Peningkatan Kinerja Jaringan Jalan Alternatif Melalui Efektivitas Jalan Lingkar
Main Article Content
Abstract
Peraturan Daerah Kabupaten Tegal No. 10 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tegal Tahun 2012-2032 memuat rencana pembangunan Jalan Lingkar Kota Slawi sebagai jalan alternatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembangunan Jalan Lingkar Kota Slawi terhadap aspek lalu lintas dan aspek ekonomi untuk membantu pengambilan kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode analisis kinerja jaringan jalan menggunakan keluaran aplikasi PTV Visum, analisis nilai waktu dengan metode pendapatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), analisis biaya perjalanan, dan analisis biaya operasional kendaraan menggunakan metode Pacific Consultant International (PCI). Hasil penelitian terkait aspek lalu lintas guna peningkatan kinerja jaringan jalan menunjukkan penurunan waktu perjalanan sebesar 2,59% dari 1.002,13 kend.-jam/hari menjadi 976,22 kend.-jam/hari. Namun terjadi peningkatan jarak perjalanan sebesar 4,82% dari 37.316,95 kend.-km/hari menjadi 39.113,78 kend.-km/hari, peningkatan konsumsi bahan bakar minyak sebesar 3,14% dari 2.226,99 liter/hari naik menjadi 2.296,85 liter/hari, terjadinya peningkatan kecepatan rata-rata sebesar 4,82% dari 37,34 km/jam menjadi 39,23 km/jam. Selanjutnya, pada aspek ekonomi terjadi penghematan biaya waktu perjalanan sebesar 2,59% atau Rp18.647.388.015, terjadi peningkatan atau pemborosan biaya konsumsi bahan bakar minyak sebesar 2,93% atau Rp8.941.849.718, dan peningkatan atau pemborosan biaya operasional kendaraan sebesar 2,52% atau sebesar Rp2.698.300. Untuk itu, adanya penyelesaian Jalan Lingkar Kota Slawi mengakibatkan penghematan biaya perjalanan sebesar Rp9.702.839.998/tahun.
Downloads
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawahCreative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. .
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.Â
Jurnal Transportasi Multimoda oleh Puslitbang Transportasi Antarmoda disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://balitbanghub.dephub.go.id/ojs/index.php/jurnalmtm.
References
Hendrialdi, Hendrialdi. 2019. “Kinerja Pelayanan Jalan Pada Distribusi Angkutan Barang Di Kota Padang.” Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim 20 (1): 53–60. https://doi.org/10.33556/jstm.v20i1.217.
Sarjana, Sri, Nur Khayati, Lis Warini, and Praswiyati. 2020. “The Role of Transportation Management in Optimizinf Supply Chain Management at Industrial Estate.” Jurnal Transportasi Multimoda 18 (2): 1–14.
Rozaq, Dimas Abdur. 2019. “Pengaruh Moda Transportasi Terhadap Perekonomian Masyarakat Secara Spasial Di Gunung Gambir, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember.” Jurnal Geografi Gea 19 (2): 88–92. https://doi.org/10.17509/gea.v19i2.17769.
Kadarisman, Muh, Aang Gunawan, and Ismiyati Ismiyati. 2016. “Kebijakan Manajemen Transportasi Darat Dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Masyarakat Di Kota Depok.” Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG) 3 (1): 41. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v3i1.140.
Junaidi, Jujun, Irwan Gani, and Akhmad Noor. 2020. “Analisis Transportasi Darat Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Kalimantan Timur.” Jurnal Ekonomi 17 (2): 264–69.
Ritonga, Dzulfikri, Mohammad Arif Ali, Abadi Pitojo, Nanang Indardi, Gustina Mega Anggita, Nur Hadziq Haidar, and Affan Afghani. 2021. “Pengembangan Potensi Olahraga Rekreasi Paser (Tahap Awal) Sebagai Daya Tarik Baru Di Objek Wisara Waduk Cacaban Kabupaten Tegal.” Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga 4 (2): 41. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5420.
