Kinerja Lalu Lintas dan Geometri Jalan Terhadap Keselamatan pada Simpang Bersinyal

Autor(s): Eka Mariati, Wisnu Hariadi, Wildi Kusumasari
DOI: 10.25104/jptd.v24i1.2102

Abstract

Permasalahan transportasi yang menyangkut keselamatan pengguna jalan adalah permasalahan kecelakaan lalu lintas. Kejadian kecelakaan lalu lintas pada bulan Januari 2022 di Simpang Rapak merupakan salah satu kejadian kecelakaan yang menimbulkan banyak kerugian materi maupun nyawa. Kondisi geometri jalan pada salah satu lengan Simpang Rapak merupakan pertemuan antaran turunan atau tanjakan dengan simpang bersinyal yang dilengkapi bundaran sehingga menyebabkan isu jarak pandang dan masalah operasional kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi geometri dan kinerja Simpang Rapak. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis geometri, analisis jarak pengereman, dan analisis simpang bersinyal. Indikator yang diukur meliputi panjang ruas jalan, panjang antrian, jarak pengereman, dan jarak pandang henti. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum nilai kombinasi antara panjang antrian dan jarak pengereman kendaraan berat(564 meter) apabila dibandingkan dengan panjang ruas jalan yang diteliti (511 meter) tidaklah memenuhi syarat aman. Kata Kunci: Geometri Jalan, Kecelakaan Lalu Lintas, Simpang Bersinyal

Keywords

Geometri Jalan, Kecelakaan Lalu Lintas, Simpang Bersinyal

Full Text:

PDF

References

AASHTO, 2001. A Policy on Geometric Design of Highways and Streets. In American Association of State Highway and Transportation Officials.

www.transportation.org

AASHTO, 2010. The Highway Safety Manual,American Association of State HighwayTransportation Professionals, Washington, D.C.

Chen, B., Yuan, W., Fu, R., & Guo, Y. S. (2009).Analysis of Traffic Accident Characteristic onContinuous Long Downgrade Section. Journal ofTraffic and Transportation Engineering, 9(4)

Delaigue P, Eskandarian A. A comprehensive vehiclebraking model for predictions of stopping distances. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part D: Journal of Automobile Engineering. 2004;218(12):1409-1417. doi:10.1243/0954407042707641

Departemen Pekerjaan Umum (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), DirektoratJendral Bina Marga, Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum dan PerumahanRakyat. (2021). Pedoman Desain GeometrikJalan. Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Kementerian Perhubungan (2022). Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Simpang Rapak. Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah

XVII Provinsi Kalimantan Timur danKalimantan Utara, Balikpapan.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (2022). Laporan Investigasi Kecelakaan Lalu Lintas danAngkutan Jalan “Kecelakaan Tabrakan Beruntun Truk Tronton KT 8534 AJ di Simpang Rapak, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur 21 Januari 2022”. Jakarta

M.Ahmed, H. Huang, M. Abdel-Aty, 2011. Exploring a bayesian hierarchical approach for developing safety performance functions for a mountainous freeway. Accident Analysis & Prevention, 43 (4)

(2011), pp. 1581-1589

Mitra, S., Chin, H. C., & Quddus, M. A. (2002). Study of Intersection Accidents by Maneuver Type. Transportation Research Record, 1784(01), 43–50.

Moomen, M., Rezapour, M., & Ksaibati, K. (2019).An investigation of influential factors ofdowngrade truck crashes: A logistic regression

approach. Journal of Traffic and TransportationEngineering (English Edition), 6(2), 185–195.https://doi.org/10.1016/j.jtte.2018.03.005.

Preethi, P., Varghese, A., & Ashalatha, R. (2016).

Modelling Delay at Signalized Intersectionsunder Heterogeneous Traffic Conditions.Transportation Research Procedia, 17(December 2014),529–538.https://doi.org/10.1016/j.trpro.2016.11.107

Satmiko, Haryo (2017). Investigasi KecelakaanTransportasi. PT. Rajagrafindo Persada : Depok.

Shesterov, E., & Mikhailov, A. (2017). Accident Ratesat Signalized Intersections. TransportationResearch Procedia, 20(September 2016), 613–617. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2017.01.099

The Department of Transport and Main RoadsQueensland Government. (2006). Intersectionsat Grade Chapter 13. In Road Planning and Design Manual (Issue 13)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.