ANALISIS PENINGKATAN WAKTU PERJALANAN DAN PEMILIHAN MODA PADA PENERAPAN KEBIJAKAN ERP (ELECTRONIC ROAD PRICING) DI JAKARTA

Main Article Content

A. Faroby Falatehan
Yusman Syaukat
Rizal Bahtiar

Abstract

Pemerintah DKI berusaha untuk membatasi masyarakat dalam menggunakan kendaraan pribadi di Kota Jakarta, salah satu caranya adalah dengan penerapan ERP. Tetapi penerapan kebijakan ini harus didukung oleh kebijakan lainnya, seperti ketersediaan moda transportasi umum, sehingga penerapan kebijakan ini akan dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di Jakarta dapat dikurangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berapa peningkatan waktu tempuh akibat kemacetan di Jalan Sudirman dan pilihan moda transportasi masyarakat saat ERP diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah contigent choice model (CCM). Akibat kemacetan di Jalan Sudirman terjadi peningkatan waktu tempuh rata-rata adalah 72 menit, dan jika ERP di terapkan moda transportasi yang akan dipilih oleh masyarakat adalah busway sebesar 70,64 persen dan kereta api sebesar 13,76 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik 2010. Produksi Kendaraan Bermotor untuk Kuartal II. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Falatehan. F. A, Sri Mulyono, dan Adrianus Siswanto. 2010. Pemilihan Kebijakan Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas di Kota Bogor dengan Pendekatan Analitical Hirarchy Process (AHP). Warta Penelitian Perhubungan. Volume 22, Nomor 2/2010.

Goh, M. 2002. Congestion Management and Electronic Road Pricing in Singapore. Journal of Transportation Geography.

Hanley, N., Susana Mourato., Robert E Wright. 2001. Choice Modeling Approaches: A Superior Alternative For Environmental Valuation. Journal of Economic Surveys Vol.15 No.3

//metro.news.viva.co.id/news/read/207364-dki--tarif-erp-ditetapkan-rp-6-000-21-000

Http://Www.Jakarta.Go.Id/Web/News/2011/05/Mengurai-Kemacetan-Lalu-Lintas-di-Provinsi-DKI-Jakarta

Mavsar, R. 2007. Preference Methods or Direct Valuation Methods. European Forest Institute Mediterranean Regional Office (EFIMED) //www.efimed. efi.int.

Pradeep K G dan Kara M. Kockelman. 2008 Credit-based congestion pricing: A Dallas-Fort Worth application.Transport Policy 15 (2008) 23-32

Söderberg, Magnus. 2008. A Choice Modelling Analysis on The Similarity Between Distribution Utilities' And Industrial Customers' Price and Quality Preferences. Energy Economics 30 (2008).

Wardhana, W. A. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andi Offset.

Zuraida, S. 2013. Contingent Valuation dan Choice Modelling dalam Menilai Preferensi Penggunaan Energi Bangunan. Jurnal Arsitektur Universitas Bandar Lampung, Desember 2013.