Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia Berdasarkan Data KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dari Tahun 2007-2016

Abadi Dwi Saputra

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 520 times

Abstract

Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda. Pada penelitian ini akan dibahas masalah kecelakaan lalu lintas jalan yang diinvestigasi oleh KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) selama kurun waktu 2007-2016. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisa karakteristik kecelakaan lalu lintas jalan yang diinvestigasi oleh KNKT. Penelitian ini adalah penelitian retrospektif data sekunder dari laporan kecelakaan lalu lintas jalan yang dihimpun oleh KNKT  dan hasilnya dianalisa secara deskriptif. Gambaran komposisi karakteristik kecelakaan dari pengolahan data diketahui berdasarkan jenis kecelakaan lalu lintas jalan, tabrakan merupakan jenis kecelakaan yang paling banyak sebesar 65,6%. Wilayah yang paling sering terjadi kecelakaan adalah pulau Jawa sebesar 70,35 % dengan persentase terbesar terjadi di propinsi Jawa Barat dengan kejadian sebanyak 22 kasus, dari aspek waktu paling sering terjadi kecelakaan lalu lintas jalan adalah pada pukul 12:00-19:00 (44%). Hasil analisa juga menunjukkan bahwa tingkat kecelakaan (rate of accident) tertinggi terjadi pada tahun 2007, sedangkan yang terendah terjadi pada tahun 2010.

Full Text:

PDF

References

. WHO, “World Health day: Road safety is no accident”, 2004.

. ________, “Undang-Undang No.22 Tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan”, 2009.

. ________, “Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1993, Tentang Prasarana Jalan Raya dan Lalu Lintas”, 1993.

. ________, “Peraturan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi, NOMOR:SK/KETUA/011/ VIII/KNKT/2007 tanggal 20 Agustus 2007, Tentang Petunjuk Pelaksanaan Investigasi Dan Penelitian Kecelakaan Transportasi Jalan”, Tidak Dipublikasikan, 2007. [5]. ________, “Peraturan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi NOMOR:PK/KETUA/001/ II/KNKT/2013, Tentang Standar Operasional Prosedur Investigasi Kecelakaan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Komite Nasional Keselamatan Transportasi”, 2013, Tidak Dipublikasikan.

. L.J Pignataro, “Traffic Engineering Theory and Practice”, Prentice-Hall Inc, Englewood Cliffs, New Jersey, 1973.

. KNKT, “Data Kecelakaan Lalu Lintas tahun 2007 – 2016”, Komite Nasional keselamatan Transportasi, Indonesia, 2016, Tidak Dipublikasikan.

. ________, “Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 1993”, Tentang Kendaraan dan Pengemudi, 1993.

. BPS, “Panjang Jalan Menurut Jenis Permukaan 1957-2015 (km)”, 2016. Available: www.bps.go.id/ linkTableDinamis/view/id/820.

Copyright (c) 2018 Warta Penelitian Perhubungan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.