Efek Tabrakan Pada Kendaraan Bus Sebagai Dasar Pengembangan Sistem Peringatan Dini Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas

Autor(s): Muhammad Nanang Prayudyanto, Roy Waluyo, Budi Hartono
DOI: 10.25104/jptd.v24i1.2095

Abstract

masalah keselamatan transportasi merupakan persoalan besar bangsa, hingga diterbitkan Dekade Aksi Keselamatan Jalan pada tahun 2008 oleh Wakil Presiden, karena tingginya tingkat kecelakaan di jalan. Data statistik berdasarkan laporan Kepolisian Republik Indonesia, pada tahun 2010 jumlah kematian akibat kecelakaan telah mencapai 31.234 jiwa, yang artinya dalam setiap 1 jam terdapat sekitar 3-4 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Kajian efek crash kecelakaan terhadap moda transportasi kendaraan berat merupakan warning bagi pengguna lalu-lintas. Bus diambil sebagai moda pilihan karena berisi penumpang banyak, daya pacu tanjakan yang rendah, dan sering mengalami kendala dalam melewati tikungan pada alinyemen horizontal. Data diambil dari 2 (dua) tikungan tajam di Jawa Barat yaitu tanjakan Emen di Subang dan tikungan Tapal Kuda di Cianjur. Efek Crash dikaji terhadap crash depan-depan dan crash samping. Efek crash dianalisis dengan perangkat lunak ANSYS 2021 R1 Academic, dengan memvariasikan kecepatan bus. Desain bodi bus dimodelkan dengan menggunakan perangkat lunak Solidworks. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan karakteristik mendasar seperti tegangan, deformasi dan energy summary pada bodi bus saat terjadi tabrakan pada kecepatan yang berbeda. Hasil kajian analisis bahwa tumbukan depan-depan lebih berbahaya sehingga peringatan dini terhadap tumbukan jenis ini perlu segera ditangani. Kata Kunci: keselamatan, tumbukan, peringatan dini, bus

Full Text:

PDF

References

Badrujaman, A. (2016). Perencanaan Geometri Jalan dan Anggaran Biaya Ruas JAlan Cempaka-Wanaraja Kecamatan Kota Garut. Jurnal Konstruksi, 14(1), 25-34.

Dhana, R., & Ariatedja, J. (2020). Analisis Kekuatan Body Terhadap Impact Pada Mobil Flood Rescue Vehicle Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Teknik ITS, 9(2), E311-316.

Dionisius, F., Istiyanto, J., Suliono, & Rohmat, Y. N. (2017). Pengembangan Pengujain Crashworthiness dengan Simulasi Numerik Menggunakan Model Impact Transferability. JTT (Jurnal Teknologi Terapan), 3(1), 12-17.

Hakim, B., Andias, & Sjafrizal, T. (2020). Optimasi Struktur Bionic-spider Web Pada Thin-walled Menggunakan Metode Taguchi Untuk Meningkatkan Crashworthiness., 7.

Indrawan, A. (2017). Simulasi Desain Velg pada Pengujian Dynamic Cornering Fatique Berdasarkan SAE J 328 dengan Metode Static Strucrtural Analysis. PhD Thesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

M, P., & Suyatno. (2011). Kinerja dan Rancangan Simpang Bersinyal Tol Krapyak Dengan Simpang Bersinyal Pasar Jrakah Semarang. (Doctoral Dissertation, Fakultas Teknkik UNDIP).

Pambudi, P. (2018). Penerapan Sistem Dinamik dalam Sistem Transportasi Cerdas Untuk Mengurangi Kemacetan, Polusi dan Meningkatkan Keselamatan Berlalu Lintas (Study Kasus Dinas Pehubungan Kota Surabaya). (Doctoral Dissertatation, Institut Teknologi Sepuluh November).

Prayudyanto, M. (2021). Sustainability Index Assessment Of Urban Transport Services In Developing Cities. ASTONJADRO, 10(1), 150-161.

Pujiastutie, E. (2006). Pengaruh Geometrik Jalan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol (Studi Kasus Tol Semarang dan Tol Cikampek). (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Samsudin, I. (2019). Analisa Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Ruas Jalan Ir. H. Alala Kota Kendari Ditinjau dari Prasarana dan Geometrik Jalan. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 21(1), 59-66.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.