KESIAPAN PENGOPERASIAN STASIUN MANGKANG DI SEMARANG SEBAGAI STASIUN PENUMPANG DAN FASILITAS INTEGRASI THE OPERATIONAL READINESS OF MANGKANG STATION IN SEMARANG AS PASSENGER STATION AND INTEGRATION FACILITY

Main Article Content

Ellenlies Ellenlies

Abstract

Minimnya dana untuk pembangunan infrastruktur transportasi khususnya di kereta api, membutuhkan langkah cermat dalam perencanaan perkeretapian ke depan. Penelitian ini mencoba melihat kesiapan Stasiun Mangkang bila digunakan sebagai stasiun penumpang sekaligus bila diintegrasikan dengan Terminal Bus Mangkang. Penelitian dilakukan di Kota Semarang. Pengambilan jumlah sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling dan pengambilan data dengan survei wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan 85% bersedia menggunakan Stasiun Mangkang bila menjadi stasiun penumpang, 87% menyatakan waktu perjalanan akan menjadi lebih cepat, 81% menyatakan biaya perjalanan akan berkurang. Selain itu juga digunakan analisis SWOT untuk melihat pilihan kebijakan yang direkomendasikan. Strategi SO antara lain dengan memanfaatkan infrastruktur, fasilitas yang ada, juga sumber daya manusia untuk bisa mempertahankan dukungan pemerintah daerah. Strategi WO antara lain dengan melakukan penelitian seksama mengenai hak milik tanah baik di Stasiun Mangkang dan Terminal Mangkang dengan didukung pemerintah daerah. Strategi ST antara lain dengan merencanakan dan menjalankan manajemen dan rekayasa lalu lintas yang layak diterapkan. Strategi WT antara lain dengan melakukan pendekatan persuasif ke masyarakat terkait penataan lahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

______. 2013. Analisis SWOT. (http://daps.bps.go.id/ file_artikel/66/Analisis%20SWOT.pdf, diakses tanggal 22 Agustus 2013).

Banjir Sempet Rendam Stasiun Tawang Semarang. 2013. (http://www.tribunnews.com/regional/ 2013/06/17/banjir-sempat-rendam-stasiun-tawang-semarang, diakses 23 Agustus 2013).

Kementerian Keuangan. 2013. Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara Tahun 2013Memperkuat Perekonomian Domestik Bagi Peningkatan Dan Perluasan Kesejahteraan Rakyat. Jakarta: Biro Komunikasi dan Layanan Informasi.

Kementerian Perhubungan. 2013. Studi Pembangunan Jalur Ganda Layang (Elevated Double Track) Semarang. Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Pemerintah Daerah Kota Semarang, 2011. Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Semarang Tahun 2011-2031. Lembaran Daerah Kota Semarang Tahun 2011 Nomor 14. Semarang: Sekretariat Daerah.

Sputnic. 2013. Guidelines in Market Organization. (http://www.sputnicproject.eu/docs/Sputnic-ptintegration.pdf, diakses tanggal 23 Agustus 2013).

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Penerbit Alfabeta. 389 hlm.

Supriyanto, 2005. Stasiun Kereta Api Mangkang di Semarang Penekanan Desain Hign Tech Architecture. Semarang: Universitas Diponegoro.

Terminal Terboyo Banjir, Sejumlah Bus Enggan Masuk. 2013. (http://www.suaramerdeka.com /v1/index.php/read/news/2013/06/03/159409/Terminal-Terboyo-Banjir-Sejumlah-Bus-Enggan-Masuk, diakses 23 Agustus 2013).

Republik Indonesia. 2009. Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009, Nomor 96. Jakarta: Sekretariat Negara.