HASIL UJI COBA DARI PENGEMBANGAN SISTEM PENGUJIAN RIDE INDEX FASILTAS UJI DINAMIKA KERETA API (FUDIKA) TEST DRIVE RESULT OF RIDE INDEX DEVELOPMENT SYSTEM AT DYNAMIC TEST FACILITY

Main Article Content

Mustari Lamma

Abstract

Seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat akan jasa transportasi kereta api, BPP Teknologi telah merancang dan mengembangkan sistem instrumentasi untuk pengujian dinamis kereta api yang diberi nama Fudika (Fasilitas Uji Dinamika Kereta api), salah satu  kelengkapan dari uji dinamis kereta api tersebut adalah uji ride indeks yang hasilnya berkaitan langsung dengan tingkat kenyamanan penumpang diatas kereta. Pada awalnya pengujian ride  indeks untuk melakukan uji pertama dan uji berkala dilakukan secara parsial dan tidak real time, disamping itu teknologi yang digunakan  masih sangat sederhana. Dengan semakin banyaknya jumlah kereta yang akan diuji, baik uji pertama maupun uji berkala dan sesuai amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkertaapian, perlu dipikirkan cara pengujian yang lebih efisien dan efektif. Solusi dari persoalan sistem instrumentasi untuk pengujian ride indeks yang telah diuraikan diatas pada awalnya dilakukan secara parsial dan tidak real time selanjutnya dikembangkan menjadi sistem pengujian terpadu  yang dapat menguji ride indeks 10 kereta dalam satu rangkaian pada waktu yang bersamaan secara real time. Hasil dari pengembangan pengujian secara parsial menjadi sistem pengujian terpadu telah diuji coba pada beberapa jenis kereta/gerbong pada lintasan Madiun-Walikukun dengan hasil cukup memuaskan dalam arti sistem instrumentasi Fudika tersebut bekerja dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Antariksa, Gregorius. G. 2012. Spesifikasi Pengkondisian Sinyal untuk Pengembangan Sistem Instrumentasi FUDIKA. Technical Note. Jakarta: BPPT.

Johnson, Curtis, D. 1982. Process Control Instrumentation Technologie. United States of America: John & Wiley & Sons Inc.

Kamar, Syamsul. 2012. Menuju Akreditasi FUDIKA. Paper Ilmiah disampaikan pada Semiloka, PTIST. TIRBR. Jakarta: BPPT.

Kamar, Syamsul. 2012. Uji Ride Indeks Sarana Kereta Api. Majalah Ilmiah Pengkajian Industri. Volume 6 Nomor 2, Agustus 2012. Jakarta: BPPT.

Luthfiah, Hilda. 2012. Spesifikasi Accelerometer untuk Pengembangan Sistem Instrumetasi FUDIKA. Technical Note. Jakarta: BPPT.

PTIST. 2012. Rekomendasi Hasil Uji Kehandalan Gerbong Kereta Api. Laporan Akhir (Program Document). Jakarta: BPPT.

S.T. Allworth & R.N. Zobel. 1989. Introduction to Real-time Software Design. Second Edition. Hongkong Macmillan Education Ltd.

Subiyanto, M. 1980. Dinamika Kendaraan Rel. Bagian II. Cetakan ke 3. Bandung: CV. Komala.

W.D, Cooper. 1978. Electronic Instrumentation and Measurement Technique. United States of America: Prentice/Hall. Second Edition.

W.D, Coover & A.D, Helfrick. 1989. Electronic Instrumentation and Measurement Techniques. New Delhi. India: Prentice-Hall of India.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.