Analisis Kinerja Operasional Ka Lokal Bandung Raya Relasi Cicalengka-Padalarang
Main Article Content
Abstract
KA Lokal Bandung Raya relasi Cicalengka–Padalarang menjadi pilihan masyarakat dalam melakukan perjalanan di wilayah Bandung. Data jumlah penumpang menunjukkan adanya peningkatan, terutama pada jam-jam sibuk. Penelitian ini mengkaji kinerja operasional untuk mengetahui kinerja saat ini, sehingga dapat meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jasa KA Lokal Bandung Raya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menjelaskan hasil pengolahan data. Data primer diperoleh dengan observasi langsung. Aspek yang dianalisis meliputi ketepatan waktu perjalanan, load factor, frekuensi dan headway, serta kenyamanan penumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan standar SIPOKA diperoleh tingkat ketepatan waktu kedatangan KA Lokal Bandung Raya terendah pada saat weekday peak hour, yaitu sebesar 36%. Sedangkan tingkat ketepatan kedatangan tertinggi pada saat weekend adalah sebesar 100%. Ketepatan waktu keberangkatan KA terendah pada saat weekday peak hour sebesar 82%. Sedangkan tingkat ketepatan keberangkatan tertinggi pada saat weekday non peak hour pada semua nomor KA yang diobservasi. Namun, berdasarkan standar pada PM No. 63 Tahun 2019, semua nomor KA yang diobservasi memenuhi standar ketepatan waktu yang telah ditentukan, yaitu kelambatan < 20% dari total waktu perjalanan. Rata-rata load factor KA Lokal Bandung Raya yaitu sebesar 62%, yang artinya KA Lokal Bandung Raya memenuhi standar load factor yang ditetapkan. Rata-rata headway KA Lokal Bandung Raya diperoleh sebesar 56 menit yang berarti headway telah memenuhi standar yang ditetapkan.
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
2. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Warta Penelitian Perhubungan by Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/warlit/index.