HASIL UJI COBA DARI PENGEMBANGAN SISTEM PENGUJIAN RIDE INDEX FASILTAS UJI DINAMIKA KERETA API (FUDIKA) TEST DRIVE RESULT OF RIDE INDEX DEVELOPMENT SYSTEM AT DYNAMIC TEST FACILITY
Main Article Content
Abstract
Seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat akan jasa transportasi kereta api, BPP Teknologi telah merancang dan mengembangkan sistem instrumentasi untuk pengujian dinamis kereta api yang diberi nama Fudika (Fasilitas Uji Dinamika Kereta api), salah satu kelengkapan dari uji dinamis kereta api tersebut adalah uji ride indeks yang hasilnya berkaitan langsung dengan tingkat kenyamanan penumpang diatas kereta. Pada awalnya pengujian ride indeks untuk melakukan uji pertama dan uji berkala dilakukan secara parsial dan tidak real time, disamping itu teknologi yang digunakan masih sangat sederhana. Dengan semakin banyaknya jumlah kereta yang akan diuji, baik uji pertama maupun uji berkala dan sesuai amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkertaapian, perlu dipikirkan cara pengujian yang lebih efisien dan efektif. Solusi dari persoalan sistem instrumentasi untuk pengujian ride indeks yang telah diuraikan diatas pada awalnya dilakukan secara parsial dan tidak real time selanjutnya dikembangkan menjadi sistem pengujian terpadu yang dapat menguji ride indeks 10 kereta dalam satu rangkaian pada waktu yang bersamaan secara real time. Hasil dari pengembangan pengujian secara parsial menjadi sistem pengujian terpadu telah diuji coba pada beberapa jenis kereta/gerbong pada lintasan Madiun-Walikukun dengan hasil cukup memuaskan dalam arti sistem instrumentasi Fudika tersebut bekerja dengan baik.
Downloads
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
Â
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Â
Jurnal Penelitian Transportasi Darat oleh Sekretariat Jurnal Penelitian Transportasi Darat Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://balitbanghub.dephub.go.id/ojs/index.php/jurnaldarat/index.
References
Antariksa, Gregorius. G. 2012. Spesifikasi Pengkondisian Sinyal untuk Pengembangan Sistem Instrumentasi FUDIKA. Technical Note. Jakarta: BPPT.
Johnson, Curtis, D. 1982. Process Control Instrumentation Technologie. United States of America: John & Wiley & Sons Inc.
Kamar, Syamsul. 2012. Menuju Akreditasi FUDIKA. Paper Ilmiah disampaikan pada Semiloka, PTIST. TIRBR. Jakarta: BPPT.
Kamar, Syamsul. 2012. Uji Ride Indeks Sarana Kereta Api. Majalah Ilmiah Pengkajian Industri. Volume 6 Nomor 2, Agustus 2012. Jakarta: BPPT.
Luthfiah, Hilda. 2012. Spesifikasi Accelerometer untuk Pengembangan Sistem Instrumetasi FUDIKA. Technical Note. Jakarta: BPPT.
PTIST. 2012. Rekomendasi Hasil Uji Kehandalan Gerbong Kereta Api. Laporan Akhir (Program Document). Jakarta: BPPT.
S.T. Allworth & R.N. Zobel. 1989. Introduction to Real-time Software Design. Second Edition. Hongkong Macmillan Education Ltd.
Subiyanto, M. 1980. Dinamika Kendaraan Rel. Bagian II. Cetakan ke 3. Bandung: CV. Komala.
W.D, Cooper. 1978. Electronic Instrumentation and Measurement Technique. United States of America: Prentice/Hall. Second Edition.
W.D, Coover & A.D, Helfrick. 1989. Electronic Instrumentation and Measurement Techniques. New Delhi. India: Prentice-Hall of India.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.