Kinerja Dan Peramalan Pertumbuhan Angkutan Kereta Api Menggunakan Model Sarima

Suryadi Suryadi

Article Metrics

Abstract view : 333 times
PDF - 1122 times

Abstract

Sektor transportasi sudah mulai mereformasi kelembagaan ekonominya dengan memisahkan antara regulator dan operator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT Kereta Api Indonesia tahun 2010-2013 serta untuk mengetahui laju pertumbuhan angkutan kereta api periode 2015-2019 dengan
menggunakan model Sarima (0,1,0) (0,1,1)4. Selama periode 2010 sampai 2013 terjadi kenaikan pada pendapatan, beban pokok penjualan, laba bruto, beban usaha dan laba sebelum pajak, kecuali tahun 2012 pada komponen beban usaha. Pada tahun 2013, PT KAI menghasilkan pendapatan operasi sebesar Rp 8,60 triliun yang meningkat 23% dibandingkan dengan pendapatan tahun 2012. Laba sebelum pajak juga meningkat hingga 34% pada tahun 2013. Peningkatan pendapatan tercermin dari volume angkutan penumpang dan barang yang diangkut oleh kereta api. Pertumbuhan angkutan kereta api pada periode 2015-2019 diperkirakan antara 0,18 sampai 8,92 persen. Pertumbuhan angkutan kereta api berdasarkan skenario optimistik tahun 2015 sebesar 8,92 persen ; tahun 2016 sebesar 8,21 persen; tahun 2017 sebesar 7,75 persen serta tahun 2018 dan 2019 masing-masing sebesar 7,39 dan 7,10 persen. Pertumbuhan tersebut sangat tergantung kepada besarnya investasi yang dikeluarkan untuk sarana dan prasarana angkutan kereta api.

Full Text:

PDF

References

Aminah dan H. Fatimah, 2011. Peran Peningkatan

Sistem Informasi Kualitas Jasa Untuk Menciptakan

Keunggulan Kompetitif Pada Industri Transportasi

Darat (Studi Kasus : PT Kereta Api Indonesia).

Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.10, No.1, Hal.

-62.

Farida, F. I, 2011. Analisis Kepuasan Pelanggan

Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api

Ekspres Pakuan Jabodetabek. Institut Pertanian

Bogor. Bogor.

Kementerian Perhubungan, 2014. Laporan Background

Study Untuk Mendukung Substansi

Rencana Strategis Kementerian Perhubungan 2015-

Kementerian Perhubungan. Jakarta

Kementerian Perhubungan, 2011. Rencana Induk

Perkeretaapian Nasional. Kementerian

Perhubungan. Jakarta.

Kuswati, A. S, 2010. Peranan Infrastruktur Kereta

Api Terhadap Perekonomian Daerah. Kementerian

Ristek dan Balitbang Kementerian

Perhubungan. Jakarta.

Musnaini, 2011. Analisis Kualitas Layanan Konsumen

Terhadap Keunggulan Bersaing Jasa Transportasi

Darat Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kelas

Argo. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan,

Tahun 4, No.2, Hal 1-8.

Nissak, K., A. Suryono dan A. Wachid, 2013.

Efektivitas Pelayanan di Stasiun Kereta Api

Kertosono Kabupaten Nganjuk. Jurnal

Administrasi Publik, Vol.1, No.3, Hal. 119-122.

Permana, C. D. dan A. Asmara, 2010. Analisis

Peranan dan Dampak Investasi Infrastruktur

Terhadap Perekonomian Indonesia : Analisis Input

Output. Jurnal Manajemen dan Agribisnis,

Vol.7, No.1, Hal. 48-58.

Septina, L, 2011. Kualitas Pelayanan Transportasi

Kereta Api. Universitas Pembangunan Nasional

“ Veteran” Jawa Timur. Surabaya

Copyright (c) 2019 Warta Penelitian Perhubungan
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Jurnal Warta Penelitian Perhubungan have been indexed on: