Vol 18, No 2 (2020)

Covid-19 dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Angkutan Logistik di Indonesia

Subiakto Soekarno, Liane Okdinawati, Prawira Fajarindra Belgiawan, Dedy Sushandoyo, Oktofa yudha Sudrajad, Harimukti Wandebori, Muhamad Rizki, Umiyatun hayati Triastuti, Dedy Cahyadi, Listantari Listantari, Yessi Gusleni, Win Akustia, Herma Juniati, Elviana R. Simbolon, Herawati Herawati, Rita Pasaribu, Reslyana Dwitasari, Irawati Andriani, Maria Magdalena, Hasriwan putra, Yuveline Aurora, Sugiyanto sugiyanto, Akhmad Rizal Arifudin, Suci Susanti, Marlia Herwening, Anzy Indrashanty, Agung wicaksono

Abstract


Pandemi COVID-19 membuat masyarakat mengurangi aktivitas ekonomi, seperti berbelanja kebutuhan tersier atau berlibur. Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta yang sudah berjalan dan disambut positif oleh masyarakat, dimana bidang logistik merupakan salah satu sektor yang dikecualikan dalam aturan PSBB sehingga dapat dengan leluasa melakukan distribusi dengan tetap mengikuti protokol COVID-19. Walaupun sektor logistik mendapat pengecualian pada masa PSBB ini, dari sisi arus pengiriman barang dalam negeri maupun skala ekspor sayangnya mengalami tren penurunan. Oleh karena itu penelitian ini mencoba melihat bagaimana dampak COVID-19 dan pengaruhnya terhadap angkutan logistik. Penelitian ini juga ingin melihat apakah angkutan logistik yang dikecualikan dalam PSBB memiliki pengaruh pada meluasnya penyebaran COVID-19. Data-data dari Badan Pusat Statistika dan wawancara beberapa pelaku logistik dipergunakan untuk melihat pengaruhnya terhadap keberlangsungan bisnis selama pandemik. Sedangkan, metode regresi linear dipergunakan untuk fokus pada tujuan kedua dari penelitian ini. Berdasarkan analisa yang dilakukan maka diketahui bahwa sektor lapangan usaha transportasi dan pergudangan menunjukkan tanda-tanda pemulihan di kuartal III 2020. Sedangkan berdasarkan regresi linier menunjukan bahwa pergerakan logistik tidak berpengaruh terhadap lonjakan kasus COVID-19.


Keywords


Pandemik Covid-19; Dampak Ekonomi; Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB); Angkutan Logistik; Regresi Linear.

References


Levine, D.M., Szabat, K. A., and Stephan, D. F. 2016. Business Statistics A First Course. Pearson.

Badan Pusat Statistika. 2020. Berita Resmi Statistika. Sensus Penduduk 2020.

Badan Pusat Statistika. 2020. Analisis Hasil Survey Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha. Katalog 3101028.

Kementerian Teknologi dan Informasi. 2020. Perkembangan E-Commerce di Indonesia Meningkat Cukup Pesat.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2020, Oktober 31). Info Terkini Covid dalam Angka. Diakses di: https://www.kemkes.go.id/download.php?file=download/info-terkini/covid%20dalam%20angka/covid%20dalam%20angka%20- %2031102020.pdf

Peraturan Pemerintah. 2020. (PP) No 21 Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

World Health Organization. 2020. Situation Reports


Full Text: PDF

DOI: 10.25104/mtm.v18i2.1719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Bookmark and Share