Pengaruh Perilaku Berkendara Sepeda Motor Tidak Menggunakan Helm di Kabupaten Sumenep
Main Article Content
Abstract
Salah satu penyebab terbesar kematian di dunia adalah kejadian kecelakaan lalu lintas. Perilaku berkendara berisiko memiliki sumbangsih besar terhadap kejadian kecelakaan lalu lintas. Banyak faktor pengaruh, baik internal ataupun eksternal, yang telah diteliti seperti karakter individu, faktor psikologi, dan kondisi lingkungan binaan. Akan tetapi mengaitkannya faktor penegakan hukum masih sedikit dilakukan, terlebih dengan pemanfaatan teknologi, sedangkan hal tersebut berimplikasi pada perilaku pengendara sepeda motor. Kabupaten Sumenep memiliki persentase perilaku berkendara berisiko, khususnya tidak menggunakan helm, tertinggi ketiga di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku berkendara berisiko sepeda motor tidak menggunakan helm, khususnya di Perkotaan Sumenep yang meliputi Kecamatan Kota Sumenep dan Kecamatan Kalianget. Penelitian menggunakan metode analisis structural equation modelling berbasis partial least square dengan alat SmartPLS 3. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa perilaku berkendara berisiko di Kabupaten Sumenep dipengaruhi langsung oleh demografi, karakter pengendara, perceived behavioral control, karakteristik jalan, dan keberadaan electronic traffic law enforcement apabila diterapkan. Ragam pengaruh pengendara melakukan perilaku berkendara berisiko ini memberikan alternatif strategi penyelesaian yang saling mendukung.
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
2. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Warta Penelitian Perhubungan by Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/warlit/index.
References
Social Determinants of Health, “Global Status Report on Road Safety,” World Health Organization., Geneva., French, Rep. December, 2018.
K. Hasana. “Selama 2020, Kecelakaan Lalu Lintas di Jatim Turun 25,62 Persen.” TIMES Indonesia. https://timesindonesia.co.id/peristiwa-daerah/319302/selama-2020-kecelakaan-lalu-lintas-di-jatim-turun-2562-persen (diakses 31 Januari 2021)
Tim Riskesdas, “LAPORAN NASIONAL RISKESDAS,” Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI., Jakarta., Indonesia, Rep. Desember, 2018.
Marroll. “Rata-rata Tiga Orang Meninggal Setiap Jam Akibat Kecelakaan Jalan.” Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/10368/rata-rata-tiga-orang-meninggal-setiap-jam-akibat-kecelakaan-jalan/0/artikel_gpr (diakses 31 Januari 2021)
Rahmawati, N., & Widyanti, A. (2017). Comparison between motorcyclist’ violation behavior and accidents in urban and rural area in Indonesia: A comparative study. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 277(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/277/1/012026
Adnan, M., & Gazder, U. (2019). Investigation of helmet use behavior of motorcyclists and effectiveness of enforcement campaign using CART approach. 43, 195–203.
Lund, I. O., & Rundmo, T. (2009). Cross-cultural comparisons of traffic safety , risk perception , attitudes and behaviour. Safety Science, 47(4), 547–553. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2008.07.008
Blais, E., & Carnis, L. (2015). Improving the safety effect of speed camera programs through innovations: Evidence from the French experience. Journal of Safety Research, 55, 135–145. https://doi.org/10.1016/j.jsr.2015.08.007
Solimun, M. S. (2002). Structural Equation Modelling (SEM) Lisrel dan Amos. Malang: Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep , Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (3 ed.).
Hair, Joseph F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Mustafa EQ, Z., & Wijaya, T. (2012). Panduan Teknik Statistik SEM & PLS dengan SPSS AMOS. Cahaya Atma Pustaka.
Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (Second). Sage publications.
Hair, Joe F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152.
Chin, W.W. & Newsted, P.R, “The Partial Least Squares Approach for Structural Equation Modelling,” in G.A Marcoulides (Ed), Modern Methods for Business Research. London: Lawrence Erlbaum Associates, 1998, pp. 236-295
Rossiter, J. R. (2002). The C-OAR-SE procedure for scale development in marketing. International journal of research in marketing, 19(4), 305–335.
Borhan, M. N., Ibrahim, A. N. H., Aziz, A., & Yazid, M. R. M. (2018). The relationship between the demographic, personal, and social factors of Malaysian motorcyclists and risk taking behavior at signalized intersections. Accident Analysis and Prevention, 121(July), 94–100. https://doi.org/10.1016/j.aap.2018.09.004
Susilo, Y. O., Basuki, T., & Vandebona, U. (2015). Reasons underlying behaviour of motorcyclists disregarding traf fi c regulations in urban areas of Indonesia. Accident Analysis and Prevention, 75, 272–284. https://doi.org/10.1016/j.aap.2014.12.016
Wedagama, D. M. P. (2017). The Influence of Motorcyclists’ Attitudes on Traffic Accidents and Offences. Jurnal Teknik Sipil, 24(2), 117–124. https://doi.org/10.5614/jts.2017.24.2.2
Simons-Morton, B. G., Hartos, J. L., Leaf, W. A., & Preusser, D. F. (2005). Persistence of effects of the checkpoints program on parental restrictions of teen driving privileges. American Journal of Public Health, 95(3), 447–452. https://doi.org/10.2105/AJPH.2003.023127
Brijs, K., Brijs, T., Sann, S., Trinh, T. A., Wets, G., & Ruiter, R. A. C. (2014). Psychological determinants of motorcycle helmet use among young adults in Cambodia. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 26(PA), 273–290. https://doi.org/10.1016/j.trf.2014.08.002
Champahom, T., Jomnonkwao, S., Satiennam, T., Suesat, N., & Ratanavaraha, V. (2019). Modeling of safety helmet use intention among students in urban and rural Thailand based on the theory of planned behavior and Locus of Control. Social Science Journal, 57(4), 508–529. https://doi.org/10.1016/j.soscij.2019.02.003
Sukor, N. S. A., Tarigan, A. K. M., & Fujii, S. (2017). Analysis of correlations between psychological factors and self-reported behavior of motorcyclists in Malaysia, depending on self-reported usage of different types of motorcycle facility.
Ghasemzadeh, S., Babazadeh, T., Allahverdipour, H., Sadeghi-Bazargani, H., & Kouzekanani, K. (2017). Cognitive-behavioral determinants of using helmet by motorcyclists in a rural community. Journal of Transport and Health, 6(December 2016), 548–554. https://doi.org/10.1016/j.jth.2017.04.007
Hung, D. V., Stevenson, M. R., & Ivers, R. Q. (2008). Barriers to, and factors associated, with observed motorcycle helmet use in Vietnam. Accident Analysis and Prevention, 40(4), 1627–1633. https://doi.org/10.1016/j.aap.2008.05.002
Rusli, R., Oviedo-trespalacios, O., Azura, S., & Salam, A. (2020). Risky riding behaviours among motorcyclists in Malaysia : A roadside survey. Transportation Research Part F: Psychology and Behaviour, 74, 446–457.