Kumita, Kumita, Idayani Idayani, and Yasniar Yasniar. 2022. “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Prof. A. Majid Ibrahim - Jalan Panglima Polem Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen).” VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim 14 (3): 161–65. https://doi.org/10.51179/vrs.v14i3.1515.
Ahmad, Gilang Rusadi, and Ari Susantiaji. 2020. “Analisa Sebaran Klasifikasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Di Kabupaten Tegal.” Geomedia: Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian 18 (1): 43–49. https://doi.org/10.21831/gm.v18i1.31419.
Tim PKL PTDI-STTD Kabupaten Tegal. 2022. “Laporan Umum Kondisi Kinerja Transportasi Darat Kabupaten Tegal 2022”
Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas.
Kim, Jong Ryeol. 2019. “Effectiveness of Ring Roads in Reducing Traffic Congestion in Cities for Long Run : Big Almaty Ring Road Case Study” 5 (x).
Gonçalves, Luís A.P.J., and Paulo J.G. Ribeiro. 2020. “The Impact of the Ring Road Conclusion to the City of Guimarães, Portugal: Analysis of Variations of Traffic Flows and Accessibilities.” WSEAS Transactions on Environment and Development 16: 11–22. https://doi.org/10.37394/232015.2020.16.2.
Pemerintah Kabupaten Tegal. 2012. Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tegal Tahun 2012-2032. Indonesia.
Patandean, Noel Diaken, S Kamran Aksa, and Ilham Yahya. 2021. “Pengaruh Aksesibilitas Jalan Lingkar Barat Tallasa City Terhadap Perubahan Pemanfaatan Guna Lahan Di Kecamatan Tamalanrea Effect of Road Accessibility West Circle of Tallasa City Against Changes in Land Use Intamalanrea District.” Journal of Urban Planning Studies 2 (1): 10–24.
Pratama, Emza, and Ahmad Syazili. 2022. “Prototipe System Smart Parking Dengan Identifikasi Plat Nomor Berbasis Optical Character Recognition.” Jurnal Ilmiah Indonesia 7 (1).
Frandina, Ni Luh Meitha, Budiharso Hidayat, and Ujang Cahyono. 2020. “Kajian Rencana Pengembangan Jalan Lingkar Barat Di Kota Magelang.”
Bulgis, Rohmatul, and Cahya Buana. 2020. “Studi Kelayakan Pembangunan Jalan Lingkar Barat-Tanggulangin Ditinjau Dari Segi Ekonomi.” Jurnal Teknik ITS 8 (2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v8i2.48008.
Caesariawan, Iqbal, Devisanti Nabilah Rizky, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Biaya Operasional Kendaraan, and Pemilihan Rute. 2015. “Pengaruh Nilai Waktu Pada Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Mobil Penumpang Dalam Pemilihan Rute Jalan Eksisting Dan Jalan Lingkar Ambarawa.” Wahana Teknik Sipil 20 (1): 24–32. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkts.
Nazariani, Renni Anggraini, and M Isya. 2017. “Kajian Nilai Waktu Perjalanan Untuk Mobil Penumpang (Studi Kasus Jalan Teuku Umar Banda Aceh).” Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala 1: 419–30.
Budiman, Arief, Rindu Twidi Bethary, and Fachriz Ferruzi Hilzams. 2022. “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Mahasiswa Fakultas Teknik Untirta (Studi Kasus Cilegon-Tangerang).” Fondasi : Jurnal Teknik Sipil 11 (1): 13. https://doi.org/10.36055/fondasi.v0i0.14502.
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2013. “Petunjuk Teknis Pemantauan, Evaluasi Dan Pelaporan Pelaksanaan RAD-GRK.”
Mutaqin, zain zainul, and Elkhasnet. 2021. “Pengaruh Kerusakan Jalan Terhadap Biaya Operasional Kendaraan,” 189–98.
Haryati, Nina. 2020. “Analisa Biaya Operasional Kendaraan Akibat Pemakaian Badan Jalan Yang Bersifat Pribadi.” Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil Unidayan IX (2): 127–37.