Konsep Smart Port di Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia

Autor(s): Chyntia Limas, Okti Setyaningsih, okkie Putriani, Ibnu Fauzi
DOI: 10.25104/transla.v23i2.1847

Abstract

Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan pemerataan ekonomi dan pembangunan di Indonesia. Konsep Ibu Kota Negara baru ialah sebagai kota yang smart, green, beautiful, sustainable, dan berwawasan lingkungan. Lokasi Pelabuhan Balikpapan berdekatan dengan Kawasan Ibu Kota Negara akan menjadi infrastruktur pendukung IKN sesuai dengan demand dan konsep IKN. Penelitian ini berfokus pada analisis mengenai potensi smart port yang dapat diterapkan pada Pelabuhan Balikpapan sebagai penopang Ibu Kota Negara dalam aspek perekonomian. Dalam mencapai tujuan tersebut, maka digunakan metode deskriptif untuk menganalisis potensi penerapan smart port di Pelabuhan Balikpapan berdasarkan kondisi eksisting pelabuhan, konsep IKN, serta konsep smart port. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa arus peti kemas di Pelabuhan Balikpapan menurun dari tahun 2014-2019, yaitu dengan rata-rata sebesar 12,25% di Terminal Kariangau. Jumlah penduduk di Kawasan Ibu Kota Negara sebanyak 2,9 juta jiwa juga akan mengalami pertumbuhan penduduk sebesar 0,1%. Peningkatan arus peti kemas diakibatkan pertumbuhan demand di Kawasan IKN dapat ditopang dengan penerapan smart port. Penggunaan teknologi yang belum dilakukan secara maksimal, penggunaan energi dan sistem keamanan keselamatan yang masih konvensional, serta belum adanya manajemen lingkungan memadai meningkatkan urgensi penerapan konsep smart port di Pelabuhan Balikpapan.

Keywords

deskriptif, Ibu Kota Negara, Pelabuhan Balikpapan, smart port

Full Text:

PDF

References

Arianto, D. (2014). Evaluasi Pencapaian Standar Pelayanan di Pelabuhan Balikpapan Evaluation level of service Achievement in Port of Balikpapan. 16(4), 159–170.

Badan Pusat Statistik. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020. Berita Resmi Statistik, 7, 1–22. https://papua.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/336/indeks-pembangunan-manusia-provinsi-papua-tahun-2017.html

Civelek, M. E., Uca, N., & Cemberci, M. (2015). the Mediator Effect of Foreign Direct Investments on the Relation Between Logistics Performance and Economic Growth. Journal of Global Strategic Management, 11(13), 368–375. https://doi.org/10.20460/jgsm.2015915624

Economic and Social Commission for Asia and the Pacific. (2021). Smart Ports Development Policies in Asia and the Pacific.

Ervianto, W. I. (2018). Kajian Tentang Pelabuhan Laut “ Hijau ” Dalam Konteks Pembangunan Berkelanjutan. Seminar Nasional Pakar Ke 1 Tahun 2018, 33–38.

Junianto, S. R. (2018). Gambaran Fasilitas Sanitasi Terminal Penumpang Pelabuhan Semayang Balikpapan. Prodi DIII Kesehatan Lingkungan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Balikpapan. (2018). Fasilitas Pelabuhan Balikpapan. http://dephub.go.id/org/ksopbalikpapan/fasilitas

Karaś, A. (2020). Smart port as a key to the future development of modern ports. TransNav, 14(1), 27–31. https://doi.org/10.12716/1001.14.01.01

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2019). Lampiran KAK Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. (2011). Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. https://www.bappenas.go.id/id/berita-dan-siaran-pers/kegiatan-utama/master-plan-percepatan-dan-perluasan-pembangunan-ekonomi-indonesia-mp3ei-2011-2025/

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, (2019).

Rencana Induk Pelabuhan Nasional, Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 432 Tahun 2017 1 (2017). http://hubdat.dephub.go.id/km/tahun-2018/2669-peraturan-menteri-perhubungan-republik-indonesia-nomor-pm-115-tahun-2018-tentang-pengaturan-lalu-lintas-operasional-mobil-barang-selama-masa-angkutan-natal-tahun-2018-dan-tahun-baru-2019/download

Malisan, J., Sujarwanto, Arief, B., Fadhil, D. N., & Rahardjo, S. (2021). Kajian Pengembangan Pelabuhan dalam Mendukung Ibu Kota Baru Berdasarkan Konsep Smart City, Smart Mobility. 1(1), 10–24.

Molavi, A., Race, B., & Lim, G. (2019). A Framework for Building a Smart Port and Smart Port Index. April. https://doi.org/10.1080/15568318.2019.1610919

Pamungkas, D. A., Nur, H. I., Yunianto, I. T. R. I., Teknik, D., Laut, T., & Kelautan, F. T. (2018). Strategi Pemilihan Jenis Muatan untuk Optimalisasi Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan : Studi Kasus Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

Pradja, S. (2014). Daya Dukung Sektor Perhubungan Laut Untuk Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN : Peluang dan Tantangan. 4, 1004–1014.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Antarmoda. (2021). Sistem Transportasi cerdas di Ibu Kota Negara Pembangunan dan Kebutuhan Penerapannya. https://www.youtube.com/watch?v=vm7d9DCN_is

Ricardianto, P., Nasution, S., Naiborhu, M. A., & Triantoro, W. (2020). Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia dalam Penyelenggaraan Pelabuhan Cerdas (Smart Port) Nasional di Masa Revolusi Industri 4.0. Warta Penelitian Perhubungan, 32(1), 59–68. https://doi.org/10.25104/warlit.v32i1.1524

Sitorus, B., & Sitorus, T. I. H. (2017). Dukungan Transportasi Logistik Dan Daya Saing Indonesia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Transportasi Dan Logistik, 4(2), 137–146. https://doi.org/10.25292/j.mtl.v4i2.70

Susdarwono, E. T. (2020). Analisis Pertimbangan Pemindahan Ibukota NKRI ke Kalimantan Timur berdasarkan Deskripsi Alur Laut Kepulauan Indonesia (Alki). Jurnal Sosial Politik Peradaban, 1(2), 25–35.

The World Bank. (2018). Logistic Performance Index Global Rankings 2018. Dataset. https://lpi.worldbank.org/international/global/2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.