Dampak Ekonomi Pengoperasian Transjakarta Ditinjau dari Persepsi Pengguna

Autor(s): Ni Luh Wayan Rita Kurniati
DOI: 10.25104/jptd.v22i2.1669

Abstract

ABSTRACT

Economic Impacts of Transjakarta Operation Judging from User Perception: The Provincial Government of DKI Jakarta has used a service purchase scheme for public transport operators known as Buy The Service. In this study, an analysis of the Transjakarta passenger perception index will be carried out in terms of the economic impact of the Transjakarta operation using cross tabulation analysis and community satisfaction index. The perception of 461 Transjakarta users shows that the value of Transjakarta services is 85.69 with very good criteria which indicates that Transjakarta users feel happy seen from the economic impact with the lowest average repair value, the lowest average value, the value, the lowest average score, the lowest, 3.8 integration between transportation, and the range of Transjakarta service areas.    

Keywords: Transjakarta; Buy The Service; Perception Index.

ABSTRAK

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menggunakan skema pembelian pelayanan kepada pihak operator angkutan umum yang di kenal dengan istilah Buy The Service. Pada penelitian ini, dilakukan analisis terhadap indeks persepsi penumpang Transjakarta ditinjau dari dampak ekonomi dari pengoperasian Transjakarta menggunakan analisis tabulasi silang dan indeks kepuasan masyarakat. Persepsi dari 461 pengguna Transjakarta menunjukkan bahwa nilai pelayanan Transjakarta sebesar 85,69 dengan kriteria sangat baik yang mengindikasikan bahwa pengguna Transjakarta merasa bahagia dilihat dari dampak ekonomi dengan nilai rata-rata tertinggi  sebesar 3,85, Nilai terendah dan harus mendapat perhatian fokus perbaikan, yaitu integrasi antar angkutan, dan jangkauan wilayah pelayanan Transjakarta.

Kata Kunci: Transjakarta; Buy The Service; Indek Persepsi

Keywords

Transjakarta; Buy The Service; Indek Persepsi

Full Text:

PDF

References

Christoper Lovelock, 2005, Manajemen Pemasaran Jasa, Hal. 51 Kelompok Gramedia, Indeks

Dagun. Save M. (2006:126). Busway, Terobosan Penanganan Transportasi Jakarta. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan

Kotler, Philip, 2002 Principle of Marketing Hal.464, New Jersey ; Prentice Hall,

Nirwana, 2006,Service Marketing Strategy, Cetakan pertama, Malang; Dioma

R. Soekardomo, 1981, Hukum Dagang Indonesia, Jakarta, CV Rajawali.S. Santoso and F. Tjiptono, Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2001.

Abdul, Muhammad, Kadir, 2009 Hukum Pengangkutan Darat, Laut, Udara, Jakarta, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Rakhmanita UG Jurnal Vol.10 No.03 Tahun 2016, Analisa Perencanaan Transportasi Umum Tranjakarta Ditinjau Dari Segi Efektifitas Waktu Tempuh dan Kapasitas Shelter Koridor I Blok M -Kota.

Sutami Silondae Dkk , Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan Volume 1, Nomor 1, 2016 E-ISSN : 2502-5171, Keterkaitan Jalur Transportasi Dan Interaksi Ekonomi Kabupaten Konawe Utara Dengan Kabupaten/Kota Sekitarnya.

S. Santoso and F. Tjiptono,2001 dalam Jurnal Sains Dan Seni Its Vol. 6, No. 2 (2017) ISSN: 2337-3520

Kepmen PAN No. 25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

https://www.scribd.com/doc/141053499/Analisis-Crosstab diakses tanggal 20 Desember 2019

https://rumus.co.id/rumus-slovin/ diakses tanggal 20 Desember 2019

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/10/065200015/kategori-kendaraan-yang-boleh-melintas-di-jalur-transjakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.