Kinerja Suroboyo Bus dalam mendukung Transportasi Massal di Surabaya

Main Article Content

Anak Agung Sagung Alit Widyastuty
Jhon Kristian
Siti Nuurlaily Rukmana

Abstract

Dinas Perhubungan Kota Surabaya pada Tahun 2018 berinovasi menghadirkan transportasi Suroboyo Bus atau Trans Metro. Suroboyo Bus merupakan transportasi massal yang diharapkan dapat memperbaiki sistem transportasi di kota Surabaya untuk mengurangi kemacetan dan juga mendukung visi kota Surabaya yang berkelanjutan. Salah satu tujuan transportasi massal adalah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang semakin tahun semakin bertambah. Hadirnya Suroboyo Bus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum baik masyarakat lokal maupun pendatang. Kajian ini difokuskan pada rute 3 yang berawal dari halte Unesa dan pemberhentian akhir di halte ITS. Rute 3 merupakan rute terpadat dan terpanjang dari 6 rute yang dilewati oleh Suroboyo Bus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja Suroboyo Bus berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan no. 27 tahun 2015, mengidentifikasi pandangan masyarakat, serta mengetahui arahan rekomendasi kebijakan terhadap transportasi suroboyo bus dalam mendukung transportasi massal di Surabaya. Kinerja digunakan untuk menilai keberhasilan Suroboyo Bus sebagai transportasi massal di kota Surabaya. Metode penelitian Kinerja Suroboyo Bus Dalam Mendukung Transportasi Massal di Surabaya merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan Teknik analisis deskriptif evaluative, analisis (IPA), dan Teknik triangulasi. Metode pengumplan data berupa observasi, kuesioner, dokumentasi, dan instansi. Hasil dari penelitian pada rumusan pertama kinerja Suroboyo Bus dari aspek Kondisi halte belum mencapai kinerja yang baik karena masih terdapat 7 halte yang tidak sesuai dengan standar teknis yang ada. Aspek Kondisi Bus, Penerapan SOP, Kelayakan Kendaraan, Peralatan keselamatan, Fasilitas Kesehatan, Perlengkapan lalu lintas dan angkutan jalan dan Fasilitas penyimpanan dan pemeliharaan mencapai kinerja yang bagus karena sudah sesuai dengan standar teknis. Pandangan Masyarakat terhadap Suroboyo bus masih ada beberapa aspek yang perlu mendapatkan perhatian terutamanya adalah kondisi halte (tempat sampah dan kenyamanan), kapasitas angkut penumpang bus, tabung pemadam kebakaran. Arahan rekomendasi adalah perlu penambahan fasiltias yang tersedia di halte dan juga penambahan kapasitas jumlah angkut bus. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Anak Agung Sagung Alit Widyastuty, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Perencanaan dan Kota

Fakultas Teknik

Jhon Kristian, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Perencanaan Wilayah dan Kota

Fakultas Teknik

Siti Nuurlaily Rukmana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Perencanaan Wilayah dan Kota

Fakultas Teknik

References

A. Sulistyowati and I. Muazansyah, “Optimalisasi Pengelolaan dan Pelayanan Transportasi Umum (studi pada ‘Suroboyo Bus’ di Surabaya),” 2018, doi: https://doi.org/10.30589/proceedings.2018.189.

Peraturan Pemerintah, “Peraturan Pemerintah no. 74 tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.” Pemerintahan Republik Indonesia, Jakarta, 2014.

D. Supriyatno and A. Widayanti, “Kinerja Layanan Bis Kota di Kota Surabaya,” J. Transp., vol. 10, no. 1, 2010, doi: https://doi.org/10.26593/jtrans.v10i1.374.%25p.

M. N. Prayudyanto, “Perbandingan Kinerja Buy the Services Angkutan Umum Massal Kota Metropolitan dengan Metode Biaya Operasional Kendaraan dan Indeks Sustainabilitas,” J. Penelit. Transp. Darat, vol. 23, no. 1, 2021, doi: : http://dx.doi.org/10.25104/jptd.v23i1.1734.

Z. A. Haqie, R. E. Nadiah, and O. P. Ariyani, “Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis di Kota Surabaya,” J. Public Sect. Innov., vol. 5, no. 1, 2020, doi: https://doi.org/10.26740/jpsi.v5n1.p23-30.

S. M. Hafran, I. Syarkawi, Mukhtar Thahir, Syafer, I. Munsyir, and S. Saleh, “Analisis Kinerja Angkutan Umum BMA (Studi Kasus Rute Pinrang – Makassar PP),” Pena Tek. J. Ilm. Ilmu - Ilmu Tek., vol. 4, no. 3, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.51557/pt_jiit.v4i2.590.

R. Juma, “Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Angkutan Umum Bus Rute Mataram - Surabaya,” Universitas Muhammadiyah Mataram, 2019.

A. Rifai and A. A. S. A. Widyastuty, “Komparasi Kinerja Mini Byson dan Bus Mini Hijau Jurusan Surabaya - Krian Berbasis Persepsi Penumpang,” Wahana, vol. 71, no. 1, 2019, doi: https://doi.org/10.36456/wahana.v71i1.1896.

M. Inayati and J. J. Citrawati, “Persepsi dan Preferensi Pengunjung untuk Arahan Penataan Taman Abhirama,” Repos. Univ. PGRI Adi Buana Surabaya, 2018, [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2019&q=Persepsi+dan+Prefensi+Pengunjung+Untuk+Arahan+Penataan+Taman+Abhirama&btnG=.

C. C. C. Sugesthy, “Persepsi dan Preferensi Pengunjung Wisata Religi dan Taman Bungkul kota Surabaya,” Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 2014.

D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasu (Mixed Methods). 2016.

U. U. Dishub Kota Surabaya, “Naik Bus Tanpa Uang, Penumpang Suroboyo Bus Membayar Tiket Dengan Sampah Plastik,” Merdeka.com, 2020. https://www.merdeka.com/jatim/naik-bus-tanpa-uang-penumpang-suroboyo-bus-membayar-tiket-dengan-sampah-plastik.html (accessed Aug. 24, 2022).

C. Zhang and X. Cao, “Exploring rider satisfaction with transit service in Indore, India: an application of the three-factor theory,” Int. J. Transp. Res., vol. 11, no. 8, 2017, doi: https://doi.org/10.1080/19427867.2017.1398484.

E. V. Brovarone, “Design as if bus stops mattered: exploring the potential role of public transport stops in the urban environment,” Urban Desing Int., vol. 26, 2021, doi: https://doi.org/10.1057/s41289-020-00132-8.

Zhang and K. Jingyi, “Bus Stop Urban Design,” University of British Columbia, Canada, 2012.

A. M. Affif, “Pengaruh Desain Fasilitas Halte Terhadap Kepuasan Pengguna Bus Trans Metro Deli,” Space, vol. 8, no. 2, 2021, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Aulia-Affif/publication/356980741_Pengaruh_Desain_Fasilitas_Halte_terhadap_Kepuasan_Pengguna_Bus_Trans_Metro_Deli/links/61b60b194b318a6970d7de8b/Pengaruh-Desain-Fasilitas-Halte-terhadap-Kepuasan-Pengguna-Bus-Trans-Metr.