Perbandingan Kinerja pada PT Jakarta International Container Terminal dengan PT New Priok Container Terminal One
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan efektifitas pelabuhan dengan Key Performance Indicator (KPI), perbandingan cepatnya pelayanan pelabuhan, perbandingan dwelling time, perbandingan peralatan, dan perbandingan Turn Round Time dari PT Jakarta International Container Terminal (PT JICT) dan PT New Priok Container Terminal One (PT NPCT1). Metode yang digunakan adalah benchmarking dengan fasilitas, arus masuk kapal, arus peti kemas di Port Klang Malaysia ,dan menggunakan aplikasi minitab untuk menganalisis dengan metode regresi linear. Total rata-rata presentase efektifitas pelabuhan dari data KPI dari tahun 2018 – 2021 untuk PT ICT adalah 23%, sedangkan untuk PT NPCT1 adalah 16%. Rata-rata nilai dwelling time selama 4 tahun terakhir untuk PT JICT adalah 3,24 hari sedangkan untuk PT NPCT1 adalah 3,10 hari. Nilai TRT untuk PT JICT 30,51 menit sedangkan PT NPCT1 37,51 menit. Dari analisis yang dikerjakan PT JICT memiliki nilai rata-rata presentase KPI lebih baik 7%.Perbandingan nilai dwellling time PT NPCT1 lebih unggul 9%, dapat dilihat bahwa pelayanan peti kemas di PT NPCT1 lebih unggul dari PT JICT. Sedangkan untuk perbandingan nilai TRT, PT JICT 18% dapat dilihat bahwa pelayanan kapal di PT JICT lebih unggul dari PT NPCT1.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Penelitian Transportasi Laut by Puslitbang Transportasi Laut, SDP is licensed under a CC BY-NC-SA
Based on a work at https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/jurnallaut/
References
Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran
Laurenzo Kansil and Arif Fadillah, Impact of Traffic and Customer Switching Behavior of Hinterland Region on the Patimban Port Development. Conference on Broad Exposure to Science and Technology, Universitas Tirtayasa Banten 2021 (BEST 2021), pp. 93-99
Arif Fadillah Dan Augustinus Pusaka, Kajian Strategi Penurunan Emisi Gas Buang Dari Kapal Di Pelabuhan Tanjung Priok, Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2014/2015, Universitas Darma Persada 2015.
Kasypi M., Shah. ZM.A Regression Model For Vessel Turnaround Time. Japan, 2006
Maricar, Azman. Analisa Perbandingan Nilai Akurasi Moving Average dan Exponential Smoothing Untuk Sistem Peramalan Pendapatan pada Perusahaan XYZ. Jurnal Sistem Informatika Vol. 13, No. 2, 2019 ISSN: 2460-3732.
Moeheriono, Perencanaan, Aplikasi dan Pengembangan Indikator Kinerja Utama (IKU) Bisnis dan Publik. Jakarta: Rajawali Pers (2012).
Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Laporan Tahunan Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Di Tahun 2020, Jakarta 2020, Tidak dipublikasi.
Peraturan Direktur Jenderal Perhubunga Laut Nomor: HK. 103/2/18/DJPL16 Tentang Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan Pada Pelabuhan Yang Diusahakan Secara Komersial.
Siti Nurminarsih Siti., Rudiansyah Ahmad., Siswanto Nurhadi., Zaini Gani Anang., Dynamic-Inventory Ship Routing Problem (D-ISRP) Model Considering Port Dwelling Time Information. Procedia Manufacturing 2015 Volume 4, pp 344-351
Spendolini, J.M. (1992 )The Benchmarking Book. American Management Association.
Tatterson, J.G. (1996). Benchmarking Basics: Looking for A Better Way. Manlow Park, Ca: Christ Publication.
Triatmodjo, B.. Perencanaan pelabuhan (Cetakan Kesatu). Yogyakarta: Beta Offset (2010)
United Nations Conference On Trade And Development (UNCTAD), Port Manajemen Series 2016, Available: https://unctad.org/system/files/official-document/dtlkdb2017d1_en.pdf. Diakses Tanggal 15 Mei 2022.
Wahyu Purnama, Mirza., (Peramalan Kebutuhan Energi Listrik Jangka Panjang Sektor Rumah Tangga Di Jawa Timur Menggunakan Metode Analysis Time Series : Proyeksi Tren Quadratic Dan Regresi Linear Berbasis Software Minitab V19, 2021.
Lloyds List (2022), Container Data, Available : https://lloydslist.maritimeintelligence.informa.com/ Diakses 05 Mei 2022.
World Bank (2022), Documents Reports. Available :https://thedocs.worldbank.org/ Diakses 20 Mei 2022
Jakarta International Container Port (2022), Available: https://www.jict.co.id/facilities-operations/. Diakses Tanggal 15 Mei 2022
New Port Container Terminal 1 (2022) Available : https://www.npct1.co.id/terminal-information Diakses Tanggal 15 Mei 2022
World Bank (2022) Container Port Traffic in Indonesia. Available https://data.worldbank.org/ . Diakses Tanggal 26 April 2022.
Lloyds List (2022) Top 100 Ports, Available: https://lloydslist.com/-/media/lloyds-list/images/top-100-ports-2021/top-100-ports-2021-digital-edition.pdf. Diakses 20 Mei 2022.
Port Klang (2022), Statistics Performance Port Klang Performance, Available: https://www.pka.gov.my Diakses Tanggal 3 April 2022.
Surat Keputusan dari Dirjen Perhubungan Laut No. UM.002/38/18/DJPL-11 Tahun 2011 Tentang Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan.
Amelia Azwar, Arif Fadillah Dan Shanty Manullang, Desain Pelabuhan Wisata Untuk Menunjang Pariwisata Danau Toba, Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan Zona Laut Vol. 2, No. 3. November 2021, Pp 99 – 106.