Evaluasi Pelayanan Ground Handling di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri Palu

Lita Yarlina, Harry Yanto Lumban Batu, Evy Lindasari, Arman Mardoko

Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 92 times

Abstract

Abstrak


Lalu lintas angkutan udara di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri, Palu menunjukkan pertumbuhan yang meningkat selama periode 2015-2019. Pengelolaan Ground Support Equipment (GSE) dan Sumber Daya Manusia (SDM) diperlukan untuk memenuhi persyaratan pelayanan ground handling di sisi udara, khususnya apron, untuk mewujudkan keselamatan penerbangan, kinerja ketepatan waktu, kepuasan pelanggan, serta keandalan yang sesuai dengan regulasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas layanan ground handling di Bandar Udasar Mutiara SIS Al-Jufri. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan mengacu pada kriteria dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 91 tahun 2016 tentang Pembatasan Usia Peralatan Penunjang Pelayanan Darat Pesawat Udara (Ground Support Equipment/ GSE) dan Kendaraan Operasional yang Beroperasi di Sisi Udara, serta Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/81/X/1998 tentang Pedoman Umum Pengelolaan Ground Support Equipment (GSE). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kegiatan ground handling telah menunjukkan komitmen dalam memenuhi pelayanannya. Walaupun demikian, masih terdapat deviasi berupa kendaraan dengan usia operasi lebih dari 10 tahun yang masih beroperasi di apron, antara lain Aircraft Towing Tractor (ATT), Air Starter Unit (ASU), dan Ground Power Unit (GPU). Oleh karena itu, direkomendasikan untuk melakukan penyesuaian peralatan dengan mengacu pada regulasi yang berlaku.

Kata kunci: Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri, ground handling.

Ground Handling Services at Mutiara SIS Al-Jufri Airport Palu: Air transport traffic at Mutiara SIS Al-Jufri Airport, Palu-Indonesia, showed an increase in growth from 2015 until 2019. In an attempt to meet the ground handling service requirements on the air side, especially aprons, it is necessary to properly manage Ground Support Equipment (GSE) and Human Resources to achieve flight safety, punctuality performance, customer satisfaction, and regulatory compliance. This study aimed to determine the quality of ground handling services at Mutiara SIS Al-Jufri Airport. It employeda descriptive qualitative method by referring to the criteria issued in the Regulation of Minister of Transportation PMNo. 91 of 2016 concerning Age Limits for Supporting GSE and Operational Vehicles Operating on the Air Side andthe Decree of the Director-General of Civil Aviation No. SKEP/81/X/1998 on General Guidelines for Management of Ground Support Equipment. The results showed that the ground handling activities hadsuccessfully committedto fulfilling their functions, but a few deviations from the recommended age of vehicles in operation on the aprons were identified. Aircraft Towing Tractor (ATT), Air Starter Unit (ASU), and Ground Power Unit (GPU) had been operated for more than ten years. Therefore, this study recommends that equipment adjustments be made following applicable regulations.


Keywords: Mutiara SIS Al-Jufri Airport, ground handling.

Keywords

Mutiara SIS Al-Jufri Airport; Ground Handling.

Full Text:

PDF

References

Direktorat Jenderal Udara, Statistik Dalam Angka Tahun 2018, Jakarta: Kementerian Perhubungan, 2018.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 635 tahun 2015 tentang Standar Peralatan Penunjang Pelayanan Darat Pesawat (Ground Support Equipment/GSE) dan Kendaraan Operasional yang Beroperasi di Sisi Udara, Jakarta: Kementerian Perhubungan, 2015.

Undang-Undang No.1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Jakarta, 2009.

Yoga Sukmana, "JAS Bertanggung Jawab Tangani Ground Handling Pesawat Trans Nusa yang Bertabrakan di Bandara Halim," Kompas.com, 6 April 2016. [Online]. Available: https://www.tribunnews.com/bisnis/2016/04/06/jas-bertanggung-jawab-tangani-ground-handling-pesawat-trans-nusa-yang-bertabrakan-di-bandara-halim.

Suharto Abdul Majid dan Eko Probo D. Warpani, Ground Handling Manajemen Pelayanan Darat Perusahaan Penerbangan, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Roji, M, "Materi Passenger Handling. Kokapura Ahmad Yani Semarang," Semarang, 2012.

Sofyan Assauri, Manajemen Produksi dan Operasi, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008.

M. Septia Putra Zein, Keterkaitan Ground Handling dengan bandar udara di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, 2011.

Susanti, "Kajian Human Factor SDM Ground Handling di Bandar Udara Adi Sucipto Yogyakarta," Warta Ardhia, vol. 42, no. 1, pp. 29-42, 2016.

Nur Makkie Perdana Kusuma dan Komarani, "Kegiatan Ramp Handling Pada Maskapai CITILINK PT Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya," Jurnal Ground Handling, vol. 3, no. 1, pp. 5-13, 2016.

Dina Yuliana, "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Personel Ground Handling PT. Jasa Angkasa Semesta (PT. JAS) di Bandara Halim Perdana Kusuma – Jakarta," Warta Penelitian Perhubungan, vol. 29, no. 1, pp. 75-90, 2017.

Wildani, Pelayanan Perusahaan Ground Handling, Surabaya: ADLN-Perpustakaan Universitas Airlangga, 2015.

Eko Poerwanto dan Gunawan, "Analisis Beban Kerja Mental Pekerja Bagian Ground Handling Bandara Adisutjipto untuk Mendukung Keselamatan Penerbangan," Jurnal Angkasa, vol. 7, no. 2, pp. 115-126, 2015.

Abraham Pratamaputra, Penjadwalan pekerja ground handling gapura angkasa di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan pertimbangan beban kerja, Surabaya, 2017.

Hendra Annisa Putri Lintang Hestuningrum dan Ervina Ahyudanari, "Manajemen Kendaraan Ground Handling di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda, Surabaya," Warta Ardhia, vol. 44, no. 2, pp. 99-106, 2018.

M.Arif Hernawan, Sinta Dwi Putri dan Suprihadi, "Ketersediaan Ground Support Equipment dan Kinerja Operator Ramp Services di Bandar Udara Soekarno Hatta," Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik, vol. 4, no. 2, pp. 237-248, 2018.

Robert Horonjeff, Francis McKelvey, William Sproule dan Seth Young, Planning and design of airport, fifth edition, The McGraw-Hill Companies, Inc, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.

Norman K. Denzin dan Yvonna S. Lincoln, Handbook of Qualitative Research, Bandung: Pustaka Pelajar, 2010.

Rianto Adi, Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum, Jakarta: Granit, 2010.

Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 91 tahun 2016 tentang Pembatasan Usia Peralatan Penunjang Pelayanan Darat Pesawat Ground Support Equipment dan Kendaraan Operasional yang Beroperasi di Sisi Udara.

Profil Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri, Data Teknis, 2018.

IATA Airport Handling Manual, 810 Annex A, tahun 1998.

Copyright (c) 2020 Warta Penelitian Perhubungan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Jurnal Warta Penelitian Perhubungan have been indexed on: