat diisi pula tentang pentingnya hasil yang dicapai dan saran untuk aplikasi dan pengembangannya serta tindak lanjut dari hasil penelitian terkait dengan penelitan.

Ucapan Terima Kasih 

Tuliskan ucapan terima kasih dengan bahasa baku, misalnya, “Penulis A.F. (inisial nama mahasiswa) mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah memberikan dukungan finansial melalui Beasiswa Bidik Misi tahun 2010-2014”.

 

Submission Preparation Checklist

Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diwajibkan untuk memeriksa kepatuhan pengajuan dengan semua item berikut, dan Naskah dapat dikembalikan kepada penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta

1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawahCreative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.

2. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda

Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.

Warta Penelitian Perhubungan by Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/warlit/index.


 Creative Commons License

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.