Dampak Kebijakan Pembatasan Kegiatan Akibat Covid-19 Terhadap Kecepatan Perjalanan di Wilayah Sarbagita Dengan Menggunakan Google Maps Distance Matrix API
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
The Impact of the Covid -19 Activity Restriction Policy on Speed in Sarbagita Area Using Google Maps Distance Matrix API: The Sarbagita area has variations in dealing with Covid-19 with saveral policies from limiting community activities to implementing the concept of a new normal where international tourism and education mobility excluded. This policy certainly has an impact on the activities of travelers. Data collection was performed using the Google Maps Distance Matrix API to obtain travel speed data for 24 hours from 22 June to 8 September 2020. Descriptive quantitative analysis was deployed to explain speed variations through tables and graphs. Based on data analysis, it was found that at the beginning of the policy the average travel speed in the Sabagita area was higher than the travel speed after the restriction policy ended with decrease 0.4%-2.4%. In addition, there is fluctuation in peak hours based on travel speed data at the beginning of the implementation of the travel restriction policy and there is a equalibrium of activity travel patterns in which origin and destination due to the activities of the traveler has stabilized after the policy allows domestic tourists to go to Bali Island. These results are very important as material for evaluating policies that have been implemented regarding Covid-19 and transportation management in order to gain optimal results.
Keywords: Covid-19; travel speed; google maps distance matrix API.
ABSTRAK
Daerah Sarbagita memiliki variasi dalam menghadapi Covid-19 dengan beberapa kebijakan dari pembatasan kegiatan masyarakat sampai dengan penerapan konsep tatanan kehidupan baru di wilayah bali dimana sektor pariwisata dan pendidikan masih belum berjalan. Kebijakan ini tentunya berdampak pada aktivitas pelaku perjalanan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Google Maps Distance Matrix API untuk mendapatkan data kecepatan perjalanan selama 24 jam dari tanggal 22 Juni-8 September 2020. Analisa kuantitatif deskriptif digunakan untuk memperoleh hasil kecepatan melalui tabel dan grafik. Dari hasil analisa data diperoleh bahwa pada awal kebijakan kecepatan perjalanan rata rata di wilayah Sabagita lebih tinggi dari pada kecepatan perjalanan setelah kebijakan pembatasan berakhir dimana kecepatan menurun sebesar 0.4%-2.4%. Selain itu, terjadi fluktuasi terhadap jam sibuk berdasarkan data kecepatan perjalanan pada awal penerapan kebijakan pembatasan perjalanan dan terjadinya keseimbangan pola perjalanan dimana asal dan tujuan akibat aktivitas pelaku perjalanan kembali stabil setelah kebijakan diizinkannya wisatawan domestik menuju Pulau Bali. Hasil ini sangat penting sebagai bahan evaluasi terhadap kebijakan yang telah diterpakan terkait Covid-19 dan manajemen transportasi untuk memperoleh hasil yang optimal.
Kata Kunci: Covid-19; kecepatan perjalanan; google maps distance matrix API
Downloads
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
Â
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Â
Jurnal Penelitian Transportasi Darat oleh Sekretariat Jurnal Penelitian Transportasi Darat Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://balitbanghub.dephub.go.id/ojs/index.php/jurnaldarat/index.
References
Badan Pusat Statistik. 2015. Indonesia - Survei Komuter Mebidang dan Sarbagita 2015.https://microdata.bps.go.id /mikrodata/index.php/catalog/699/overview. Diakses 10 Juli 2020.
Carrington, D. 2020. UK road travel falls to 1955 levels as Covid-19 lockdown takes hold. The Guardian (3 April 2020). https://www.theguardian.com/uk-news/2020/apr/03/ukroad- travel-falls-to-1955-levels-as-covid-19-lockdown-takes-hold-coronavirus-traffic, Accessed date: 13 juli 2020.
Dinesh Mohan , Rahul Goel , Geetam Tiwari . 2017. Evaluation of Odd–Even Day Traffic Restriction Experiments in Delhi, India. Article in Transportation Research Record Journal of the Transportation Research Board • January 2017 DOI: 10.3141/2627-02, at: https://www.researchgate.net/publication/319853313.
Dumbliauskas V, Grigonis V, Barauskas A. (2017) Application of Google-based Data for Travel Time Analysis: Kaunas City Case StudyPromet–Traffic&Transportation, Vol. 29, No. 6, 613-62
Fahui Wang & Yanqing Xu. 2011. Estimating O–D travel time matrix by Google Maps API: implementation, advantages, and implications, Annals of GIS, 17:4, 199-209, DOI: 10.1080/ 19475683.2011 .625977.
Google .2020. COVID-19 Community Mobility Report.https://www.gstatic.com/ covid19 /mobility/2020-09-11_ID_ Mobility_ Report_en.pdf. Diakses 10 Juli 2020.
Hananto P. 2020. Tutorial Pelatihan Geospatial Dan Big Data Untuk Evaluasi Kinerja Transportasi Dan Konektivitas.
Mercurio, R. 2008. Improving operation, marketing and customer service with Google maps. Malaya business insight [online].Available from: http:// www.malaya.com.ph/ june08/info1.html [accessed 7 October 2011].
Monowar Mahmood,.Mohammad Abul Bashar, Salma Akhter. 2009. Traffic Management System and Travel Demand Management (TDM) Strategies: Suggestions for Urban Cities in Bangladesh. Asian Journal of Management and Humanity Sciences, Vol. 4, No. 2-3, pp. 161-178, 2009 at: https://www.researchgate.net/publication/228649547.
Pemerintah Kota Denpasar. 2020. Pedoman Pembatasan Kegiatan Masyarakat. https://covid19.denpasarkota.go.id/uploads/download/download_201305060529_pedomanteknistentangpembatasankegiatanmasyarakatpkm.pdf. Diakses 13 agustus 2020.
Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan. 2016. Metropolitan Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan. http:// perkotaan.bpiw.pu.go.id/n/metropolitan/6. Diakses 10 Juli 2020.
Ruimin Li A, & Min Guo B . 2016. Effects of oddeeven traffic restriction on travel speed and traffic volume: Evidence from Beijing Olympic Games, journal of traffic and transportation engineering (englishedition) 2016;3(1):71e81.
Schwartz, B. 2010. How does Google’s predictive traffic maps work? [online]. Available from: http://www .seroundtable. com/archives/ 023155. html [accessed 7 October 2011].
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supartika, 2020. Pembatasan Jam Operasional di kota Denpasar. https:/ /bali.tribunnews.com/2020/07/09/pembatasan-jam-operasional-di-kota-denpasar-rencananya-dilonggarkan-menjadi-pukul-2300-wita. Diakses 15 Juni 2020.
Tamin, O.Z. 2003. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Bandung: Institut Teknologi.
Taylor, B. 2005. The world is your JavaScript-enabled oyster. The official Google blog [online]. Available from: http:// googleblog. blogspot.com /2005/06/ world-is-your-javascript enabled _29.html [accessed 7 October 2011].
Transportation Reserch Board (TRB). 2000. Highway Capacity Manual, National Research Council,