Kajian Evaluasi Lintas Penyeberangan Merak–Bakauheni

Tri Kusumaning Utami

Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF - 42 times

Abstract

Abstrak

Kajian evaluasi lintas penyeberangan Merak–Bakauheni bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pengoperasian kapal penyeberangan pada lintas Merak–Bakauheni. Kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan kebutuhan kapal untuk melayani angkutan penumpang dan kendaraan di lintas penyeberangan Merak–Bakauheni agar frekuensi keberangkatan kapal mencapai 191 trip/hari dari maksimal 224 trip/hari. Berdasarkan hasil analisis perhitungan tingkat penggunaan dermaga pada tahun 2016, diketahui persentase waktu yang hilang atau Berth Idle Time (BIT) rata-rata di Dermaga I-V Pelabuhan Penyeberangan Merak sebesar 20,08%. Adapun, persentase BIT rata-rata di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni sebesar 20,15%. Mengenai hasil analisis kinerja penggunaan dermaga, rata-rata penggunaan dermaga di Pelabuhan Penyeberangan Merak pada tahun2016 adalah 79,91% dengan penggunaan tertinggi sebesar 94,15% di Dermaga II sehingga BIT dermaga sebesar 5,58%. Adapun, rata-rata penggunaan dermaga di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni pada tahun 2016 adalah 79,85% dengan penggunaan tertinggi sebesar 94,85% di Dermaga I sehingga BIT dermagasebesar 5.15 %. Dengan demikian, Pelabuhan Penyeberangan Merak–Bakauheni tidak perlu menambah jumlah kapal. Akan tetapi, disarankan untuk menambah knot kapal agar tercapai jumlah trip yang maksimal per harinya.

Kata kunci:  Pelabuhan, dermaga, evaluasi, pengoperasian, kapal.

 

Abstract

Study/Evaluation of the Merak-Bakauheni Crossing Services: This evaluation study was intended to improve the operation of ferry services on the Merak-Bakauheni crossing route using qualitative and quantitative descriptive approaches. It provided the number of ferry boats required to serve passenger and vehicle transport on this crossing route at a frequency of departure of up to 191 trips/day from a maximum of 224 trips/day. Based on the calculation results of the dock utilization rate in 2016, the percentage of Berth Idle Time (BIT) of Docks I-V at Merak Port was 20.08%, while the average BIT of Bakauheni Port was 20.15%. In terms of performance, the average dock use at Merak Port in 2016 was 79.91%, with the highest use at Dock II (94.15%, BIT of 5.58%). As for Bakauheni Port, the average dock use in 2016 was 79.85%, with the highest use at Pier I (94.85%, BIT of 5.15%). Consequently, the Merak-Bakauheni Ports do not need to add more operating ferry boats, but increasing the knots of these boats to reach a favorable number of trips/day is highly suggested.

Keywords: Port, dock, evaluation, operation, ferry boat.

Keywords

Port, dock, evaluation, operation, ferry boat

Full Text:

PDF

References

Ganjar Ilham Wahyudi, Ely Nurhidayati dan Agustiah Wulandari, "Analisis Penggunaan Angkutan Penyeberangan di Kabupaten Kubu Raya," Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura, vol. 6, no. 2, 2019.

Windra Priatna Humang dan A. Zulfadly, "Analisis Keterpaduan Moda Transportasi Angkutan Penyeberangan Dengan Jalan Raya di Pelabuhan Bajoe Kab. Bone," PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, vol. 1, no. 1, pp. 27-38, 2016.

I Gusti Putu Suparsa, "Optimasi Kinerja Pelabuhan Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk," Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, vol. 13, no. 1, 2009.

M. Halwi Dahlan, "Pelabuhan Penyeberangan Merak (1957-2004)," Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya, vol. 2, no. 1, pp. 141-156, 2010.

Kementerian Perhubungan, KM Perhubungan Nomor 53 tahun 2002 Tentang Tatanan Kepelabuhan Nasional, Jakarta: Kementerian Perhubungan, 2002.

Dwi Herianto, Idharmahadi Adha dan Ni Nyoman Yuliyanti Wijaya, "Studi Evaluasi Perparkiran di Dermaga I Sampai V Akibat Penambahan Dermaga VI di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan," Rekayasa: Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik Universitas Lampung, vol. 20, no. 1, 2016.

Muhammad Fakhruriza Pradana, Dwi Esti Intari dan Sketsa Gusnawan, "Evaluasi Kinerja dan Pelayanan Gerbang Tol Existing Pelabuhan Bakauheni Beserta Pengaruh Jalan Tol Trans Sumatera Terhadap Gerbang Tol Existing Bakauheni," Jurnal Fondasi, vol. 7, no. 1, pp. 32-41, 2018.

"Library Universitas Indonesia (OPAC)," 2013. [Online]. Available: http://www.lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-04/S-PDF-I%20Nyoman%20Adriansyah.

Badan Pusat Statistik . Banten, Statistik Daerah Propinsi Banten, Badan Pusat Statistik Provinsi Banten, 2017.

Laporan Tahunan Syahbandaran dan Otoritas Kelas I Banten, Banten, 2017.

Keputusan Menteri Perhubungan No.901 Tahun 2016 tentang Rencana Induk Pelabuhan Nasional, Jakarta: Kementerian Perhubungan, 2016.

Ariyo Kurniawan, Sugito Sugito dan Yuciana Wilandari, "Analisis Antrian Angkutan Penyeberangan Pelabuhan Merak," Jurnal Gaussian, vol. 4, no. 3, pp. 431-440, 2015.

Oki Endrata Wijaya, "Optimasi Tingkat Pelayanan Dermaga Pada Pelabuhan Bakauheni Provinsi Lampung," 2016. [Online]. Available: http://digilib.unila.ac.id/24232/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf.

"Kebijakan Pelayanan dan Pengangkutan," in Prosiding Round Table Disccusions Badan Litbang Perhubungan, Jakarta.

Danny Faturachman, Muswar Muslim dan Agung Sudrajad, "Analisis Keselamatan Transportasi Penyeberangan Laut dan Antisipasi Terhadap Kecelakaan Kapal di Merak-bakauheni," FLy Wheel Jurnal Teknik Mesin Untirta, vol. 1, no. 1, pp. 14-21, 2015.

Singgih Santoso, Menggunakan SPSS untuk Statistik Parametrik, Jakarta: PT. Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2005.

Prof. Dr. Sugiyono, Statistik untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabet, 2017.

Faisal Rachman, Irwan Tri Yunianto, S.T., M.T dan Arum Wuryaningrum, S.T., M.T, "Analisis Pemanfaatan Armada Kapal Penyeberangan Akibat Penetapan Batasan Operasi : Studi Kasus Lintas Merak-Bakauheni," 20 November 2016. [Online]. Available: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71887.

Listantari, "Evaluasi Pelayanan Angkutan Lanjutan di Pelabuhan Penyeberangan Merak," Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda, vol. 14, no. 2, pp. 83-94, 2016.

Dirjen Perhubungan Darat, Pola Operasi dan Waktu Pelayanan Kapal, Kantor Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Merak, Jakarta: Kementerian Perhubungan, 2017.

Sunaryo dan Idham H. Nugraha, Analisis Penambahan Dermaga Baru Dalam Upaya Mengurai Kepadatan Kendaraan di Pelabuhan Merak, Depok: Universitas Indonesia, 2012.

Copyright (c) 2020 Warta Penelitian Perhubungan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Jurnal Warta Penelitian Perhubungan have been indexed on: