Perbandingan Gaya Propulsi Terhadap Berat pada Prototipe Kapal Bersayap A2c Tipe B Konfigurasi Lippisch Saat Hydro Planing

Sayuti Syamsuar

Article Metrics

Abstract view : 260 times
PDF - 261 times

Abstract

Permasalahan kelebihan berat menjadi hal yang perlu mendapat perhatian serius saat fabrikasi suatu prototipe Kapal Bersayap di industri material komposit. Untuk prototipe Kapal Bersayap baru A2C kapasitas (1 - 2) orang tipe B dan konfigurasi Lippisch dengan sayap reverse delta dan airfoil Clark-Y untuk mengetahui keseimbangan gaya-gaya padahydro planing pada sumbu Benda. PerbandinganThrust per Berat sekitar (2 : 5) digunakan pada prototipe Kapal Bersayap baru A2C kapasitas (1 – 2) orang. Analisis yang digunakan, prosedur pengambilan data dari gaya-gaya melalui perhitungan teoritikal dan pengukuran menggunakan alat ukur di laboratorium, adalah untuk mengetahui besarnya gaya hambat hidrodinamika yang berpusat pada titik pusatbuoyance, gaya angkat aerodinamika pada titik pusat tekanan sayap, gaya Propulsi dan gaya berat pada titik pusat gravitasi di tata acuan koordinat sumbu Benda. Sehingga diperoleh hasil akhir bahwa prototipe Kapal Bersayap A2C layak terbang hanya dengan 1 Pilot.

Full Text:

PDF

References

Andi Jamaluddin, 2004. Analisa dan Pengujian Hidrodinamika Kapal Bersayap (WISE 10). IndonesianHydrodynamic Laboratory. Chris B. McKesson, 2009.The Practical Design of Advance Marine Vehicles, US Office Naval Research.University of New Orleans. Gunawan Wijiatmoko, A Farid Widodo, 2006. LaporanPengujian Model WISE 8 di Indonesia Low Speed Tunnel(ILST) Eksperimen 123, Laboratorium Aero-Gas Dinamika dan Getaran. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Serpong. Graham Taylor, 2003. Re-defining Sea Level: The Hoverwing Wing In Ground Effect Vehicle, Fischer Flugmechanik/AFD Airfoil Development GmbH. Germany. Paper for the Hovercraft Society. Air CushionTechnology Conference & Exhibition, England. Oct. Hari Muhammad, 2005.Technical Report,Design Configuration, Preliminary Design. Part I-A WiSE Aerodynamic Prediction based on DATCOM. LPPM ITB.Bandung.

Ikeda Yoshiho, Katayama Toru, 2000.Porpoising Oscillations of a Very High Speed Marine craft. Department of Marine System Engineering. Osaka Prefecture University. Maurizio Collu, 2008.Dynamics of Marine Vehicles with Aerodynamic Surfaces. School of Engineering , OffshoreEngineering and Vaval Architecture Group. Phd Thesis. Cranfield University. Maurizio Collu, Minno H Patel, Florent Trarieux, 2008. A Mathematical model to analyze the static stability of hybrid (Aero-Hydrodynamically supported) vehicles.presented at the 8 th. Symposium on high speed marine vehicle. Naples. Priyanto, A, Maimun, A, Noverdo, S, Saeed, J.a, Faizal, A,Waqiyuddin, M, 2012.A Study on Estimation of Propulsive Power for Wing in Ground Effect (WIG) Craftto Take-off.Jurnal Teknologi UTM.ISSN 0127–9696,pp. 43-51, Malaysia. S. Syamsuar, 2013. Uji Prestasi Terbang Pesawat Wing InGround Effect saat Hydro Planing. Warta Penelitian Perhubungan, p.p 460-467, Volume 25, Nomor 7. Jakarta.Indonesia.

Copyright (c) 2018 Warta Penelitian Perhubungan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Jurnal Warta Penelitian Perhubungan have been indexed on: