Analisis Statistika Ships Turnaround Time di Pelabuhan Tanjung Priok

Main Article Content

Ronald Simanjuntak
Derma Watty Sihombing
Boedojo Wiwoho
Nurindah Dwiyani
Tri Kismantoro
Rosmayana Rosmayana

Abstract

Analisis statistik Ships Turnaround Time di Pelabuhan Tanjung Priok. Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk serta menjadi barometer perekonomian di Indonesia. Suatu layanan kapal diukur dari berapa lama waktu kapal berada di terminal dan di pelabuhan, Ship Turnaround time dihitung sejak kapal tiba sampai kapal bertolak meninggalkan pelabuhan. Hal ini merupakan salah satu indikator kunci kinerja atau Key Performance Indicator (KPI) Pelabuhan, yang merupakan sebagai pertimbangan utama stakeholder dalam mengoperasikan layanan kapal baik terjadwal maupun tidak terjadwal. Penundaan atau lamanya layanan di pelabuhan akan memengaruhi biaya operasional perusahaan dan proses di pelabuhan berikutnya. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif dengan pendekatan statistik yang bertujuan sebagai bahan evaluasi terhadap turnaround time dan hasil inputan data inaportnet di Pelabuhan Tanjung Priok. Berdasarkan data Inaportnet terhadap jenis kapal selama tahun 2022, ditemukan permasalahan rata-rata ship turnaround time untuk perdagangan luar negeri lebih efisien dibandingkan dalam negeri. Ship turnaround time perdagangan luar negeri diperoleh kurang dari 3 hari, sedangkan untuk dalam negeri lebih dari 3 hari. Hasil analisis regresi linier terhadap jenis kapal yang diuji adalah hubungan linier negatif. Hal ini mengindikasikan adanya penurunan terhadap ship turnaround time kapal. Untuk menghindari terjadinya kesalahan, data dari LK3 perlu dilakukan validasi oleh pihak penanggung jawab agar pengisian data kedatangan dan keberangkatan kapal dapat dilakukan dengan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Kementerian Perhubungan, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 93 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaran dan Pengusahaan Angkutan Laut. Indonesia, 2013.

Australian Government, “Container Port Productivity,” 2022.

dkk Safira., “Analisis Pengaruh Dwelling Time Terhadap Efisiensi Bongkar Muat Di Pelabuhan Tanjung Priok,” Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang, vol. 20, no. 1, 2023.

A. Kuznetsov, A. Kirichenko, and A. Zboinov, “Influence of a cargo plan on the container ship port turnaround time,” E3S Web of Conferences, vol. 244, p. 08011, Mar. 2021, doi: 10.1051/e3sconf/202124408011.

D.A. Lasse, Manajemen Kepelabuhanan. PT. RajaGrafindo Persada, 2014.

D. S. K, V. Gurudev, and D. G.S., “Factors affecting the Vessel Turnaround time in a Seaport,” in Hydro 2020 International, Odisha, 2021.

Alan E. Branch, Elements of Port Operation and Management. Chapman and Hall, 1986.

V. Abijath and A. Kokila, “Reduction of Turnaround Time for Vessels at Cochin Port Trust,” International Journal of Pure and Applied Mathematics, vol. 117, no. 20, 2017.

World Bank Group, Transport Global Practice, The Container Port Performance Index 2022, A Comparable Assessment of Performance based on Vessel Time in Port. 2023.

E. I. Monday, G. C. Emenike, and and Ibe C. C, “Assessment of Vessel Turnaround Time in Eastern Nigerian Ports,” International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), vol. 5, no. 6, Jun. 2021.

C. G. Osondu-Okoro, T. C. Nwokedi, J. C. Mbachu, N. E. Ogwo, and J. O. Nwachukwu, “Ship Turnaround Time and Vessel Traffic in Nigerian Ports: A Correlation Analysis,” European Journal of Maritime Research, vol. 1, no. 1, pp. 19–24, Nov. 2022, doi: 10.24018/maritime.2022.1.1.3.

Sudaryono, Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method. In Rajawali Pers (Edisi Kedua, Vol. 2), vol. 2, no. 1. 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

S. Suranto, “Manajemen Operasional Angkutan Laut dan Terminal Petikemas Pasca UU no. 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran,” Medan, 2011.

M. Riduwan, Dr, Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta, 2018.