KEMAMPUAN DAYA BELI MASYARAKAT TERHADAP HARGA TIKET KERETA REL LISTRIK (KRL) JABODETABEK THE ABILITY TO PAY TRAIN TICKETS JABODETABEK
Main Article Content
Abstract
Penelitian dilakukan sehubungan dengan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) pada Bulan Juli 2013 akan menghapus operasi kereta rel listrik (KRL) kelas ekonomi Jabodetabek dan akan diganti dengan KRL AC Commuter Line. Penelitian dilakukan pada lintas Bekasi-Jakarta Kota dan Bogor-Jakarta Kota. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan dan kesanggupan penumpang KRL ekonomi Jabodetabek membayar harga tiket KRL Commuter Line Jabodetabek. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP). Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan daya beli penumpang KRL ekonomi terhadap harga tiket KRL Commuter Line Jabodetabek (ATP) adalah Rp. 3.196,- (Rp. 3.500,-) dan WTP Rp. 3.374,- (Rp. 3.500,-). Penumpang KRL ekonomi Jabodetabek berharap apabila operasi KRL ekonomi dihapus dan diganti dengan KRL Commuter Line maka harga tiket yang berlaku sebesar Rp. 3.500,-, dan selisih dari tarif yang ditetapkan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dilakukan subsidi oleh pemerintah dengan dana PSO, sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.
Downloads
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
Â
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Â
Jurnal Penelitian Transportasi Darat oleh Sekretariat Jurnal Penelitian Transportasi Darat Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://balitbanghub.dephub.go.id/ojs/index.php/jurnaldarat/index.
References
Abas, Salim. 2008. Manajemen Transportasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Anomim. 1997. Perencanaan Sistem Transportasi.
Edward, K. Morlok. 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.
Isgianto, Awal. 2009. Teknik Pengambilan Sempel Pada Penelitian Non Eksperimen.
Pujianto, B. 2000. Bahan Kuliah Sistem Angkutan Umum dan Barang. PPs, MTS. Jakarta: Fakultas Indonesia.
Santoso, Singgih. 2002. Panduan Lengkap Menguasai Statistik Dengan SPSS 17.
Siregar, Mutharudin. 1990. Beberapa Masalah Ekonomi dan Managemen Pengangkutan. Jakarta: Fakulatas Ekonomi Universitas Indonesia.
Soemarsono. 2002. Badan Kuliah Sistem Angkutan Umum dan Barang, PPs MTS Konsentrasi Transportasi. Semarang: Undip
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suwardjoko, Warpani P. 2002. Merencanakan Sistem Pengangkutan. ITB Bandung.
Tamin, Ofyar Z at al. 2009. Kajian Tarif Angkutan Kota Trayek 011 di Kota Tasikmalaya. Tesis Magister. Institut Teknologi Bandung.
Tamin. Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Institut Teknologi Bandung.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.
Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Kereta Api.
PPNN/Ka Bappenas tahun 1999 No.KM 19 Tahun 1999, No. 83/KMK.03/1999 dan No. Kep. 024/K/03/1999 tentang Pembiayaan atas Pelayanan Umum Angkutan Kereta Api Penumpang Kelas Ekonomi.