Faktor-faktor yang Mempengaruhi Waktu Siklus Bongkar Batu Bara di Pelabuhan Karya Citra Nusantara Marunda

Main Article Content

Lesti Septianingrum
Hartati M Pakpahan
Pradhana W Nariendra

Abstract

Marunda merupakan wilayah di Jakarta Utara yang mempunyai pelabuhan curah kering di Indonesia. Salah satu pelabuhan curah kering di Marunda yaitu Pelabuhan Karya Citra Nusantara. Dalam kegiatan bongkar terdapat kendala pada kecepatan waktu sehingga akan berdampak pada lama waktu kapal sandar dan kecepatan pengiriman barang. Dengan adanya Pelabuhan KCN diharapkan dapat membantu menurunkan dwelling time yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok. Pelabuhan KCN dapat membongkar batu bara selama 2 hingga 3 hari, kecepatan bongkar ini diharapkan lebih cepat sehingga dapat menurunkan biaya bongkar. Penelitian ini akan meneliti beberapa tongkang dengan beberapa faktor yang diduga menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi waktu bongkar batu bara  menggunakan metode regresi linear berganda stepwise, yang mana akan diuji juga berupa uji normalitas, homoskedastisitas, non multikolinearitas, uji kebaikan model, uji T, dan uji F variabel dependen yang digunakan yaitu cycle time (CA), dan variabel independen idle time (IT) , jumlah muatan (JM), tahun produksi excavator (TPE), dan cuaca (CA). Hasil penelitian menunjukan bahwa model regresi linear pada keseluruhan tongkang yaitu Y = -24.856 + 1.076 JM – 0.630 TPE – 0.437 CA. 

Article Details

Section
Articles

References

Wikipedia, “Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.” Accessed: Feb. 10, 2022. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Marunda,_Cilincing,_Jakarta_Utara

Biro Komunikasi dan Informasi Publik, “Empat Puluh Persen Jalur Perdagangan Dunia Melewati Indonesia,” Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Jakarta, pp. 1–1, Mar. 02, 2018.

T. Mulyono, Perawatan Fasilitas Pelabuhan, 1st ed. Jakarta: UNJ Pers, 2017.

Karya Citra Nusantara, “Karya Citra Nusantara.” Accessed: Feb. 10, 2022. [Online]. Available: https://kcnportmarunda.com/history

F. E. Anggraeni and Indriyani, “Analisis Pengaruh Produktivitas Bongkar Terhadap Kinerja Bongkar Batubara di Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Intan Cilacap,” in WIJAYAKUSUMA PROSIDING SEMINAR NASIONAL, Cilacap, 2020, pp. 1–4.

D. T. Dewanto and R. Rumita, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Bongkar Muat Kapal Batubara (Studi Kasus PT Pelindo III Tanjung Intan Cilacap),” Industrial Engineering Online Journal, vol. 12, no. 1, Nov. 2022.

Janoko and M. A. Khoiruman, “Problematika Bongkar Muat Batu Bara Dilakukan Oleh Loading Master Pada PT. Arpeni Pratama Ocean Line. Tbk Jepara di Pelabuhan khusus PLTU Tanjung Jati B Jepara,” Jurnal Kemaritiman dan Transportasi, vol. 1, no. 2, 2019.

Senofri and W. Nugroho, “Studi Pemuatan Batubara Menggunakan Floating Crane PT. Mutiara Jawa 1 Pada Mother Vessel Vision Muara Berau, Provinsi Kalimantan Timur,” Jurnal Teknologi Mineral FT Unmul, vol. 6, no. 1, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.30872/jtm.v6i1.1389.

N. S. F. A. rahman, M. K. Othman, I. A. Sanusi, A. M. Arof, and A. Ismail, “Evaluation of Delay Factors on Dry Bulk Cargo Operation in Malaysia: A Case Study of Kemaman Port,” The Asian Journal of Shipping and Logistics, vol. 35, no. 3, pp. 127–137, Sep. 2019, doi: 10.1016/j.ajsl.2019.09.001.