EVALUASI PELAYANAN KERETA API EKONOMI AC JARAK JAUH (STUDI KASUS KERETA API EKONOMI AC GAJAH WONG) THE EVALUATION OF RAIL TRANSPORTATION CLASS ECONOMY AC FOR LONG DISTANCE (CASE STUDY OF GAJAH WONG ECONOMY AC TRAIN)

Autor(s): Erna Suharti
DOI: 10.25104/jptd.v15i4.1199

Abstract

Transportasi kereta api sebagai angkutan massal sudah saatnya dibenahi dan dikembangkan untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan. Salah satu pembenahan transportasi kereta api yang saat ini dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah mengoperasikan kereta api (KA) ekonomi-AC untuk rute kereta api jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan kereta api ekonomi AC jarak jauh dan juga harapan penumpang untuk peningkatan pelayanan di masa depan. Penelitian dilakukan di KA ekonomi AC Gajah Wong dengan survei wawancara on board. Hasil analisis variabel aspek pelayanan, KA ekonomi AC Gajah Wong sudah memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang namun belum memberikan kepuasan secara efektif. Hal ini terbukti dengan tingkat kepuasan dari indikator sarana dan sistem informasi adalah sebesar 75,018%, dari indikator operasional sebesar 72.773%, dan indikator SDM/Petugas adalah sebesar 74,728%, serta tingkat kepuasan total konsumen adalah sebesar 74,380% yang berada pada range Cause For Concern (71 % < X ≤ 77%).

Keywords

kereta api AC ekonomi, pelayanan

Full Text:

PDF

References

Hidayat, Anang. 2007. Strategi Sigma Six Peta Pengembangan Kualitas dan Kinerja Bisnis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Philip, Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta:Indeks.

Republik Indonesia. 2007. UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007. Nomor 4722. Jakarta:Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. 2011. PM Nomor 9 Tahun 2011 tentang Standar Pelayanan Minimum untuk Angkutan Orang dengan Kereta Api. Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Supranto, J. 2000. Teknik Sampling untuk Survei & Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta.

A. Valarie, Zeithaml. Parasuraman, A. & Berry, Leonard L. 1991. Delivering Quality Service Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.