Model Probabilitas Pemilihan Moda Transportasi Berbasis Stated Preference: Studi Kasus Candi Borobudur
Main Article Content
Abstract
Candi Borobudur yang merupakan warisan budaya UNESCO dijadikan Kawasan destinasi super prioritas yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian. Pada saat ini kunjungan wisatawan Candi Borobudur mencapai sekitar 2 juta wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Karakteristik pengunjung yang berbeda – beda berpengaruh dalam pemilihan moda transportasi yang digunakan untuk menuju kawasan Candi Borobudur. Pada penelitian ini bertujuan untuk mencari model probabilitas pemilihan moda transportasi untuk menuju Candi Borobudur. Penelitian ini menggunakan metode stated preference dan pemodelan menggunakan model logit.Dari hasil penelitian didapatkan dari atribut yang digunakan yaitu atribut biaya, waktu tempuh, kenyamanan dan keselamatan berpengaruh signifikan terhadap pemilihan moda dengan R2 diatas 0,95. Jika terjadi perubahan pada keempat atribut yang digunakan yaitu biaya, waktu tempuh, kenyamanan dan keselamatan maka akan berpengaruh pada probabilitas pemilihan moda yang akan digunakan.
Downloads
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawahCreative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. .
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.Â
Jurnal Transportasi Multimoda oleh Puslitbang Transportasi Antarmoda disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://balitbanghub.dephub.go.id/ojs/index.php/jurnalmtm.
References
Ch. R. Sekhar, “Mode Choise Analysis: The Data, The Models and Future Ahead,” International Journal for Traffic and Transport Engineering, vol. 4, no. 3, pp. 269–285, Sep. 2014, doi: 10.7708/ijtte.2014.4(3).03.
Badan Pusat Statistik Magelang, “Jumlah Pengunjung Obyek Wisata Candi Borobudur Menurut Bulan dan Asal Wisatawan di Kabupaten Magelang, 2017-2019,” Magelang, 2019.
F. Combes and L. A. Tavasszy, “Inventory theory, mode choice and network structure in freight transport,” European Journal of Transport and Infrastructure Research, 2016, doi: 10.18757/EJTIR.2016.16.1.3112.
Kementerian Perhubungan, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 88 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum pada Kawasan Strategis Nasional. Indonesia, 2020.
Kementerian Perhubungan, Surat Keputusan Direktur Perhubungan Darat Nomor: KP.478/PIR.301/DRJD/2020 tentang penetapan Jaringan Trayek Angkutan Jalan Pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional tahun 2020. 2020.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. 2013.
D. Parikesit, “Kemungkinan Penggunaan Teknik Stated Preference dalam Perencanaan Angkutan Umum,” Forum Teknik Sipil, vol. 2, 1993.
J. R. Fraenkel, Norman E. Wallen, and H. H. Hyun, How to Design and Evaluate Research in Education, 8th ed. Boston: McGraw-Hill, 2011.
R. Rahman, “Studi Pemilihan Moda Angkutan Umum Antar Kota Menggunakan Metode Stated Preference,” SMARTek, vol. 7, no. 4, 2009.
O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB, 2000.
A. A. Putri, “Analisis Model Pemilihan Moda Akibat Rencana Penerapan Skema Ganjil Genap di Kota Bekasi,” Jurnal Penelitian Transportasi Darat, vol. 22, no. 2, pp. 157–169, 2020.
T. Pujiyanto, “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Penumpang Antara Bus Dan Kereta Api Rute Purwodadi - Semarang,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.