ANALISIS KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN PADA ANGKUTAN MASSAL TRANSJAKARTA SUSTAINABLE ENVIRONMENT ANALYSIS FOR PUBLIC TRANSPORT TRANSJAKARTA

Main Article Content

Abdullah Faqih Ulumidin
Setyo S. Moersidik
Wendy Aritenang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keberlanjutan lingkungan pada angkutan massal Transjakarta. Keberlanjutan lingkungan pada angkutan massal Transjakarta meliputi keberlanjutan lingkungan yang berupa penggunan bahan bakar yang ramah lingkungan. Keberlanjutan ekonomi berupa pembiayaan yang mendukung operasional angkutan massal. Keberlanjutan sosial yang berupa kepuasan pengguna jasa dalam menggunakan jasa angkutan umum. Konsep Transjakarta sebagai angkutan massal yang murah dan ramah lingkungan memang sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat perkotaan. Transportasi massal adalah salah satu solusi untuk mengurangi tingkat kemacetan dan berpotensi menurunkan emisi gas rumah kaca dan polusi udara. Penelitian ini menggunakan teori pembangunan berkelanjutan yang salah satunya transportasi berkelanjutan  sebagai acuan dasar dalam menyusun konsep angkutan massal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Multi Dimensional Scalling (MDS) untuk menilai indeks keberlanjutan lingkungan pada Transjakarta. Penelitian ini juga menganalisis penurunan emisi CO2 dengan metode shifting dari kendaraan pribadi ke Transjakarta.  Berdasarkan hasil analisis dengan Metode Multi dimensional Scalling melalui software RapTrans bahwa nilai indeks keberlanjutan lingkungan pada Transjakarta  sebesar 51,72  sehingga berada pada kondisi cukup berkelanjutan. Nilai indeks tersebut didasarkan pada tiga dimensi yaitu dimensi lingkungan, dimensi sosial, dan dimensi ekonomi. Dimensi lingkungan melalui keberlanjutan bahan bakar gas sebesar 47,12, dimensi sosial melalui pelayanan jasa penumpang sebesar 49,38 dan dimensi ekonomi melalui pembiayaan angkutan umum sebesar 57,20. Berdasarkan analisis perhitungan metode shifting pada penurunan emisi gas rumah kaca dengan menggunakan Transjakarta diperkirakan dapat menurunkan tingkat emisi CO2 sebesar  0,185513 juta  ton pada tahun 2012.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amin, N. 2009. Reducing Emission from Private Cars : Incentive measures for behavioural change. United Nations Environment Programme.

Badan Layanan Umum Transjakarta. 2012. Buku Profil Transjakarta 2012. Jakarta: Badan Layanan Umum Transjakarta.

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. 2011. Jakarta dalam angka 2011. Jakarta: BPS DKI Jakarta

Brundtland Commission. 2005. Sustainable Urban Transport in Asia. Cina: CAI-Asia (11).

Dalkman, H. 2012. Working Toward Safer Roads and Mobility. Embarq. Washington DC.

Deng, N. Nelson, J.D. 2010. The impact of bus rappid transit on land development: case study of Beijing China. World Academy of Science, Engineering and Technology.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta. 2011. Perhubungan Dalam Angka 2011. Jakarta

Diltlantas Polda Metro Jaya. 2012. Jam Macet Jakarta Makin Panjang .Vivanews.Com, 25 Januari 2012, 08.48 WIB.

Direktorat Bina Sistem Transportasi Perkotaan Kementerian Perhubungan. 2012. Hasil Perhitungan Potensi Aksi Mitigasi (Tindak Lanjut RAN-GRK Bidang Transportasi Darat). Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM. 2012. Statistik Gas Bumi. Jakarta: Kementerian ESDM.

Gakenheimer, R. Zegras, C. 2003. Travel demand drivers : Mumbai and Chennai, India. World Bussines Council for Sustainable Development, Geneva. Switzerland.

Kavanagh, P. 2001. Rapid Appraisal of Fisheries (Rapfish) Project. Rapfish Software Description (for Microsoft Exel). Vancouver: University of British Columbia, Fisheries Centre.

Kinggudu, T.A. 2009. Financing Public Transport in Kuala Lumpur, Malaysia : Challenge and Prospect. Department of Architecture, Faculty of Technology, Makerere University.

Litman, T. Burwell, D. 2003. Issues in Sustainable Transportation. http//www.vtpi.org.

Mardiaman, Sitorus, S.R.P. Wonny, A.R. Abidin, I.S. 2009. Suatu Kerangka Pemikiran Busway Sebagai Moda Alternatif Transportasi Berkelanjutan di Jakarta. Simposium XII FSTPT, 14. Nov 2009. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Miller. 2006. Enviromental Science. Eleven Edition.

Mukono HJ. 2003. Pencemaran Udara dan Pengaruhnya Terhadap Gangguan Pernapasan. Surabaya: Airlangga University Press.

Nasrulloh, M. 2010. Sistem Bus Rapid Transit di Jakarta : Integrasi Perkotaan dan Dampak Lingkungan. Tesis. Program Magister Manajemen Infrastruktur. Jakarta: Teknik Sipil Universitas Indonesia.

Numbery F. 2011. Transportasi dan Perubahan Iklim. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Siregar, S. 2010. Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Tamin, O.Z. 2005. Beberapa Alternatif Pemecahan Masalah Transportasi Perkotaan di Kota-kota Besar Indonesia. Jakarta.

The World Bank.1996. Sustainable Transport: Priorities for Policy Reform. Washington DC.

Technical Need Assesment. 2009. Indonesia Technologi Needs Assesment On Climate Change on Mitigation Action.

Wasike, W.S.K. 2001. Road Infrastructure Policies in Kenya : Historical Trends and Current Challenges. Kipra Working Paper 1 (1-97).