KESIAPAN PENGOPERASIAN STASIUN MANGKANG DI SEMARANG SEBAGAI STASIUN PENUMPANG DAN FASILITAS INTEGRASI THE OPERATIONAL READINESS OF MANGKANG STATION IN SEMARANG AS PASSENGER STATION AND INTEGRATION FACILITY
Main Article Content
Abstract
Minimnya dana untuk pembangunan infrastruktur transportasi khususnya di kereta api, membutuhkan langkah cermat dalam perencanaan perkeretapian ke depan. Penelitian ini mencoba melihat kesiapan Stasiun Mangkang bila digunakan sebagai stasiun penumpang sekaligus bila diintegrasikan dengan Terminal Bus Mangkang. Penelitian dilakukan di Kota Semarang. Pengambilan jumlah sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling dan pengambilan data dengan survei wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan 85% bersedia menggunakan Stasiun Mangkang bila menjadi stasiun penumpang, 87% menyatakan waktu perjalanan akan menjadi lebih cepat, 81% menyatakan biaya perjalanan akan berkurang. Selain itu juga digunakan analisis SWOT untuk melihat pilihan kebijakan yang direkomendasikan. Strategi SO antara lain dengan memanfaatkan infrastruktur, fasilitas yang ada, juga sumber daya manusia untuk bisa mempertahankan dukungan pemerintah daerah. Strategi WO antara lain dengan melakukan penelitian seksama mengenai hak milik tanah baik di Stasiun Mangkang dan Terminal Mangkang dengan didukung pemerintah daerah. Strategi ST antara lain dengan merencanakan dan menjalankan manajemen dan rekayasa lalu lintas yang layak diterapkan. Strategi WT antara lain dengan melakukan pendekatan persuasif ke masyarakat terkait penataan lahan.
Downloads
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
Â
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Â
Jurnal Penelitian Transportasi Darat oleh Sekretariat Jurnal Penelitian Transportasi Darat Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://balitbanghub.dephub.go.id/ojs/index.php/jurnaldarat/index.
References
______. 2013. Analisis SWOT. (http://daps.bps.go.id/ file_artikel/66/Analisis%20SWOT.pdf, diakses tanggal 22 Agustus 2013).
Banjir Sempet Rendam Stasiun Tawang Semarang. 2013. (http://www.tribunnews.com/regional/ 2013/06/17/banjir-sempat-rendam-stasiun-tawang-semarang, diakses 23 Agustus 2013).
Kementerian Keuangan. 2013. Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara Tahun 2013Memperkuat Perekonomian Domestik Bagi Peningkatan Dan Perluasan Kesejahteraan Rakyat. Jakarta: Biro Komunikasi dan Layanan Informasi.
Kementerian Perhubungan. 2013. Studi Pembangunan Jalur Ganda Layang (Elevated Double Track) Semarang. Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian.
Pemerintah Daerah Kota Semarang, 2011. Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Semarang Tahun 2011-2031. Lembaran Daerah Kota Semarang Tahun 2011 Nomor 14. Semarang: Sekretariat Daerah.
Sputnic. 2013. Guidelines in Market Organization. (http://www.sputnicproject.eu/docs/Sputnic-ptintegration.pdf, diakses tanggal 23 Agustus 2013).
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Penerbit Alfabeta. 389 hlm.
Supriyanto, 2005. Stasiun Kereta Api Mangkang di Semarang Penekanan Desain Hign Tech Architecture. Semarang: Universitas Diponegoro.
Terminal Terboyo Banjir, Sejumlah Bus Enggan Masuk. 2013. (http://www.suaramerdeka.com /v1/index.php/read/news/2013/06/03/159409/Terminal-Terboyo-Banjir-Sejumlah-Bus-Enggan-Masuk, diakses 23 Agustus 2013).
Republik Indonesia. 2009. Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009, Nomor 96. Jakarta: Sekretariat Negara.