Analisis Kelayakan Peluang Bisnis Non Diklat BP3IP Sebagai Satker BLU Dengan Pendekatan Bisnis Model Canvas

Main Article Content

Dian Lieska Ocviany
Buce Akhmad
Agusta Deo Desmon
Yulinda Yusar
Irawaty Muh Akib
Joy Mitrady
Aris Jamaan

Abstract

Sebagai Unit Pelaksana Teknis yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan kepelautan sesuai STCW 1978, BP3IP juga merupakan Satuan Kerja Pemerintah yang telah menerapkan pengelolaan keuangan melalui sistem Badan Layanan Umum dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai Satker Badan Layanan Umum, BP3IP diberikan keleluasaan untuk menerapkan praktek-praktek bisnis yang sehat dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dengan tetap menonjolkan produktivitas, efisiensi, dan efektifitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui peluang bisnis dan penerapan strategi pemasaran pada Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta dengan menggunakan pendekatan business model canvas pada tahun 2022 serta mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam rangkaian sebuah kegiatan bisnis melalui analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berhubungan dengan pengumpulan data untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan status obyek yang diteliti pada saat penelitian dilakukan. Pendekatan kualitatif yang dilakukan adalah untuk memahami fenomena yang terjadi seperti persepsi, perilaku dan tindakan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menemukan peluang bisnis dan strategi pemasaran yang sesuai dan tepat melalui hasil analisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman di BP3IP Jakarta. Hasil analisis tersebut mendapatkan bahwa BP3IP Jakarta perlu melakukan diversifikasi produk/jasa non diklat untuk mengatasi penurunan pendapatan pada salah satu produk/jasa utama, sehingga melalui diversifikasi produk/jasa tersebut, BP3IP Jakarta dapat tetap meningkatkan pendapatannya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

A. Osterwalder and Y. Pigneur, “Business Model Canvas,” 2012.

A. Osterwalder and Y. Pigneur, Business Model Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

B. R. Sukarno and M. Ahsan, “Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Business Model Canvas,” J. Manaj. dan Inov., vol. 4, no. 2, pp. 51–61, Aug. 2021, doi: 10.15642/manova.v4i2.456.

I. Waluyo, “Badan Layanan Umum Sebuah Pola Baru Dalam Pengelolaan Keuangan Di Satuan Kerja Pemerintah,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 9, no. 2, Dec. 2011, doi: 10.21831/jpai.v9i2.