Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Manggarai Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum
Main Article Content
Abstract
Stasiun Manggarai masuk ke dalam daftar stasiun tersibuk di wilayah Jabodetabek. Data dari PT KCI tahun 2021 menyebutkan rata-rata penumpang KRL Commuterline masa pandemi COVID-19 sebanyak 8.338 orang/hari, sedangkan rata-rata jumlah penumpang sebelum masa pandemi 22.495 orang/hari. Stasiun Manggarai juga merupakan stasiun sentral dengan 538 perjalanan atau 54% dari total perjalanan KRL Commuterline transit di stasiun Manggarai. Berdasarkan fenomena tersebut layanan penumpang kereta commuter menjadi lebih diprioritaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja stasiun Manggarai dalam memberikan pelayanan penumpang KRL Commuterline yang harus dipenuhi oleh operator, dari sudut pandang pengguna layanan dikaitkan dengan standar pelayanan minimum yang ditetapkan Kementerian Perhubungan yaitu PM 63 Tahun 2019. Metode yang digunakan yaitu Importance-Performance Analysis (IPA) serta melakukan uji reliabilitas dan uji validitas. Hasil penelitian diperoleh dari 47 atribut penilaian. Pada diagram Kartesius metode IPA, dua atribut yang memiliki tingkat kinerja masih rendah berada pada kuadran I dengan prioritas utama dan tujuh belas atribut memiliki kinerja kurang baik berada pada kuadran III dengan prioritas rendah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap layanan transportasi massal prima.
Downloads
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
Â
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Â
Jurnal Penelitian Transportasi Darat oleh Sekretariat Jurnal Penelitian Transportasi Darat Puslitbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://balitbanghub.dephub.go.id/ojs/index.php/jurnaldarat/index.
References
Wahyu Desga, Feni Mardila Putri, and Novindah Yulanda, “Pemodelan Bangkitan Perjalanan Di Nagari Siguntur, Nagari Barung-Barung Belantai Dan Nagari Nanggalo Kecamatan Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan,” J. Transp. Multimoda, vol. 14, no. 2, pp. 77–82, 2017.
F. Miro, “Pengantar Sistem Transportasi,” Pengantar Sistem Transportasi. 2012.
L. Li and B. P. Y. Loo, “Towards people-centered integrated transport: A case study of Shanghai Hongqiao Comprehensive Transport Hub,” Cities, vol. 58, pp. 50–58, Oct. 2016, doi: 10.1016/j.cities.2016.05.003.
H. H. Ketut Biomantara, “Peran Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai Infrastruktur Transportasi Wilayah Perkotaan,” J. Hum. Bina Sarana Inform. Cakrawala, vol. 19, no. 1, 2019, doi: https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.4356.
PT. Kereta Api Indonesia (Persero), “Akan Jadi Pusat Kawasan TOD, Pengembangan Stasiun Sentral Manggarai untuk Peningkatan Layanan,” 2022. https://www.kai.id/information/full_news/5370-akan-jadi-pusat-kawasan-tod-pengembangan-stasiun-sentral-manggarai-untuk-peningkatan-layanan (accessed Jul. 25, 2022).
P. A. Atmakusuma and D. Parikesit, “Analysis of Layout of Yogyakarta Airport Railway Station and Its Integration with Tugu Railway Station,” J. Civ. Eng. Forum, vol. 4, no. 2, 2018, doi: 10.22146/jcef.33999.
F. Fithri, “Perencanaan Intermoda Kawasan Stasiun Pasar Senen,” Universitas Gadjah Mada, 2018.
E. Riadi, Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS), 1st ed. Yogyakarta: Andi, 2016.
Permadina Kanah Arieska; Novera Herdiani, “Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif,” J. Stat., vol. 6, no. 2, 2018, doi: https://doi.org/10.26714/jsunimus.6.2.2018.%25p.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. 26. Bandung: Alfabeta, 2017.
B. S. Santoso, M. F. Anwar, and S. Hermawati, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Dan Importance - Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus,” 2015.
W. D. Kurniawan and K. H. Putra, “Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Sidoarjo Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum Dan Ipa (Importance Performance Analysis),” Pros. Semin. Teknol. Perencanaan, Perancangan, Lingkung. dan Infrastruktur, 2021.
R. R. Sari, “Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum (Studi Kasus: Stasiun Tugu Dan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta),” Universitas Gadjah Mada, 2012.
R. E. Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, No Title. 2016.
S. Janti, “Analisis Validitas dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Penerapan Strategic Planning Sistem Informasi Garmen: Studi Kasus PT. Asga Indocare,” in Seminar Nasional Inovasi dan Trend (SNIT) 2015, 2015, pp. 64–69.