Analisis Tingkat Kerawanan Kecelakaan Lalu Lintas di Ruas Jalan Arteri Kota Palembang
Main Article Content
Abstract
Kejadian kecelakaan lalu lintas sering terjadi di kota-kota besar, salah satunya di Kota Palembang. Kecelakaan lalu lintas terjadi secara tidak terduga yang melibatkan kendaraan atau pengguna jalan. Hal ini akan menyebabkan korban mengalami luka-luka dan kerugian harta benda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Kota Palembang, mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas dan mengetahui faktor penyebab kecelakaan lalu lintas serta mengetahui jumlah korban kecelakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengharkatan berjenjang tertimbang untuk menentukan tingkat kerawanan kecelakaan. Peneliti juga melakukan wawancara mendalam untuk mengetahui faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Kota Palembang. Hasil penelitian ini berupa peta tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan di Kota Palembang. Faktor geometrik jalan merupakan faktor yang sangat memengaruhi tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas. Ruas jalan dengan tingkat kerawanan yang tinggi memiliki jumlah korban kecelakaan lalu lintas yang tinggi dan ruas jalan dengan tingkat kerawanan rendah memiliki jumlah korban jiwa yang kecil. Jumlah korban kecelakaan lalu lintas di Kota Palembang pada tahun 2020 sebesar 763 jiwa.
Downloads
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
Â
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Â
Jurnal Penelitian Transportasi Darat oleh Sekretariat Jurnal Penelitian Transportasi Darat Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://balitbanghub.dephub.go.id/ojs/index.php/jurnaldarat/index.
References
A. Zanuardi and H. Suprayitno, “Analisa Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Ahmad Yani Surabaya melalui Pendekatan Knowledge Discovery in Database,” J. Manejemen Aset Infrastruktur Fasilitas, vol. 2, no. 1, Mar. 2018, doi: 10.12962/j26151847.v2i1.3767.
Lina Adi Wijayanti and Zuharnen, “Pemanfaatan Citra Quickbird Dan Sistem Informasi Geografis Untuk Identifikasi Daerah Rawan Kecelakaan,” Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2014.
R. Suwandra, “Analisis Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Palembang Tahun 2008-2009,” J. Ilmu Kesehat., vol. 14, no. 01, pp. 93–112, 2010.
Andriyan and Bylardo, “Audit Keselamatan Jalan Pada Zona Rawan Kecelakaan Dalam Penentuan Prioritas Penanganan Di Kota Palembang,” Universitas Sriwijaya, Palembang, 2020.
Supratman Agus, “Variabel Untuk Prediksi Fatalitas Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan Karakteristik Demografi Wilayah dan Infrastruktur Jalan di Indonesia,” J. Transp., vol. 16, no. 3, pp. 203–212, 2016.
Akbar Nandatama and Noorhadi Rahardjo, “Analisis Perubahan Kerawanan Kecelakaan Lalu Lintas Secara Spasio-Temporal di Kota Surakarta,” Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2020.
M. Syahriza, “KECELAKAAN LALULINTAS : PERLUKAH MENDAPATKAN PERHATIAN KHUSUS?,” AVERROUS J. Kedokt. dan Kesehat. Malikussaleh, vol. 5, no. 2, p. 89, Dec. 2019, doi: 10.29103/averrous.v5i2.2083.
Purwa Admajaya, “Road Safety Audit Dalam Aspek Manajemen Dan Keselamatan Lalu Lintas Pada Jalan Raya Lintas Sumatera Selatan Di Rute Palembang- Indralaya Km 27-32,” Universitas Sriwijaya, Palembang, 2019.
Maya Ansarida Simamora, “Analisis Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol Belmera,” Universitas Sumatera Utara, Medan, 2011.
Marsaid, M. Hidayat, and Ahsan, “Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian KecelakaanLalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Motor Di Wilayah Polres Kabupaten Malang,” J. Ilmu Keperawatan Univ. Brawijaya, vol. 1, no. 2, pp. 98–112, 2013.
E. S. Mulyani and M. A. N. Simatupang, “Pemodelan Spasial Tingkat Kerawanan Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Depok,” in Komputer Dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2012), 2012, pp. 576–581.
Kementerian Pekerjaan Umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI),” Jakarta, 1997.
Hobbs, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Gadjah Mada Press, 1979.
A. Primananda and Suharyadi, “Pemodelan Spasial Tingkat Kerawanan Kecelakaan Lalu Lintas Di Surabaya Pusat Dengan Memanfaatan Foto Udara,” Universitas Gadjah Mada, 2005.
I. Abubakar, Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Yang Tertib. Jakarta, 2000.