Analisis Biaya Transaksi Di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Jambi

Autor(s): Septa Riadi, Eva Anggraini, Yudi Wahyudin
DOI: 10.25104/transla.v22i2.1549

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan yang membutuhkan konektivitas antar pulau melalui pelabuhan. Jambi adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki lokasi strategis di muara Selat Malaka, tetapi pelabuhan di provinsi Jambi belum menjadi pilihan utama pelaku bisnis untuk melakukan proses bongkar muat. Dalam berbagai penelitian, biaya merupakan salah satu konstrain pelaku usaha dalam menentukan pelabuhan yang digunakan untuk melakukan bongkar-muat barang. analisis biaya transaksi dirasa perlu dilakukan untuk bisa menentukan besaran biaya yang berlaku di pelabuhan Jambi sehingga dapat dilakukan analisis lanjutan untuk mengefisiensikan biaya di pelabuhan provinsi Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis biaya transaksi. Hasil analisis biaya transaksi ditemukan bahwa biaya transaksi masih merupakan komponen tertinggi dengan rasio 0,78 untuk kapal domestik dan 0,69 untuk kapal asing. Tingginya biaya transasksi ini telah mengakibatkan turunnya kunjungan kapal di pelabuhan Jambi dengan signifikan.

Transaction Cost Analisys In The Container Terminal in Port of Jambi; Indonesia is an archipelago that requires inter-island connectivity through ports. Jambi is one of the provinces in Indonesia which has a strategic location in the estuary of the Malacca Strait, but the port in the province of Jambi has not been the main choice for business people to carry out the loading and unloading process. In various studies, cost was one of the constraints of business actors in determining the port used for loading and unloading goods. transaction cost analysis was deemed necessary to be able to determine the amount of costs that apply at the port of Jambi so that further analysis can be done to make costs efficient at the port of the province of Jambi. The method in this research used transaction cost analysis. Transaction cost analysis results found that transaction costs are still the highest component with a ratio of 0.78 for domestic vessels and 0.69 for foreign vessels. The high cost of this transaction has resulted in a significant decline in ship visits at the port of Jambi.

Keywords

Pelabuhan Jambi, Biaya Transaksi, Kinerja Layanan Pelabuhan, pelabuhan sungai

Full Text:

PDF

References

Abdullah, N., Kuperan, K., & Pomeroy, R. (1998). Transaction costs and fisheries co-management. Marine Resource Economics, 103-114.

Basuki, M., Susanto, R., & Herianto, H. (2015). Analisis Risiko Kegiatan Bongkar Muat sebagai Komponen Dwelling Time di Pelabuhan. Jurnal ITATS, 511–518.

BPS Jambi. (2018). Jambi dalam Angka 2017. Kota Jambi: Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi.

Deliarnoor, N. (2009). Kebijakan Pengelolaan Pelabuhan Khusus di Sungai. Sosiohumaniora, 57-76.

Elim, I., Tinangon, J., & Koyongian, R. (2016). Analisis Biaya Peluang Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Atau Memproduksi Sendiri Bahan Baku Olahan Pada CV Karmelindo. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 431–440.

Fadhiela, K., Rachmina, D., & Winandi, R. (2018). Biaya Transaksi Dan Analisis Keuntungan Petani Pada Sistem Resi Gudang Kopi Arabika Gayo Di Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Agribisnis Indonesia, 49-60.

Google Inc. (2020, 01 21). google maps. Diambil kembali dari google web site: https://www.google.com/maps

IPC II Cabang Jambi. (2019). Kinerja Operasional Pelayanan Jasa Kapal 2018. Jambi: IPC II.

Kadarisman, M. (2017). Kebijakan keselamatan dan keamanan maritim dalam menunjang sistem transportasi laut. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 177-192.

Kennedy, P. (2019). Analisis Tingginya Biaya Logistik Di Indonesia Ditinjau Dari Dwelling Time. Jurnal Economic Resource, 136-145.

Krisnayanti, N., & Sanjaya, I. (2019). Analisis Pengambilan Keputusan Memproduksi Sendiri Atau Membeli Produk Garment Dari Pihak Ketiga Pada CV Madin Pratama. Jurnal Riset Akuntansi, 46-56.

Kurniawan, N., Firdaus, A., Dwi Nugraha, F., Maulidi, A., & Kurnianto, A. (2018). Fishermen's Perspective On Herpetofauna: A Case Study From Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi. Journal of Tropical Life Science, 1-5.

Lambonan, J. (2020). Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Laut Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 Tentang Kelautan. LEX ET SOCIETATIS, 90-98.

Lantu, S., Karamoy, H., & Tirayoh, V. (2016). Analisis Biaya Diferensial Dalam Pengambilan Keputusan Membuat Sendiri Atau Membeli Dari Luar Produk Bakery Pada Hotel Granpuri Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 501-508.

Miyashita, K. (2018). Comparative Empirical Analysis of Total Logistics Power in the Main Countries and Regions, Centred on Asia: From the Japanese Perspective. Asian Journal of Shipping and Logistics, 279–288.

Nuryanto, & Ngajian. (2018). Minimalize Dwelling Time : Dapatkah Menurunkan Biaya Logistik di Pelabuhan? Seminar MASTER PPNS, 147-154.

Riadi, S., Anggraini, E., & Wahyudin, Y. (2018). Literatur Review: Strategi Pengelolaan Pelabuhan Di Indonesia Dengan Pendekatan Transdisiplin Dibandingkan Dengan Pelabuhan Lain Di Dunia. Coastal and Ocean Journal, 69-82.

Ruwantono, I., & Nugroho, S. (2016). Analisis Penyebab Tidak Tercapainya Target Dwelling TIME Menggunakan Metode Fault Tree Analysis, Studi Kasus: Pelabuhan Tanjung Priok (Pelindo II). Industrial Engineering Online Journal, 1-8.

Sallao, R., & Nugroho, P. (2019). Analisis Biaya Diferensial Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Atau Memproduksi Sendiri Pada RM INO. Jurnal Ilmiah Aknuntansi Dan Humanika, 106–113.

Satriyo, G., & Janoko. (2018). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2016 Mewujudkan Kepuasan Pengguna Jasa Pada Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 108-126.

Setiono, B. (2010). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelabuhan. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 39-60.

Sutjipto, H. (2014). Analisis pemberdayaan perekonomian masyarakat di kawasan ekonomi khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung. Jurnal Administrasi Negara, 1-13.

Teteng, A. (2009). Efisiensi kinerja dan biaya pelabuhan terhadap ekspor barang melalui angkatan laut. Jurnal Manajemen Teknologi, 242-254.

Wikarma, K., Suweda, I., & Suparsa, I. (2016). Analisis Kinerja Dan Pengembangan Pelabuhan Laut Di Bali (Studi Kasus: Pelabuhan Celukan Bawang). Jurnal Spektran, 47-58.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.