Simulasi Sistem Peringatan Tabrakan dan Penghindaran Otomatis UAV di Area Terbatas
Main Article Content
Abstract
Operasi Unmanned Aerial Vehicle (UAV) di wilayah yang relatif terbatas menghadapi tantangan dalam penerbangan berupa adanya pembatasan fisik pada operasi UAV dan kemampuan manuver menghindar yang terbatas. Penggunaan UAV dalam wilayah seperti ini memerlukan perhatian khusus terhadap kemungkinan tabrakan yang dapat mengakibatkan kerugian material dan bahaya bagi penggunaan UAV bagi manusia dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi risiko-risiko tersebut dengan mengembangkan sistem peringatan tabrakan dan penghindaran otomatis untuk UAV yang beroperasi di wilayah yang relatif terbatas. Penelitian ini menekankan pada simulasi dan analisis sistem peringatan potensi tabrakan dan penghindaran otomatis yang mengambil pendekatan yang sesuai dengan skenario tabrakan yang mungkin terjadi pada operasional di wilayah terbatas. Penelitian ini juga membahas cara kerja algoritma yang digunakan dalam sistem peringatan tabrakan dan penghindaran otomatis. Hasil simulasi kemudian di evaluasi dengan memvariasikan parameter seperti ambang batas jarak penghindaran dan sudut menghindar. Dari hasil simulasi, terlihat bahwa ambang batas jarak penghindaran memainkan peran penting dalam kemampuan UAV untuk menghindari tabrakan. Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan wawasan yang penting dalam pengembangan sistem peringatan tabrakan dan penghindaran otomatis untuk UAV yang beroperasi di wilayah terbatas, dengan tujuan meningkatkan keamanan operasional UAV di masa depan. Upaya ini dapat membantu mengurangi potensi risiko tabrakan, dan meningkatkan efisiensi operasional UAV.
Article Details
Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta
1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
2. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan.
Warta Penelitian Perhubungan by Sekretariat Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://ojs.balitbanghub.dephub.go.id/index.php/warlit/index.
References
B. A. White, H. S. Shin, and A. Tsourdos, “UAV obstacle avoidance using differential geometry concepts,” in IFAC Proceedings Volumes (IFAC-PapersOnline), 2011. doi: 10.3182/20110828-6-IT-1002.02344.
H. Abudarhman, Suwandi, and E. Rosdiana, “Perancangan dan Perakitan Fixed WING UAV yang Dapat Lepas Landas Secara Vertical, e-Proceeding of Engineering,” in e-Proceeding of Engineering, Bandung: Universitas Telkom, 2020.
X. GUAN, R. LYU, H. SHI, and J. CHEN, “A Survey of Safety Separation Management and Collision Avoidance Approaches of Civil UAS Operating in Integration National Airspace System,” Chinese Journal of Aeronautics, vol. 33, no. 11, pp. 2851–2863, Nov. 2020, doi: 10.1016/j.cja.2020.05.009.
E. Schafer, “Sense and Avoid: How it Works in Unmanned Aerial Vehicles,” Iris Automation. [Online]. Available: https://www.irisonboard.com/how-sense-and-avoid-works-in-unmanned-aerial-vehicles/
J. Li, H. He, and A. Tiwari, “Simulation of Autonomous UAV Navigation with Collision Avoidance and Space Awareness,” in IRCE 2020 - 2020 3rd International Conference on Intelligent Robotics and Control Engineering, 2020. doi: 10.1109/IRCE50905.2020.9199247.
N. K. Chandran, M. T. H. Sultan, A. Łukaszewicz, F. S. Shahar, A. Holovatyy, and W. Giernacki, “Review on Type of Sensors and Detection Method of Anti-Collision System of Unmanned Aerial Vehicle,” Sensors, vol. 23, no. 15, p. 6810, Jul. 2023, doi: 10.3390/s23156810.
W. K. Chen, Linear Networks and Systems: Algorithms and Computer-Aided Implementations. Chicago: WORLD SCIENTIFIC, 1994. doi: 10.1142/2077.
N. Bhushan, “UAV: Trajectory Generation and Simulation,” University of Texas Arlington, 2019.
J. W. Park, H. D. Oh, and M. J. Tahk, “UAV collision avoidance based on geometric approach,” in Proceedings of the SICE Annual Conference, 2008. doi: 10.1109/SICE.2008.4655013.