Strategi Pemulihan Industri Jasa Logistik Pasca Pandemi Covid-19
Abstract
Dampak Pandemi Covid berdampak pada industri jasa logistik baik secara kinerja maupun finansial. Dalam kondisi pandemi Covid-19, beberapa bisnis di industri jasa logistik tidak berjalan tidak seperti biasanya (busines as usual mode), tetapi bagaimana dapat bertahan (survival mode) dan dapat bergerak untuk ke tahapan pemulihan dan pertumbuhan (recovery and growth mode). Namun, tidak semua industri jasa logistik terkena dampak negatif dari Pandemi Covid-19, untuk itu diperlukan proses pemetaan industri terdampak dan yang dapat bertahan sehingga dapat dibuat strategi pemulihan bisnis pasca pandemi Covid-19.
Dampak dan respon Industri Jasa Logistik terhadap upaya pemulihan sangat bervariasi, secara umum strategi pemulihan melambat karena kontradiksi antara “keinginan untuk meraih pasar baru” dan “kondisi tidak siap berinvestasi untuk pemulihan akibat tersendatnya aliran kas selama pandemi. Kontradiksi tersebut dapat diselesaikan dengan beberapa “Prinsip Inovasi” pelayanan logistik, termasuk dengan referensi “Praktek Baik” yang sukses di masa pandemik untuk menjadi standar Model Bisnis layanan logistik nasional.
Perubahan model bisnis yang dapat menjamin aliran kas dapat membantu terkumpulnya keberanian untuk berinvestasi, dengan semangat menciptakan pasar baru dan memperkuat sistem layanannya agar segera pulih dan tumbuh. Ketika komunitas industri tidak sanggup untuk mengubah bisnis modelnya karena keterbatasan pendanaan dalam masa pandemi, maka Pemerintah dapat hadir dengan stimulus keuangan yang dapat memicu dan memacu pergerakan angkutan barang. Perubahan “Mekanisme Anggaran” (APBN/APBD/BUMN) diperlukan untuk menjamin aliran kas di dunia usaha sehingga mempercepat pergerakan barang dan ekonomi nasional.
Keywords
References
Altshuller, G. S. 1995. Creativity as an Exact Science: The Theory of the Solution of Inventive Problems, Gordon and Breach Publishers.
Chai, K.-H., Zhang, J., & Tan, K.-C. 2005. A TRIZ-Based Method for New Service Design. Journal of Service Research, 8(1), 48 66.
https://doi.org/10.1177/1094670505276683
Zhang, J., Tan, K. C., & Chai, K. H. 2003. Systematic innovation in service design through TRIZ. The TRIZ Journal, 9.
G. Navas, Helena V. 2013. “TRIZ: Design Problem Solving with Systematic Innovation.” In Advances in Industrial Design Engineering. https://doi.org/10.5772/55979.
González, M.E., Quesada, G., Picado, F. and Eckelman, C.A. 2004. "Customer satisfaction using QFD: an e‐banking case", Managing Service Quality: An International Journal, Vol. 14 No. 4, pp. 317-330. https://doi.org/10.1108/09604520410546851
Hipple, J. 2012. The ideal result. What It is and How to Achieve it. Springer, New York, NY. DOI 10.1007/978-1-4614-3707-9
Parobek, J., Loučanová, E., Kalamárová, M., Šupín, M., & Štofková, K. R. 2015. Customer window quadrant as a tool for tracking customer satisfaction on the furniture market. Procedia Economics and Finance, 34, 493-499. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(15)01659-7
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2012 Tentang Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional
PT. Kompasindo. 2006. Standard Trade & Industry Directory of Indonesia. Jakarta: PT. Kompasindo.
Russell, R. S., & Taylor-III, B. W. 2008. Operations management along the supply chain 7th Edition. John Wiley & Sons.
Starovoytova, D. 2015. Theory of inventive problem solving (TRIZ): his-story. IJISET–INTERNATIONAL, Journal of Innovative Science, Engineering & Technology (USA), 2(7).
http://www.triz40.com/TRIZ_GB.php diakses pada tanggal 1 Oktober 2020
https://blogs.worldbank.org/transport/coronavirus-resilient-logistics-sector-can-save-lives-and-livelihoods diakses tanggal 19 Sep 2020
https://www.bps.go.id/indicator/17/67/1/jumlah-barang-yang-dimuat-di-bandara-utama.html diakases pada tanggal 11 Januari 2021
https://www.bps.go.id/indicator/17/68/1/total-barang-dalam-negeri-di-pelabuhan-utama.html diakases pada tanggal 11 Januari 2021
https://www.bps.go.id/indicator/17/73/1/jumlah-barang-melalui-transportasi-kereta-api-menurut-pulau.html diakases pada tanggal 11 Januari 2021
https://www.sera.astra.co.id/en/news/2020/02/pertumbuhan-sektor-logistik-di-tahun-2020-dan-tantangannya diakses pada tanggal 1 Oktober 2020
DOI: 10.25104/mtm.v18i2.1724
Refbacks
- There are currently no refbacks.