Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Manggarai Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum

Main Article Content

Mohammad Sugiarto
Suryo Hapsoro Tri Utomo
Imam Muthohar

Abstract

Stasiun Manggarai masuk ke dalam daftar stasiun tersibuk di wilayah Jabodetabek. Data dari PT KCI tahun 2021 menyebutkan rata-rata penumpang KRL Commuterline masa pandemi COVID-19 sebanyak 8.338 orang/hari, sedangkan rata-rata jumlah penumpang sebelum masa pandemi 22.495 orang/hari. Stasiun Manggarai juga merupakan stasiun sentral dengan 538 perjalanan atau 54% dari total perjalanan KRL Commuterline transit di stasiun Manggarai. Berdasarkan fenomena tersebut layanan penumpang kereta commuter menjadi lebih diprioritaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja stasiun Manggarai dalam memberikan pelayanan penumpang KRL Commuterline yang harus dipenuhi oleh operator, dari sudut pandang pengguna layanan dikaitkan dengan standar pelayanan minimum yang ditetapkan Kementerian Perhubungan yaitu PM 63 Tahun 2019. Metode yang digunakan yaitu Importance-Performance Analysis (IPA) serta melakukan uji reliabilitas dan uji validitas. Hasil penelitian diperoleh dari 47 atribut penilaian. Pada diagram Kartesius metode IPA, dua atribut yang memiliki tingkat kinerja masih rendah berada pada kuadran I dengan prioritas utama dan tujuh belas atribut memiliki kinerja kurang baik berada pada kuadran III dengan prioritas rendah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap layanan transportasi massal prima.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Wahyu Desga, Feni Mardila Putri, and Novindah Yulanda, “Pemodelan Bangkitan Perjalanan Di Nagari Siguntur, Nagari Barung-Barung Belantai Dan Nagari Nanggalo Kecamatan Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan,” J. Transp. Multimoda, vol. 14, no. 2, pp. 77–82, 2017.

F. Miro, “Pengantar Sistem Transportasi,” Pengantar Sistem Transportasi. 2012.

L. Li and B. P. Y. Loo, “Towards people-centered integrated transport: A case study of Shanghai Hongqiao Comprehensive Transport Hub,” Cities, vol. 58, pp. 50–58, Oct. 2016, doi: 10.1016/j.cities.2016.05.003.

H. H. Ketut Biomantara, “Peran Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai Infrastruktur Transportasi Wilayah Perkotaan,” J. Hum. Bina Sarana Inform. Cakrawala, vol. 19, no. 1, 2019, doi: https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.4356.

PT. Kereta Api Indonesia (Persero), “Akan Jadi Pusat Kawasan TOD, Pengembangan Stasiun Sentral Manggarai untuk Peningkatan Layanan,” 2022. https://www.kai.id/information/full_news/5370-akan-jadi-pusat-kawasan-tod-pengembangan-stasiun-sentral-manggarai-untuk-peningkatan-layanan (accessed Jul. 25, 2022).

P. A. Atmakusuma and D. Parikesit, “Analysis of Layout of Yogyakarta Airport Railway Station and Its Integration with Tugu Railway Station,” J. Civ. Eng. Forum, vol. 4, no. 2, 2018, doi: 10.22146/jcef.33999.

F. Fithri, “Perencanaan Intermoda Kawasan Stasiun Pasar Senen,” Universitas Gadjah Mada, 2018.

E. Riadi, Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS), 1st ed. Yogyakarta: Andi, 2016.

Permadina Kanah Arieska; Novera Herdiani, “Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif,” J. Stat., vol. 6, no. 2, 2018, doi: https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.2.2018.%25p.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. 26. Bandung: Alfabeta, 2017.

B. S. Santoso, M. F. Anwar, and S. Hermawati, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Dan Importance - Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus,” 2015.

W. D. Kurniawan and K. H. Putra, “Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Sidoarjo Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum Dan Ipa (Importance Performance Analysis),” Pros. Semin. Teknol. Perencanaan, Perancangan, Lingkung. dan Infrastruktur, 2021.

R. R. Sari, “Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum (Studi Kasus: Stasiun Tugu Dan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta),” Universitas Gadjah Mada, 2012.

R. E. Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, No Title. 2016.

S. Janti, “Analisis Validitas dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Penerapan Strategic Planning Sistem Informasi Garmen: Studi Kasus PT. Asga Indocare,” in Seminar Nasional Inovasi dan Trend (SNIT) 2015, 2015, pp. 64–69.