Simulasi Sistem Peringatan Tabrakan dan Penghindaran Otomatis UAV di Area Terbatas

Main Article Content

Rovi Hanafi
Rianto Adhy Sasongko

Abstract

Operasi Unmanned Aerial Vehicle (UAV) di wilayah yang relatif terbatas menghadapi tantangan dalam penerbangan berupa adanya pembatasan fisik pada operasi UAV dan kemampuan manuver menghindar yang terbatas. Penggunaan UAV dalam wilayah seperti ini memerlukan perhatian khusus terhadap kemungkinan tabrakan yang dapat mengakibatkan kerugian material dan bahaya bagi penggunaan UAV bagi manusia dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi risiko-risiko tersebut dengan mengembangkan sistem peringatan tabrakan dan penghindaran otomatis untuk UAV yang beroperasi di wilayah yang relatif terbatas. Penelitian ini menekankan pada simulasi dan analisis sistem peringatan potensi tabrakan dan penghindaran otomatis yang mengambil pendekatan yang sesuai dengan skenario tabrakan yang mungkin terjadi pada operasional di wilayah terbatas. Penelitian ini juga membahas cara kerja algoritma yang digunakan dalam sistem peringatan tabrakan dan penghindaran otomatis. Hasil simulasi kemudian di evaluasi dengan memvariasikan parameter seperti ambang batas jarak penghindaran dan sudut menghindar. Dari hasil simulasi, terlihat bahwa ambang batas jarak penghindaran memainkan peran penting dalam kemampuan UAV untuk menghindari tabrakan. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan wawasan yang penting dalam pengembangan sistem peringatan tabrakan dan penghindaran otomatis untuk UAV yang beroperasi di wilayah terbatas, dengan tujuan meningkatkan keamanan operasional UAV di masa depan. Upaya ini dapat membantu mengurangi potensi risiko tabrakan, dan meningkatkan efisiensi operasional UAV.

Article Details

Section
Articles

References

B. A. White, H. S. Shin, and A. Tsourdos, “UAV obstacle avoidance using differential geometry concepts,” in IFAC Proceedings Volumes (IFAC-PapersOnline), 2011. doi: 10.3182/20110828-6-IT-1002.02344.

H. Abudarhman, Suwandi, and E. Rosdiana, “Perancangan dan Perakitan Fixed WING UAV yang Dapat Lepas Landas Secara Vertical, e-Proceeding of Engineering,” in e-Proceeding of Engineering, Bandung: Universitas Telkom, 2020.

X. GUAN, R. LYU, H. SHI, and J. CHEN, “A Survey of Safety Separation Management and Collision Avoidance Approaches of Civil UAS Operating in Integration National Airspace System,” Chinese Journal of Aeronautics, vol. 33, no. 11, pp. 2851–2863, Nov. 2020, doi: 10.1016/j.cja.2020.05.009.

E. Schafer, “Sense and Avoid: How it Works in Unmanned Aerial Vehicles,” Iris Automation. [Online]. Available: https://www.irisonboard.com/how-sense-and-avoid-works-in-unmanned-aerial-vehicles/

J. Li, H. He, and A. Tiwari, “Simulation of Autonomous UAV Navigation with Collision Avoidance and Space Awareness,” in IRCE 2020 - 2020 3rd International Conference on Intelligent Robotics and Control Engineering, 2020. doi: 10.1109/IRCE50905.2020.9199247.

N. K. Chandran, M. T. H. Sultan, A. Łukaszewicz, F. S. Shahar, A. Holovatyy, and W. Giernacki, “Review on Type of Sensors and Detection Method of Anti-Collision System of Unmanned Aerial Vehicle,” Sensors, vol. 23, no. 15, p. 6810, Jul. 2023, doi: 10.3390/s23156810.

W. K. Chen, Linear Networks and Systems: Algorithms and Computer-Aided Implementations. Chicago: WORLD SCIENTIFIC, 1994. doi: 10.1142/2077.

N. Bhushan, “UAV: Trajectory Generation and Simulation,” University of Texas Arlington, 2019.

J. W. Park, H. D. Oh, and M. J. Tahk, “UAV collision avoidance based on geometric approach,” in Proceedings of the SICE Annual Conference, 2008. doi: 10.1109/SICE.2008.4655013.