Kajian Karakteristik Arus Mudik Lebaran Menggunakan Survei Online

Autor(s): fadjar lestari
DOI: 10.25104/jptd.v21i1.1165

Abstract

Permasalahan transportasi meningkat pada saat hari libur dan cuti nasional terutama saat lebaran, dimana lebih 50% penduduk kota-kota besar melakukan mudik (pulang kampung) yaitu dari wilayah urban menuju wilayah sub urban atau pedesaan. Jabodetabek merupakan salah satu wilayah aglomerasi yang menjadi asal pemudik terbanyak, biasanya pemudik memilih perjalanan menggunakan transportasi yang sesuai dengan anggaran biaya (bugdet) yang dimiliki oleh mereka. Pola perjalanan ini penting diketahui agar dapat merencanakan penyediaan sarana dan prasarana yang harus dipersiapkan, terutama pada saat puncak arus mudik lebaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik arus mudik Lebaran ditinjau dari beberapa parameter seperti tanggal, lokasi tujuan mudik, rute perjalanan, moda yang digunakan, dan trip chaining. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, karena penelitian ini menitik beratkan pada masalah karakteristik arus perjalanan pemudik, adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei online yaitu aplikasi survey monkey. Aplikasi tersebut digunakan untuk mempermudah penyebaran kuesioner dan mendapatkan responden yang menggunakan internet dengan menghitung jumlah sampel yang di dapatkan yaitu sebanyak 1057 Responden.  Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara online survei yaitu menggunakan Aplikasi berupa Survey Monkey yang disebar dengan melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Line,dan Whatsapp, hasil penelitian ini adalah puncak arus mudik terjadi pada hari 3 (tiga) hari sebelum Lebaran , moda yang banyak digunakan adalah mobil pribadi dengan tujuan Jawa tengah dengan rute yang dilalui yaitu jalur utara, untuk perpindahan moda pemudik lebih menyukai menggunakan taksi online dari rumah menuju simpul transportasi dan lebih menyukai menggunakan mobil dari simpul transportasi ke tempat tujuan.

Keywords

pemudik; angkutan lebaran; online survei.

Full Text:

PDF

References

Andriansyah. 2015. Manajemen Transportasi dalam Kajian dan Teori. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Judiantono, T. 2015. Evaluasi Pelayanan Angkutan Pedesaan (Studi Kasus Pasar Simpang- Terminal Winayasa Kabupaten Purwakarta. Online. http://media.neliti.com. Diakses 23 April 2019.

Maemunah, Siti. 2018. Studi Potensi Pemudik Angkutan Lebaran Tahun 2018. Jakarta: Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian.

Miro, Fidel. 2012. Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga

Munawar, Ahmad. 2011. Dasar-dasar Transportasi. Yogyakarta: Beta Offset.

Pemerintah Republik Indonesia. 2007. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Jakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta.

Raharjo, Adisasmita. 2011. Manajemen Transportasi Darat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syafi’i. 2010. Pendekataan Perencanaan Transportasi Perkotaan. Bahan kuliah Perencanaan Transportasi. Online. http://e-journal.uajy.ac.id. Diakses 15 April 2019.

Warpani, S. 1990. Merencanakan Sistem Perangkutan. Bandung: Penerbit ITB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.