Kajian Jaringan Bisnis dan Penilaian Konektivitas Lokasi Pasar Induk di Kabupaten Bandung

Ocky Soelistyo Pribadi, Tesa Hastarini

Article Metrics

Abstract view : 497 times
PDF - 140 times

Abstract

Pasar Induk di Kabupaten Bandung memiliki pemasok bermacam komoditi barang yang berasal dari berbagai lokasi di dalam wilayah kabupaten maupun dari luar wilayah. Pasar Induk kemudian menyalurkannya ke Pasar Pengecer dan dapat pula memasok komoditi barang tertentu ke Pasar Induk lainnya, sehingga tercipta sebuah ikatan kerja antar lokasi terkait, yang dalam penelitian ini disebut dengan istilah “Jaringan Bisnis Pasar Induk”. Dalam jaringan tersebut, transportasi komoditi barang antar lokasi dilakukan dengan kendaraan barang menggunakan jaringan jalan yang ada, dimana kemudian akan timbul berbagai variabel operasional, yang dalam penelitian ini dititik beratkan pada variabel jarak, waktu tempuh dan kecepatan rata-rata perjalanan antar lokasi. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti dan menjadi tujuan pertama dari penelitian, sehingga keseluruhan jaringan bisnis akan diketahui kinerjanya berdasarkan analisis variabel operasionalisasi transportasi, yang dapat saling dibandingkan dan dibuat pemeringkatan. Setelah diketahui karakteristik jaringan bisnis dan dibuat pemeringkatan, selanjutnya dilakukan analisis konektivitas terhadap node lokasi Pasar Induk di dalam jaringan bisnis masing-masing, sehingga dapat dilakukan penilaian serta perbandingan bila ditemukan ada node yang tingkat konektivitasnya lebih baik. Ini menjadi tujuan ke dua dari penelitian. Hasil analisis adalah, berdasarkan kinerja parameter waktu tempuh, jarak perjalanan dan kecepatan rata-rata kendaraan bermotor pada jaringan bisnis, maka tertinggi nilainya adalah Jaringan Bisnis Pasar Margahayu, dan terendah adalah Jaringan Bisnis Pasar Majalaya, lalu Memperhatikan analisis konektivitas, maka pada intinya lokasi Pasar Induk di Kabupaten Bandung konektivitasnya baik dibanding lokasi lain di dalam jaringan bisnisnya.

Keywords

Main market, business network, transportation performance, connectivity

Full Text:

PDF

References

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 . (2007). Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Peraturan Daerah Kabupaten Bandung Nomor 20 Tahun 2009 . (2009). Tentang Pembangunan, Penataan dan Pengendalian Pasar.

Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor: 53/M-DAG/PER/12/2008 . Tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Rodrigue, D. J.-P. (2020). The Geography of Transport Systems. New York: ISBN. Retrieved from The Geography of Transport Systems.

Sutofik, N. (2012). Pemetaan Pasar Tradisional Kota Surakarta 2010. Universitas Sebelas Maret.

Rakhmat Amaludin, P. R. (2016). Analisa Penentuan Lokasi Pembangunan Pasar Ikan Higienis Kota Pasuruan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sulistiyanto. (2015). Pemanfaatan QGIS Cloud untuk Pemetaan Pabrik Gula Di Jawa Timur. Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid.

Asnawi, A. (2017). Analisis Spasial dan Pola Sebaran Lokasi Retail Modern Alfa di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin.

Achmadi. (2019). Perencanaan Jaringan Distribusi Air di Desa Kemuning Lor, studi kasus di SMK Ibnu Katsir Jember menggunakan analisis Epanet 2.0 dan Quantum GIS. Universitas Jember.

Devita Mayangsari, A. W. (2009). Asal Dan Tujuan Pergerakan Barang Berdasarkan Metode Belanja Di Kota Pontianak. Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.

Aziyati Indraswari, F. R. (2019). Analisis Kesesuaian Lokasi Dan Preferensi Masyarakat Terhadap Minimarket Di Kecamatan Pontianak Kota. Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.

Sevilla, Consuelo G. et. al (2007). “Research Methods”. Rex Printing Company. QuezonCity.

Mudda Leela Leela Priyanka, Maddala Padmakar, Borigarla Barhmaiah (2020). Establishing the need for rural road development using QGIS and its estimation. India.

Philip Lindén. (2021). Improving accessibility to the bus service Building an accessibility measurement tool in QGIS. Umea Universitet.

QGIS-SIG Desktop Sumber terbuka terkemuka. https://www.qgis.org/id/site/about/index.html

Ahmad Ghani.Rumus Kuartil – Pengertian, Cara Menentukan dan Contoh Soal.https://rumusbilangan.com/rumus-kuartil/

Copyright (c) 2022 Warta Penelitian Perhubungan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Jurnal Warta Penelitian Perhubungan have been indexed on: