ANALISIS PELUANG PENGGUNA JASA BERSEDIA MENGGUNAKAN JASA PELAYANAN PENGIRIMAN BARANG DOMESTIK (Studi Kasus: Service YES PT. JNE Ex. Jakarta-Jawa Timur) CHANCE ANALYSIS FOR THE SERVICES USER FOR DOMESTIC DELIVERY (STUDY CASE OF YES SERVICE PT. JNE EX. JAKARTA-EAST JAVA)

Autor(s): Maria Magdalena Piolenta Parhusip
DOI: 10.25104/jptd.v15i4.1203

Abstract

PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) sebagai perusahaan pengiriman barang menawarkan  beberapa service layanan, namun seiring permasalahan kemacetan di jalan menyebabkan biaya operasional yang semakin meningkat. Hal ini menyebabkan perusahaan tersebut mengambil langkah menaikkan biaya pengiriman barang, namun harus terlebih dahulu mengetahui batas tarif yang masih dimaklumi oleh pengguna sesuai dengan kualitas pelayanannya, yang tepat sesuai dengan kebutuhan calon pengguna. Penelitian  ini dilakukan dengan wawancara langsung kepada PT. JNE dan hasil kuesioner  kepada  pihak pengguna jasa, kemudian diolah dengan teknik state preference dan permodelan ordered probit sehingga diketahui besaran probabilitas kesediaan calon pengguna jasa di PT. JNE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna jasa bersedia menggunakan jasa pengiriman barang apabila jasa layanan yang harus ada di PT. JNE pada service YES adalah jaminan akan uang kembali, jaminan akan barang yang rusak, packaging barang  dan tarif pengiriman barang. Besaran prosentase bersedia menggunakan jasa pengiriman barang jika fasilitas pelayanan ini tidak disediakan adalah sekitar 1,3% . Prosentase tersebut akan  naik menjadi 84,45% jika keberadaan jasa pengiriman barang menyediakan kebijakan dengan menaikkan layanan dalam hal jaminan akan uang kembali, jaminan akan barang yang rusak, packaging barang  dan tarif pengiriman barang.

Keywords

jasa pengiriman barang, kualitas layanan, state preference, dan ordered probit

Full Text:

PDF

References

Ali, Hasan. 2008. Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.

Glisti. 2012. “Kajian Analisis Pengaruh Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan PT. JNE“. Program Sarjana Ekonomi. Jakarta: Binus University.

Green, W.H. 1998. Limdep Ver.7.0 User’s Manual Revised Edition. New South Wales: Econometric Software Inc.

Hermawan, Nugroho. 2008. “Analisis Peralihan Moda dari Pengguna Sepeda Motor ke Angkutan Umum, Studi Kasus Penerapan Bus Patas di Yogyakarta”. Program Pasca Sarjana. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Journal of Services Marketing, Vol. 24, No. 1, pp. 74- 78.

Jurnal FMAS Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol.1 No. 1 Oktober 2007.

Journal : Kun Hai, Ming Fang (2011), Statistic Exploring the Casual Relationships between Service Quality, Brand image, Customer Satisfaction and Customer Loyalty on the leisure Resort Industry. Jurnal the 2nd International research Syimposium in Service Management.

Kotler P., Keller K.L. 2006. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan edisi ke-12. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Media.

Kotler P., Keller K.L. 2012. Marketing Management. Global edition. England: Pearson.

Lestari. 2005. “Kajian Tarif pada Bus Angkutan Umum Bus Layanan Ekonomi dan Non Ekonomi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) rute Yogyakarta-Jakarta“. Program Pasca Sarjana. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Lupiyoadi, Rambat, A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, M.N. 2004. Manajemen Jasa Terpadu: Total Service Management. Bogor: Ghalia Indonesia Lovelock & Wright.

Prasetyo, P. Eko. 2009. Fundamental Makro Ekonomi. Yogyakarta: Beta Offset.

Rangkuti Freddy. 2006. Analisis SWOT : Tehnik Membedakan Kamus Bisnis-Riorientasi Konsep Perencanaan Strategi Untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wiwin, Hartono. 2009. “Hubungan Antara Customer Intimacy Dengan Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman Paket Pada PT. Pos Indonesia”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.